Perbedaan Dedicated dan Shared Internet Connection

Telecommunication
Telecommunication
Apr 06, 2023
Di Posting Pada 06 Apr 2023

Data dari We Are Social menampilkan bahwa sekitar 212,9 juta orang atau sekitar 77% penduduk Indonesia kini telah mengakses internet. Hal ini tidak mengherankan internet kini tidak hanya menjadi kebutuhan individu tetapi juga kebutuhan perusahaan. 

Banyak pekerjaan yang membutuhkan internet, mulai dari mengakses layanan Google Workspaces hingga untuk melakukan pemrograman aplikasi. Maka dari itu, tidak heran kalau saat ini banyak perusahaan yang membutuhkan internet.

Wireless internet

Kebutuhan internet perusahaan dan individu tentunya berbeda. Oleh karena itu, jika Anda ingin berlangganan internet untuk bisnis atau perusahaan, Anda harus memilih jaringan yang sesuai dengan kebutuhan, apakah menggunakan dedicated atau shared internet. Untuk mengetahui jenis jaringan mana yang cocok dengan kebutuhan Anda, mari pahami perbedaan antara dedicated dan shared internet di uraian berikut ini. 

Pengertian Dedicated Internet Connection

Dedicated internet connection adalah koneksi internet yang tidak terbagi dengan pengguna lain dan kecepatannya tidak bervariasi. 

Misalnya, Anda berlangganan dedicated internet dengan kecepatan 10 Mbps. Maka, Anda bisa mengakses media sosial, YouTube atau website dengan kecepatan 10 Mbps dengan tanpa khawatir akan terbagi dengan pengguna lain di provider tersebut. 

Jenis jaringan yang satu ini cocok untuk digunakan oleh perusahaan-perusahaan yang membutuhkan koneksi internet cepat dan tanpa gangguan. Perusahaan juga tidak perlu khawatir kecepatan internetnya akan menurun karena pengguna lain, sebab apapun yang dilakukan oleh pengguna lain tidak akan mempengaruhi kecepatan penggunaan internet perusahaan tersebut.

Maka dari itu, tidak heran kalau biaya berlangganan layanan ini relatif lebih mahal dibandingkan dengan shared internet connection atau up to / shared bandwidth

Keunggulan lain yang bisa Anda peroleh dengan berlangganan dedicated internet adalah keamanan data. Karena jaringan pada layanan ini hanya bisa digunakan oleh perusahaan Anda, maka penyusup dari organisasi lain lebih bisa dikontrol.

Salah satu penyedia layanan dedicated internet yang memiliki manfaat ini adalah Link Net. 

Link Net menyediakan layanan dedicated line untuk bisnis Anda, sehingga keamanan jaringan internet perusahaan Anda lebih baik dan kecepatannya juga bisa terjaga. Selain itu, dengan jaringan yang dikhususkan untuk perusahaan Anda saja, perusahaan Anda juga bisa menambah kapasitas jaringan sesuai dengan kebutuhan. 

Link Net juga menawarkan kecepatan akses yang sama cepatnya antara download dan upload (simetris), supaya kegiatan bisnis perusahaan tidak terganggu. Karena kelebihannya ini, maka tidak heran jika dedicated internet dari Link Net sudah digunakan oleh lebih dari 3.000 perusahaan di seluruh Indonesia. 

Pengertian Shared Internet Connection

Shared internet connection adalah jaringan internet yang penggunaannya terbagi antara perangkat dan pengguna yang berbeda. Akibatnya, ketika satu pengguna mengakses file dengan kapasitas besar, kecepatan akses pengguna lainnya bisa terganggu. Nama lain dari jenis jaringan ini adalah internet broadband dan up to / shared bandwidth.

Biasanya, layanan ini digunakan oleh pengguna yang hanya menggunakan internet untuk menonton video, browsing atau bermain game ringan, seperti perusahaan yang tidak membutuhkan jaringan yang cepat atau rumah tangga biasa. Maka dari itu, tidak heran jika biaya berlangganan yang ditawarkan juga lebih terjangkau dibandingkan dengan dedicated internet.

konektivitas

Perbedaan Dedicated dan Shared Internet Connection

Berikut ini adalah beberapa perbedaan dedicated dan shared internet connection pada beberapa aspek.

