VSAT: Solusi Terbaik untuk Koneksi Internet di Daerah Terpencil

Telecommunication
Telecommunication
Apr 19, 2023
Di Posting Pada 19 Apr 2023

Bagi masyarakat perkotaan, akses internet lancar dan stabil merupakan hal yang lumrah terjadi. Kendati demikian, tidak dengan koneksi pada daerah terpencil. Terkhusus lagi di Indonesia sendiri berbentuk kepulauan dengan struktur geografis yang beragam, mulai dari pegunungan hingga lautan. 

Dewasa ini, hampir semua bidang kehidupan manusia membutuhkan koneksi internet sehingga sangat penting untuk masyarakat daerah terpencil juga memiliki akses sama. Untuk itu, diperlukan sebuah teknologi seperti VSAT atau Very Small Aperture Terminal.

Apakah Anda pernah mendengar tentang VSAT beserta kegunaannya? Jika belum, mari simak penjelasan di bawah ini untuk informasi lebih lengkap!

Pengertian VSAT

VSAT (Very Small Aperture Terminal) adalah sebuah satelit dengan terminal pengirim dan penerima sinyal berukuran antena berdiameter kecil sebagai perantaranya. Ukuran diameter satelit atau parabola ini adalah sekitar 0,6 dan 2,4 meter.

Parabola ini berfungsi untuk mentransmisikan data, suara, dan video dalam jaringan satelit. Parabola ini juga dipakai untuk mengakses VoIP, LAN, data, dan internet satelit. Dalam penerapannya, VSAT terbagi menjadi tiga golongan yang dibedakan berdasarkan spektrum frekuensinya, yaitu VSAT Ku-Band, VSAT C-Band, dan VSAT KA-Band.

Salah satu kegunaan VSAT adalah untuk menjangkau lokasi terpencil atau sulit terjangkau dari jaringan komunikasi. Biasanya parabola ini digunakan di daerah pedesaan, wilayah pinggiran kota, atau pesisir dekat perairan. VSAT juga umumnya dipakai untuk keperluan mobilitas, seperti media komunikasi pesawat terbang, kapal laut, dan kendaraan lainnya.

Sistem VSAT ini juga sangat membantu berbagai bidang kehidupan manusia, seperti bisnis hingga bidang kesehatan. Sebagai seorang pebisnis, untuk menjangkau cabang perusahaan yang ada di daerah terpencil tentu membutuhkan jaringan dan koneksi yang lancar. Tujuannya tentu adalah untuk melancarkan kegiatan operasional bisnis. 

Parabola ini digunakan di daerah-daerah terpencil karena di tempat tersebut biasanya belum atau tidak memiliki pemancar BTS (Base Transceiver Station). Dengan begitu, sinyal yang dikirimkan dari satelit luar angkasa ke bumi tidak bisa diterima dengan maksimal dan tidak menjangkau daerah tersebut.

Cara Kerja VSAT

VSAT engineer

Cara kerja VSAT sebenarnya beroperasi seperti satelit pada umumnya. Hanya saja, parabola yang satu ini berperan sebagai penguat sinyal untuk menjangkau daerah yang memiliki akses sulit.

Pertama, transmitter (terminal pengirim) yang merupakan sebuah modem akan mengirimkan data melalui VSAT. Data tersebut kemudian diubah menjadi sinyal radio dan diatur frekuensinya sesuai dengan satelit penerima. Kemudian, sinyal tersebut akan dipancarkan melalui antena VSAT kembali ke satelit untuk ditransmisikan.

Sinyal yang telah diterima oleh satelit akan diproses dan dikirimkan kembali ke bumi melalui modem yang digunakan. Terakhir, modem akan mengekstraksi sinyal tersebut dari gelombang pembawa sinyal menjadi data yang dapat dibaca oleh perangkat user.

Jadi, untuk menggunakannya Anda harus memiliki komponen VSAT seperti unit luar maupun dalam ruangan serta gawai untuk mengakses internet.

Keunggulan VSAT Sebagai Solusi Untuk Koneksi Internet Di Daerah Terpencil

Berikut adalah keunggulan VSAT sebagai solusi permasalahan internet di daerah pedalaman:

1. Jangkauan koneksi semakin luas

Berkat adanya satelit VSAT, seseorang dari daerah terpencil tidak perlu repot lagi pergi ke pusat kota untuk mengakses internet. Mereka sekarang bisa menggunakannya dari perangkat masing-masing tanpa ada halangan berarti.

Misalnya, operasional kantor di desa bisa lebih efektif dan efisien berkat adanya kemudahan akses informasi dengan perusahaan pusat yang ada di kota atau daerah lainnya. Dengan kata lain, informasi yang didapatkan tidak hanya berputar pada satu daerah saja, tetapi juga dapat menjangkau daerah yang lebih luas. 

