Mengenal Satellite On The Move (SOTM): Konektivitas Tanpa Batas

Telecommunication
Telecommunication
May 21, 2023
Di Posting Pada 21 May 2023

Teknologi VSAT (Very Small Aperture Satellite) memiliki peran besar dalam menjangkau koneksi internet bagi daerah terpencil. Banyak individu dan industri terbantu berkat adanya satelit tersebut. 

Selain VSAT HTS, ada variasi lainnya yang dikenal dengan nama SOTM (Satellite On The Move). Seperti namanya, satelit ini berfokus pada penyediaan koneksi internet untuk mobilitas perusahaan. Dengan kata lain, satelit yang digunakan SOTM bisa diletakkan pada pada transportasi yang diinginkan sehingga bisa dilakukan dari mana saja. 

Sungguh bermanfaat, bukan? Untuk mengetahui peran dan penerapan SOTM lebih banyak lagi, mari simak penjelasan di bawah ini!

Pengertian Satellite On The Move

Satellite on the move (SOTM) adalah sistem komunikasi berbasis satelit yang memungkinkan pengguna yang bergerak terus terhubung dengan layanan komunikasi.

Dalam hal ini, satelit diatur dengan tujuan untuk mengikuti dan memantau kendaraan yang bergerak tersebut.

Dari pemantauan tersebut, satelit akan memberikan informasi berupa navigasi dan layanan komunikasi yang dibutuhkan. Kendaraan yang biasa digunakan sebagai media mobilitas satelit adalah mobil, pesawat, dan kapal. 

Untuk menjalankan satelit tersebut, ada beberapa perangkat yang digunakan oleh SOTM, yaitu antena/parabola, modem, receiver GPS, transceiver SOTM, dan penerima satelit. Keseluruhan perangkat tersebut saling terhubung dengan pusat jaringan satelit. Satelit ini memastikan bahwa konektivitas dan informasi bisa disampaikan secara terus-menerus walau sedang berada dalam perjalanan.

Cara Kerja Satellite On The Move

Seperti satelit pada umumnya, SOTM juga memiliki sistem kerja yang sama. Perbedaannya hanya berada pada media yang digunakan, yaitu kendaraan atau perangkat bergerak. 

Satelit SOTM memiliki antena yang sudah terintegrasi agar sinyal yang dikirimkan langsung masuk ke pusat server. Antena ini mampu mengarahkan dan mengirimkan sinyal ke arah yang benar dengan cepat dan akurat. Antena SOTM juga dapat melacak sinyal dari kendaraan yang dibawanya. 

Satelit kemudian akan menerima sinyal dari kendaraan tersebut dan sinyal tersebut akan diproses. Pemrosesan sinyal ini dilakukan oleh pengendali satelit. Setelah itu, sistem akan mengirim kembali sinyal yang sudah diproses menjadi data yang diperlukan. 

Saat ini, sistem kerja SOTM dilengkapi dengan Ka band melalui program WIN-T. WIN-T memungkinkan pelacakan terbuka menggunakan Internal Navigation System (INS). Program ini menjadikan informasi dan komunikasi berbentuk audio, video, dan sebagainya tetap lancar dan stabil walaupun sedang berada di atas kendaraan bergerak. 

Salah satu keunggulan dari satelit ini adalah perangkat tersebut bisa bekerja dalam berbagai jenis cuaca. Hal ini lantaran perangkat ditempelkan pada kendaraan bergerak yang kemungkinan berpindah-pindah dengan cuaca tidak menentu juga di tiap daerahnya.

Keuntungan Menggunakan Satellite On The Move

Berikut adalah beberapa keuntungan dari menggunakan Satellite On The Move:

1. Mobilitas tinggi

Kendaraan operasional bisnis bisa menggunakan satelit SOTM untuk memiliki koneksi internet langsung ke satelit saat menjangkau daerah-daerah terpencil. Terlebih bagi bisnis yang bergerak di bidang komunikasi, teknologi ini bisa jadi solusi untuk menjangkau akses komunikasi dan informasi dari suatu daerah.

Sama seperti VSAT, SOTM juga memungkinkan kendaraan yang sedang bergerak untuk terus terhubung dengan satelit. Dengan begitu, informasi terkini mengenai kondisi geografis atau lainnya bisa segera tersampaikan bahkan di luar jangkauan jaringan seluler sekalipun. 

