Mengenal Lebih Dekat Layanan Managed Service

Telecommunication
Telecommunication
Mar 17, 2022
Di Posting Pada 17 Mar 2022

Penggunaan managed service menjadi solusi untuk perusahaan yang berencana mengelola anggaran di perusahaan tanpa perlu mengurangi kualitas layanan IT. Dengan memanfaatkan layanan satu ini, maka dapat membantu menghemat biaya infrastruktur di perusahaan.

Apa itu managed service?

Managed service merupakan layanan yang dikelola oleh pihak ketiga. Dalam pengelolaannya, pihak ketiga biasanya memantau kesehatan server di perusahaan, menyediakan sistem CRM untuk customer service, melakukan proses backup, mengelola sistem keamanan server, dan lainnya.

Pemanfaatan managed service ini membantu memudahkan perencanaan anggaran di perusahaan, mencegah biaya yang tidak terduga karena downtime, hingga mengalihkan operational expense atau opex (belanja modal menjadi belanja operasional).

Apa saja kelebihan yang ditawarkan managed service?

 

  1. Biaya pemeliharaan terjangkau. Melansir qwords, managed service menawarkan biaya pemeliharaan yang terjangkau. Mulai dari; pemeliharaan perawatan rutin, biaya SDM, infrastruktur jaringan, perangkat lunak (software), hingga perangkat keras (hardware). Tak hanya itu, menggunakan layanan satu ini juga dapat meminimalisir pengeluaran perbaikan masalah IT yang mendadak di perusahaan.
  2. Keamanan data terjamin. Penggunaan managed service dapat membantu meningkatkan keamanan data rahasia di perusahaan karena dikelola oleh tenaga profesional. Selain itu, keberadaan firewall yang terpasang pada sistem juga dapat mendeteksi malware sehingga sistem keamanan data di perusahaan tidak mudah diretas oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Atas alasan inilah tidak heran jika banyak perusahaan yang menggunakan managed service di perusahaannya.
  3. Meningkatkan fokus bisnis. Dengan managed service, maka dapat meningkatkan fokus bisnis di perusahaan. Ini karena ketersediaan sumber daya yang membantu menunjang pertumbuhan bisnis supaya semakin maju. Perusahaan pun bisa fokus mewujudkan tujuan perusahaan tanpa perlu menambah staff baru atau bahkan memikirkan cara untuk mengatur kinerja server di perusahaannya.

 

Apa saja jenis-jenis managed service?

 

  1. Software (perangkat lunak). Mengevaluasi hingga melakukan penggantian perangkat lunak, pengadaan aplikasi yang baru, hingga meningkatkan yang sudah ada.
  2. Hardware (perangkat keras). Mendukung infrastruktur mencakup perencanaan strategis, penentu perangkat IT, serta perawatan perangkat infrastruktur IT.
  3. Konsultasi. Memberikan laporan, pendapat, dan saran untuk membantu meningkatkan kelancaran operasional bisnis perusahaan.

Demikian penjelasan singkat mengenai managed service. Yuk, gunakan di perusahaan Anda agar infrastruktur di perusahaan meningkat. 

Nah, salah satu jasa yang bisa digunakan adalah managed service dari Link Net. Menggunakan managed service Link Net dapat meningkatkan manajemen risiko, efisiensi budget IT untuk eroded application dan downtime, high availability, dan produktivitas tinggi.

Artikel Terkait
Artikel Lainnya
Lihat Semua Artikel Lainnya  
  Tautan Berhasil di Copy