2. Internet stabil

VSAT juga bantu wujudkan koneksi internet stabil yang dapat diandalkan. Hampir sama dengan satelit pusat, VSAT memiliki sinyal yang jarang terpengaruh oleh cuaca atau gangguan lainnya.

Dengan adanya koneksi stabil ini, baik pebisnis maupun masyarakat seluruhnya bisa mudah mengakses informasi dan beraktivitas dengan lancar. Jadi, tingkat produktivitas masyarakat daerah terpencil pun bisa meningkat seiring berjalannya waktu. 

3. Tingkatkan penanggulangan atau pencegahan bencana

Sulitnya akses untuk pergi ke pusat kota yang memiliki fasilitas lengkap tentu menjadi hambatan tersendiri. Ditambah lagi jika tidak ada sinyal memadai untuk menginformasikan hal darurat ke daerah lainnya. Itulah yang dirasakan oleh masyarakat terpencil sehingga peran VSAT sangat besar untuk bantu penanggulangan dan pencegahan bencana.

Layanan kesehatan antar-daerah bisa segera tertangani sehingga rumah sakit pusat pun bisa segera mempersiapkan prosedur kesehatan. Para tenaga medis di daerah tersebut juga tetap bisa mengetahui perkembangan terkini atau mandat baru yang harus dilakukan untuk tingkatkan kesejahteraan kesehatan masyarakat. Kendaraan penanggulangan bencana pun bisa menggunakan VSAT SOTM agar dapat terus berkomunikasi untuk koordinasi. 

Selain itu, satelit VSAT juga sangat berperan untuk pemerintah karena bisa meningkatkan dan memudahkan akses informasi dan komunikasi daerah terpencil melalui jaringan internet. Dengan begitu, pemerataan akses internet pun bisa tercapai dengan adanya satelit ini. 

Tantangan dalam Penggunaan VSAT

Setiap adanya kemajuan teknologi, tentu tetap ada tantangan yang perlu dihadapi terkhusus dalam penggunaan VSAT di tempat terpencil. Berikut adalah beberapa tantangannya: 

1. Keterbatasan kapasitas bandwidth 

Keterbatasan kapasitas menjadi salah satu rintangan yang dihadapi masyarakat suatu daerah karena adanya hambatan potensial di dalamnya. Jarak yang harus ditempuh oleh sinyal sehingga bisa ditransmisikan oleh VSAT bisa berikan dampak terhadap kecepatan internet.

Internet menjadi berjalan lebih lambat karena adanya bandwidth satelit yang terbatas. Hal ini disebabkan karena bandwidth merupakan salah satu penentu kecepatan dan kualitas koneksi internet. Semakin besar bandwidth yang tersedia, semakin lancar juga proses transfer data melalui jaringan. 

Tentunya koneksi lambat ini bisa mengurangi produktivitas sebuah perusahaan atau bidang industri lainnya. Misalnya, pengusaha akan kesulitan untuk melakukan komunikasi dengan kantor cabang di daerah terpencil seperti daerah perkebunan, remote area, dan daerah dengan jangkauan jauh lainnya. Karenanya, Anda sebaiknya memilih penyedia layanan VSAT yang menawarkan kecepatan dan bandwidth tinggi.

2. Kemungkinan latensi tinggi

Ketika sedang mengakses situs atau melakukan meeting online, tentu Anda tidak ingin mengalami lagging, bukan? Akan tetapi, kasus lagging kemungkinan besar terjadi karena adanya latensi internet yang cukup tinggi. 

Semakin tinggi latensi internet, semakin buruk pula waktu respons sebuah jaringan. Hal ini akan berpengaruh pada operasional perusahaan yang memiliki cabang di daerah terpencil untuk melakukan rapat daring. Apabila aplikasi mengalami lagging, informasi yang disampaikan akan kurang lengkap dan efektif, bahkan bisa menimbulkan kesalahpahaman. 

Layanan VSAT HTS dari Link Net

Untuk memaksimalkan operasional bisnis pada cabang perusahaan di daerah terpencil, Anda bisa mulai menggunakan layanan VSAT dari Link Net.

Konektivitas VSAT Link Net dengan SLA mencapai sebesar 99,8%. Kecepatan ini didukung oleh Network Management Center (NMC) yang tersentralisasi. 

Ditambah lagi, layanan dari Link Net ini menggunakan jaringan High Throughput Satellite (HTS) yang terintegrasi. Jaringan tersebut memberikan skalabilitas broadband kuat dan stabil. Dengan begitu, komunikasi dan operasional perusahaan pun bisa tetap berjalan lancar dan terpantau dengan baik.

Jadi, tunggu apalagi? Gunakan layanan VSAT HTS dari Link Net untuk tingkatkan performa perusahaan Anda.

Penulis: Lusita Amelia.

Artikel Terkait
Artikel Lainnya
Lihat Semua Artikel Lainnya  
  Tautan Berhasil di Copy