2. Lebih fleksibel

Keunggulan lainnya dari teknologi ini adalah satelit bisa menyesuaikan kondisi daerah mana saja tanpa batasan waktu karena bergantung dari kendaraan di bawahnya. Dengan kata lain, jika kendaraan pergi ke lokasi berbeda, data real-time tentang lokasi tersebut bisa segera dikirimkan ke pusat jaringan. 

Antena SOTM akan menyediakan jaringan komunikasi dan navigasi yang fleksibel dan andal. Maka dari itu, teknologi ini banyak diterapkan pada bidang militer dan pertahanan untuk operasi militer di berbagai medan perang dan lokasi. 

3. Efisiensi penyampaian data secara cepat

Dengan frekuensi SOTM, pusat jaringan bisa mendapatkan informasi data secara real-time dan tentu saja disesuaikan dengan keadaan terbaru. Jadi, pengolahan informasi pun akan lebih efektif dan efisien karena bisa segera diproses dan dicari solusinya jika ditemukan permasalahan.

Contoh Penerapan Satellite on The Move di Berbagai Industri

Karena berbagai keuntungan tersebut, SOTM banyak diterapkan pada berbagai bidang industri. Berikut adalah beberapa industri yang memanfaatkan teknologi tersebut: 

1. Industri media

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, satelit ini diletakkan pada benda bergerak seperti pesawat, mobil, kapal, dan sebagainya. Industri media juga tidak ketinggalan untuk memanfaatkan teknologi ini guna memfasilitasi penyampaian berita atau informasi terkini melalui jaringan internet.

Pernahkah Anda melihat siaran berita yang langsung disiarkan dari TKP (tempat kejadian perkara)? Apakah Anda pernah membayangkan bagaimana informasi di TKP yang berada di wilayah tidak menentu tersebut, seperti kontur tidak memadai, cuaca buruk, dsb tetap dapat membagikan informasi?

Semua itu bisa terwujud berkat adanya penerapan SOTM yang diletakkan di atas mobil tim media tersebut. SOTM ini akan bekerja dengan mengirim audio dan video berkualitas tinggi langsung dari kendaraan yang dipasangi satelit ke stasiun utama. Satelit ini juga berfungsi untuk menyediakan koneksi internet yang stabil untuk bisa menyambungkan panggilan telepon ke stasiun pusat atau bahkan melakukan konferensi video. 

2. Industri kesehatan

Industri kesehatan juga menggunakan teknologi SOTM untuk memfasilitasi pengiriman kebutuhan medis darurat di daerah terpencil. Tujuannya adalah agar pasien yang membutuhkan pertolongan bisa segera ditangani dengan tepat dan cepat.

Satelit ini juga berfungsi untuk mengirim rekam medis pasien dari tempat yang berjauhan. Dengan begitu, ketika pasien akan dirujuk ke sebuah rumah sakit, informasi terkait data dan riwayat penyakit pasien bersangkutan sudah diketahui. Tindakan medis pun dapat segera dipersiapkan dan ditangani. 

3. Industri bisnis

SOTM juga memiliki peran cukup penting dalam dunia bisnis. Perusahaan bisa memanfaatkan satelit untuk mengoptimalkan rute pengiriman barang, mengurangi waktu tunggu, dan meningkatkan efisiensi operasional.

Selain itu, antara karyawan, pemilik perusahaan, dan pelanggan atau klien pun dapat tetap terhubung dengan internet walau sedang bepergian. Dengan begitu, komunikasi dalam perusahaan bisa tetap terjaga untuk menghindari kesalahan informasi. 

Untuk memaksimalkan operasional bisnis Anda, Anda bisa menggunakan layanan SOTM dari Link Net. Layanan ini bisa bantu beri solusi dan tingkatkan performa akses informasi tanpa batas. 

Setelah mengetahui informasi terkait Satellite on The Move, kini Anda bisa menerapkannya pada perusahaan Anda untuk tingkatkan konektivitas operasional bisnis. Anda bisa menggunakan jasa penyedia layanan SOTM seperti Link Net untuk mempermudah aktivitas perusahaan. Dengan begitu, perusahaan Anda pun dapat lebih optimal dalam melakukan pelayanan atau proses produksi.

Penulis: Lusita Amelia.

Artikel Terkait
Artikel Lainnya
Lihat Semua Artikel Lainnya  
  Tautan Berhasil di Copy