Manfaat dan Kegunaan Block Chain untuk Bisnis

General Business
General Business
Mar 10, 2022
Di Posting Pada 10 Mar 2022

Beberapa waktu belakangan ini, industri serta perusahaan di Indonesia telah melirik blockchain sebagai salah satu basis teknologi untuk menunjang bisnis mereka. Sebutlah industri perbankan, logistik, rantai pasok, layanan publik, bahkan untuk bisnis migas sekalipun. Lantas, sebenarnya apa sih blockchain dan apa manfaat serta kegunaannya untuk bisnis? Simak dalam artikel berikut:

Mengenal Blockchain

Blockchain terdiri atas dua kata, yakni block yang berarti ‘kelompok’ dan chain yang berarti ‘rantai’. Secara harfiah, blockchain berarti sebuah kelompok yang saling terhubung seperti rantai. Sementara secara terminologi, blockchain sendiri merupakan sistem buku besar digital, yang memungkinkan transaksi terdesentralisasi di seluruh bisnis. Hal ini disebabkan karena teknologi penyimpanan data digital ini media penyimpanannya saling terhubung satu sama lain. Blok yang saling terhubung ini nantinya dapat digunakan untuk mengeksekusi sebuah transaksi.

Yang menarik, sifat teknologi ini tidak terpusat. Blockchain mampu berjalan sendiri menggunakan algoritma komputer tanpa ada sistem tertentu yang mengaturnya. Namun demikian, data yang terdistribusi dari setiap blok ini tetap akuntabel dan terlindungi, sehingga pertukaran data dapat dilakukan secara real time, aman, dan juga efisien.

Manfaat Blockchain untuk Bisnis

Seperti yang sudah disebutkan di atas, teknologi blockchain ini memungkinkan setiap orang untuk dapat melihat data yang sama tanpa modifikasi sama sekali. Dengan demikian, tak sedikit perusahaan yang sudah melirik sistem ini untuk kemudian dikembangkan sesuai bisnis dan industri mereka. Beberapa manfaat yang bisa didapatkan dengan teknologi ini antara lain:

  1. Sistem yang transparan. Blockchain mampu menyimpan data secara aman dan transparan. Transparan yang dimaksud di sini adalah setiap transaksi yang berlangsung dapat dilihat oleh seluruh pihak dengan public access tanpa perlu login. Dengan demikian, informasi atau dana apa pun yang dimiliki pengguna tidak akan dapat digunakan tanpa sepengetahuan pemilik.
  2. Menjamin keamanan data. Blockchain dilengkapi enkripsi kriptografi dan bersifat append only. Dengan demikian, sejarah transaksi yang ada di dalamnya tidak dapat diubah karena sudah terenkripsi sehingga bisa mengurangi tindak penipuan. Data juga hanya bisa ditambahkan dan tidak bisa diperbaiki. Dari segi sistem, keamanannya juga sulit ditembus oleh hacker.
  3. Penyimpanan lebih fleksibel. Seperti yang sudah disinggung di atas, penyimpanan data atau informasi dengan teknologi blockchain ini cukup fleksibel. Sebab pengguna bisa menyimpan data apa saja sesuai kebutuhan atau sesuai bidang yang diimplementasikan.
  4. Pencatatan lebih terarah. Terakhir, keberadaan blockchain juga membuat pencatatan lebih terarah sehingga seluruh proses verifikasi data menjadi lebih mudah, efisien, dan juga kekal atau immutable (tidak bisa diubah atau read only).

Pada perusahaan migas sendiri, blockchain dapat dimanfaatkan untuk menghubungkan semua pihak yang berkepentingan tanpa perlu melibatkan karyawan secara langsung. Pasalnya, sistem sensor yang dilekatkan pada seluruh rantai pasok dapat dimanfaatkan dengan support dari teknologi blockchain ini.

Selain blockchain, teknologi lain yang dapat dimanfaatkan oleh bisnis migas antara lain adalah dedicated internet. Dedicated internet sendiri merupakan jaringan internet yang mampu memberikan jaringan stabil dengan tingkat disconnect yang rendah, sehingga kecepatan upload dan download yang diperoleh seimbang.

Untuk memenuhi kebutuhan ini, Link Net memiliki layanan dedicated internet dan layanan lainnya demi menunjang bisnis migas. Selengkapnya, Anda bisa melihatnya dalam link berikut ini: https://www.linknet.id/industry/energy-and-resources. Semoga bermanfaat!

Artikel Terkait
Artikel Lainnya
Lihat Semua Artikel Lainnya  
  Tautan Berhasil di Copy