Fleet Management System dan Fungsinya

Telecommunication
Telecommunication
Mar 04, 2022
Di Posting Pada 04 Mar 2022

Fleet management system merupakan sebuah sistem terintegrasi yang mampu membantu Anda dalam mengelola aset kendaraan dan biasanya banyak dipergunakan di dunia industri seperti transportasi, konstruksi, perkebunan, pertambangan, manufaktur, atau bahkan car rental. Dengan menggunakan sistem ini, perusahaan dapat memaksimalkan pemanfaatan kendaraan, melakukan pengecekan kendaraan yang beroperasi, melakukan perhitungan bahan bakar, hingga memantau waktu pemeliharaan atau service kendaraan.

Meskipun lebih banyak digunakan untuk kendaraan bermotor, namun sebenarnya fleet management system ini juga dapat diterapkan di daerah terpencil. Jika memang industri perusahaan Anda lebih banyak menghabiskan waktu operasi di remote area, maka kebutuhan akan akses telekomunikasi yang stabil menjadi sesuatu yang mutlak.

Lantas, bagaimana cara kerja sistem ini untuk membantu meningkatkan produktivitas aktivitas harian Anda? Nah, fleet management system beroperasi dengan cara melekatkan telematics unit dengan high sensitivity GPS pada kendaraan Anda, yang kemudian akan terhubung dengan cloud-based system monitoring untuk mempermudah pemantauan real-time untuk optimasi kerja. Data yang didapat kemudian akan terintegrasi dan dapat dilihat secara langsung pada Fleet Control & Monitoring website serta aplikasi.

Tidak hanya itu, fleet management system juga memiliki berbagai fungsi serta keuntungan, yakni:

Perhitungan fuel consumption atau pemakaian bahan bakar

Tidak bisa disangkal, bahan bakar menjadi salah satu pengeluaran terbesar dalam biaya operasional kendaraan. Untuk itu, manajemen perhitungan bahan bakar ini sangat diperlukan dan sistem fleet management ini dapat membantu Anda mengatasinya. Dengan fitur predictive fuel consumption, sistem ini dapat memperkirakan berapa biaya jumlah bahan bakar yang diperlukan untuk menempuh jarak tertentu.

Predictive maintenance

Sistem ini juga bisa membantu memantau kapan waktu service untuk kendaraan Anda. Dengan pengecekan mesin secara otomatis dan melakukan perhitungan akurat mulai dari melihat kecepatan berkendara dan behaviour pengemudi lainnya, sistem ini bisa memberikan alarm pengingat kapan waktu service perlu dilakukan untuk kendaraan tersebut, termasuk di dalamnya penggantian oli.

Kemudahan akses pada layar ponsel Anda

Seperti yang sudah disinggung di atas, sistem fleet ini terintegrasi pula pada aplikasi yang dapat di-install di ponsel Anda. Dengan demikian, untuk mengecek sisa bahan bakar, melihat kecepatan kendaraan, hingga pengecekan jadwal servis, semua bisa dicek melalui layar ponsel.

Melihat pentingnya fleet management ini, Link Net menghadirkan remote solution yang salah satunya berupa Fleet Management System. Dengan sistem ini, perusahaan dengan mudah memantau aset kendaraan mereka melalui tracking via RFID dan GPS yang terintegrasi dalam sistem dan juga aplikasi.

Dengan akselerasi digital seperti ini, keberlangsungan bisnis pun tetap bisa dipastikan meski berada di daerah terpencil sekalipun. Untuk informasi lebih lanjut mengenai Fleet Management System ini, silakan kunjungi Link Net remote solution, ya!

Artikel Terkait
Artikel Lainnya
Lihat Semua Artikel Lainnya  
  Tautan Berhasil di Copy