1. Kecepatan

Karena jaringan tersebut hanya perusahaan Anda yang menggunakan dan tidak ada gangguan dari pengguna lain, maka kecepatan akses dedicated internet lebih cepat dan stabil dibandingkan dengan shared internet connection

2. Layanan

Pada jaringan dedicated internet, Anda akan mendapatkan jaminan layanan penuh (full service) dengan kualitas tinggi. Link Net misalnya, menyediakan layanan keamanan yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan klien dan memungkinkan perusahaan klien tersebut untuk menambah kapasitas jaringan hingga 10 Gbps. 

3. Keandalan

Dedicated internet juga memungkinkan perusahaan Anda untuk memiliki static IP address (internet protocol address). Alamat IP yang tidak gampang berubah sebagaimana di shared internet connection akan lebih mudah diidentifikasi, lebih aman dan memungkinkan pengguna untuk mengakses gawai mereka yang tertinggal di kantor dari rumah. 

4. Kecepatan perbaikan

Salah satu keuntungan berlangganan dedicated internet adalah perbaikan jaringan yang lebih cepat dibandingkan dengan shared bandwidth. Hal ini karena tim keamanan jaringan perusahaan Anda bisa fokus untuk menyelesaikan masalah di satu jaringan saja. 

5. Kejelasan

Pernahkah Anda menerima pesan suara dari teman Anda namun suaranya tidak jelas atau terdengar suara-suara aneh? Masalah tersebut bisa saja terjadi jika teman Anda menggunakan shared connection atau shared bandwidth. Karena jaringannya terbagi dengan orang lain, maka akan ada banyak data masuk menggunakan jaringan tersebut, sehingga hasil suara yang Anda terima tidak jelas. Hal ini tidak akan Anda dapatkan di layanan dedicated internet

6. Privasi lebih terjaga

Dengan menggunakan jaringan umum atau shared connection keamanan data Anda akan lebih rapuh karena banyak orang bisa mengakses jaringan tersebut. Hal ini berbeda jika Anda menggunakan dedicated internet. Karena hanya orang di perusahaan Anda yang bisa mengakses jaringan tersebut dan alamat IP yang dimilikinya juga statis, maka tim IT perusahaan Anda bisa dengan cepat mengidentifikasi jika ada penyusup yang masuk ke dalam jaringan tersebut. 

7. Harga

Dengan berbagai kelebihan di atas, tentunya tidak heran jika biaya layanan dedicated internet connection juga relatif lebih mahal dibandingkan dengan shared internet connection. Tidak dapat dipungkiri bahwasanya biaya layanan adalah faktor penting yang menentukan pembelian produk dan jasa, namun Anda tetap harus mempertimbangkan efisiensi kinerja yang bisa dihasilkan menggunakan dedicated connection juga. 

Lebih Baik Dedicated atau Shared Internet Connection?

Dapat disimpulkan bahwa Anda dapat memilih antara dedicated dan shared connection sesuai dengan kebutuhan.

Sederhananya, jika Anda ingin memasang wifi di rumah, maka layanan shared connection saja sudah cukup. Begitu pula sekiranya Anda memiliki perusahaan dengan 1 atau 2 orang karyawan yang tidak perlu mengakses internet dengan kapasitas besar. 

Lain halnya jika perusahaan Anda memiliki karyawan dengan jumlah lebih besar dan bergerak di bidang bisnis yang membutuhkan koneksi yang stabil dan aman untuk operasional bisnis, misalnya bisnis hosting, atau sering menyelenggarakan seminar dan lain sebagainya. Jika perusahaan Anda memiliki spesifikasi seperti ini, maka dedicated internet connection dengan kecepatan minimal 50 Mbps cocok untuk perusahaan Anda. 

Maka dari itu, sebaiknya Anda memilih layanan dedicated internet connection dari Link Net. Sebab, dedicated internet connection dari Link Net menyediakan layanan internet dengan single link 98% dengan kapasitas jaringan yang bisa ditambah hingga 10 Gbps. Jadi, tunggu apa lagi, gunakan Link Net untuk WiFi kantor Anda!

Penulis: Farichatul Chusna.

Artikel Terkait
Artikel Lainnya
Lihat Semua Artikel Lainnya  
  Tautan Berhasil di Copy