Cara Koneksi Internet Langsung ke Satelit

Telecommunication
Telecommunication
May 18, 2023
Di Posting Pada 18 May 2023

Tahukah Anda bahwasanya Indonesia adalah salah satu negara dengan jumlah pengakses internet nomor 4 di dunia? Dengan jumlah pengguna lebih dari 224 juta orang, data komunikasi internet dari Indonesia ini mayoritas dikirimkan menggunakan kabel bawah laut (submarine communications cable). 

Kabel yang berukuran rata-rata 25 milimeter ini memang dikenal sebagai “pembawa” sinyal dan data internet yang paling efektif. Namun, sayangnya penggunaan teknologi ini di negeri kepulauan seperti Indonesia memiliki beberapa kekurangan. Salah satunya adalah jangkauan sinyal yang tidak merata, sehingga sinyal internet di daerah-daerah tertentu di negeri ini cukup sulit. 

Solusi dari permasalahan ini adalah dengan tidak mencari sinyal internet dari kabel bawah laut, tetapi dengan mencari sinyal internet dengan menyambungkannya langsung ke satelit. Berbeda dengan transmisi data menggunakan kabel, transmisi sinyal dan data menggunakan satelit bisa menjangkau daerah-daerah terpencil di Indonesia. 

Cara kerja sistem internet ini adalah, pertama penyedia jaringan internet Anda (ISP), akan mengirimkan sinyal fiber ke satelit terkait. Satelit tersebut lantas akan mengirimkan sinyal internet tersebut kepada Anda. Sinyal yang diterima diterima dari satelit orbit milik ISP tersebut akan diterima oleh antenna receiver/parabola, kemudian dialirkan ke modem dan wireless point untuk dapat digunakan oleh user. 

Selain jangkauan sinyal yang lebih merata, menghubungkan internet langsung ke satelit juga memiliki keunggulan lainnya. Simak apa saja manfaatnya dan bagaimana cara mengkoneksikan internet langsung ke satelit dengan membaca artikel berikut ini:

Keuntungan Koneksi Internet Langsung ke Satelit

Berikut ini adalah beberapa keuntungan menggunakan koneksi internet langsung ke satelit.

1. Cakupan lebih luas

Seperti yang telah disinggung di atas bahwasanya salah satu manfaat koneksi internet langsung ke satelit adalah cakupan area yang lebih luas bahkan ke area-area terpencil dan tidak memiliki tidak memiliki konektivitas internet yang baik/memadai sekaligus. Hal ini tentu merupakan solusi untuk Anda yang mengelola perusahaan yang sering beroperasi di daerah-daerah terpencil.

2. Data yang bisa dikirim dan diterima bervariasi

Dengan menghubungkan sinyal langsung ke satelit, Anda juga bisa mendapatkan dan mengirimkan data dengan format yang bervariasi, entah itu suara, dokumen atau file hingga video. 

Tidak hanya formatnya saja, sinyal dari satelit ini juga bisa digunakan oleh berbagai perangkat sekaligus. Dengan demikian, Anda tidak perlu khawatir lagi jika harus melangsungkan webinar dari lokasi terpencil.

3. Hemat dan praktis

Menyambungkan internet dengan satelit tidak membutuhkan biaya besar. Teknologi VSAT sekarang ini sudah makin canggih dan banyak variasinya, mulai dari yang kompleks dan berbiaya besar hingga perangkat yang terjangkau. Anda hanya perlu berlangganan VSAT dari Link Net untuk menerima sinyal, melakukan instalasi dan selesai.

Layanan VSAT dari Link Net dibuat dengan minim effort dari sisi pengguna, semua dikerjakan oleh tenaga ahli tersertifikasi agar koneksi dapat langsung dinikmati manfaatnya. Bahkan beberapa jenis VSAT bisa dipasang langsung ke kendaraan, sehingga pengemudi kendaraan tersebut masih bisa mendapatkan sinyal internet meskipun sedang berada di daerah terpencil. 

Hal ini tentunya berbeda dengan pemasangan kabel bawah laut yang membutuhkan biaya besar dan waktu berbulan-bulan. 

4. Bisa digunakan oleh perusahaan maupun pribadi

Perusahaan Anda memiliki korespondensi dimana-mana bahkan di daerah terpencil? Tak perlu khawatir, kini dengan teknologi VSAT, koresponden tersebut bisa langsung menyunting dan mengunggah video yang telah Anda rekam ke internet menggunakan sinyal internet satelit. Hal ini karena sinyal satelit yang mencakup area yang luas dan alat penerima sinyal tersebut yang cukup praktis.

Cara Koneksi Internet Langsung ke Satelit Menggunakan Layanan Link Net

Network engineer di kapal

Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa menggunakan VSAT satellite on the move (SOTM) dari Link Net.

Menggunakan jaringan Satelit C-Band, Ku-Band dan Ka-Band, VSAT SOTM dari Link Net dilengkapi dengan layanan SOTM auto tracking yang memungkinkan antena parabola tersebut untuk langsung melacak koordinat Anda ketika Anda di jalan dan dilengkapi dengan layanan SOTM auto pointing yang bisa langsung redirect ke koordinat awal saat berpindah lokasi.

Dengan kecepatan bandwith hingga 100 Mbps, layanan ini cocok untuk Anda yang mengelola bisnis di lokasi-lokasi terpencil maupun memiliki korespondensi di pelosok.

Berikut ini cara koneksi internet langsung ke satelit menggunakan layanan dari Link Net:

  1. Masukkan quotation untuk VSAT On The Move dari Link Net di tautan berikut ini.
  2. Pilih paket layanan VSAT OTM yang sesuai dengan kebutuhan.
  3. Tentukan lokasi pemasangan antenna. Pastikan lokasi pemasangan antena terbebas dari naungan atap maupun pohon. Sebab, sinyal akan lebih lancar apabila antena dapat langsung memancarkan sinyal ke satelit dan sebaliknya. 
  4. Tunggu tim instalasi dari Link Net melakukan pemasangan VSAT. 
  5. Periksa kondisi internet dan kecepatan jaringan. 
  6. Segera hubungi tim Link Net apabila membutuhkan bantuan teknis. Dengan bantuan dari tim yang ahli di bidangnya, Anda tidak perlu khawatir soal kecepatan sinyal dan masalah lainnya. 

Penulis: Farichatul Chusna.

Artikel Terkait
Artikel Lainnya
Lihat Semua Artikel Lainnya  
  Tautan Berhasil di Copy