Menilik Google Cloud Interconnection untuk Industri Perbankan

Financial Services
Financial Services
May 01, 2023
Di Posting Pada 01 May 2023

Perkembangan teknologi digital saat ini telah mengubah hampir seluruh bidang kehidupan manusia, mulai dari pendidikan, ekonomi, dan tak terkecuali industri perbankan. Sistem layanan terus diupayakan untuk beradaptasi dengan kemajuan teknologi dan salah satunya adalah penggunaan cloud computing

Manfaat yang paling dirasakan dengan menggunakan sistem cloud adalah kemudahan mengakses dan mengelola data melalui jaringan internet. Banyak penyedia layanan cloud yang bergerak untuk mewadahi kebutuhan tersebut seperti Google Cloud Interconnection. 

Platform yang diwadahi oleh perusahaan Google tersebut telah memberi peran besar dalam perkembangan industri perbankan. Apa saja manfaat dan implementasi dari Google Cloud Interconnection tersebut? Mari cari tahu lebih dalam pada penjelasan di bawah ini!

Mengenal Google Cloud Interconnection

Google Cloud Interconnection merupakan salah satu produk dari layanan Google Cloud Platform (GCP) yang dikeluarkan oleh perusahaan mesin pencari tersebut. 

Layanan IaaS dari Gogole memungkinkan user untuk mengakses dan mengirim data dengan menggunakan koneksi jaringan pribadi (virtual private cloud) dan jaringan lokal. Layanan ini menyediakan infrastruktur cloud yang andal sehingga perusahaan atau industri perbankan tidak perlu membangun infrastrukturnya sendiri.

Dengan begitu, biaya pembangunan tersebut bisa dialihkan untuk keperluan operasional lainnya dan dapat menghemat pengeluaran. Google Cloud Interconnection juga memungkinkan user untuk mengakses data secara langsung dari jaringan perusahaan atau pusat data. Dengan kata lain, siapa pun bisa mengambil data tersebut selama memiliki kunci akses ke jaringan perusahaan. 

Kecepatan dan keterampilan yang ditawarkan oleh layanan ini tidak hanya dirasakan oleh pemilik perusahaan atau perbankan, tetapi juga dirasakan oleh klien atau nasabah bank. Hal ini lantaran mereka bisa mengakses sumber daya cloud dengan cepat dan aman melalui aplikasi yang sudah terintegrasi dengan sistem cloud perusahaan. Sumber daya cloud di sini dapat berupa server, data, perangkat, dan sebagainya. 

Keuntungan Google Cloud Interconnection pada Industri Perbankan

Adanya layanan ini tentu bertujuan untuk berikan manfaat pada seluruh bidang industri, termasuk industri perbankan. Berikut adalah beberapa keuntungan yang bisa dirasakan baik oleh perusahaan maupun nasabah: 

1. Tingkat keamanan data terjamin

Dalam industri perbankan, informasi penting terkait data perusahaan ataupun nasabah haruslah disimpan dengan baik. Tujuannya adalah agar data-data tersebut tidak tersebar dan disalahgunakan oleh pihak lain. Selain itu, pengamanan data ini juga untuk menaikkan tingkat kepercayaan nasabah terhadap layanan perbankan. 

Untuk mengurangi risiko data hilang atau rusak, industri perbankan bisa menggunakan layanan Google Cloud Interconnection yang memungkinkan perusahaan untuk mengirim, menerima, dan mengakses data di cloud dengan aman melalui jaringan internet. Perusahaan tidak perlu khawatir data tersebut akan hilang atau diretas karena perusahaan bisa menggunakan koneksi pribadi (private connection) ketika ingin mengelola data dan ada fitur back up (pencadangan data) otomatis yang bisa dimaksimalkan penggunaannya. 

Kendati demikian, ancaman tindak kejahatan pastilah tetap mengintai walaupun sudah diupayakan semaksimal mungkin. Untuk itu, Anda sebagai pemilik perusahan perlu memastikan layanan yang digunakan menggunakan sistem keamanan yang andal, seperti firewall dan enkripsi end-to-end. 

2. Lebih fleksibel 

Keuntungan lain yang ditawarkan oleh layanan ini adalah mempermudah industri perbankan dan nasabah untuk mengakses sumber daya cloud secara langsung. Hanya dengan bermodalkan jaringan internet, user bisa melihat dan mengambil data dari sistem cloud selama memiliki akses untuk masuk ke dalam sistem tersebut. 

Dengan adanya fleksibilitas ini, kedua belah pihak bisa terus berhubungan dan bekerja sama walau berada dari jarak yang jauh. Misalnya, seorang nasabah ingin mengakses informasi terkait mutasi rekening selama satu minggu terakhir. Nasabah tersebut hanya perlu mengunduh aplikasi perbankan atau menggunakan situs bank dan mereka bisa langsung melihat rincian mutasi rekening pribadi mereka. Terlihat sangat efektif, bukan? 

3. Tidak memerlukan perangkat tambahan

Untuk mengakses informasi dari cloud, perusahaan tidak perlu menggunakan perangkat tambahan untuk bisa masuk ke dalam sistem. Perusahaan bisa langsung mengakses private connection yang terintegrasi dengan IP Internal (jaringan lokal).

Dengan kata lain, tidak diperlukan perangkat tambahan untuk bisa menjangkau Google API atau perantara untuk menghubungkan antar-jaringan dan aplikasi. 

4. Performa layanan dan operasional perbankan meningkat

Google Cloud Interconnection menawarkan fitur dan sistem andal kepada industri perbankan untuk meningkatkan performa layanan kepada nasabah. Dengan memiliki satu jaringan penyimpanan yang terpadu, kedua belah pihak bisa sama-sama diuntungkan. 

Perbankan bisa dengan mudah mengelola dan menjaga keamanan data privasi nasabah. Sementara itu, nasabah juga bisa difasilitasi dengan transparansi data dan nyaman dalam bertransaksi atau mengakses data. 

Operasional dalam lingkup industri perbankan itu sendiri pun semakin meningkat dan efektif. Hal ini lantaran seluruh data bisa diakses oleh siapa pun tanpa batasan waktu dan jarak. Dengan begitu, pembagian tugas dan pemeriksaan data pun menjadi lebih efisien. 

Contoh Implementasi Google Cloud Interconnection pada Industri Perbankan

Untuk merasakan manfaat dari layanan Google Cloud Interconnection, industri perbankan mengimplementasikannya pada beberapa produk layanan, seperti: 

1. Layanan perbankan digital

Mobile banking

Layanan ini memungkinkan industri perbankan untuk menyediakan layanan perbankan digital yang aman dan mudah. Layanan seperti aplikasi mobile banking, internet banking, dan sebagainya membutuhkan infrastruktur cloud yang cepat dan andal. 

Infrastruktur tersebut bisa dimaksimalkan penggunaannya dengan memanfaatkan sistem dari Google Cloud Interconnection. Jadi, industri perbankan dapat mengoptimalkan waktu respon sistem dan meningkatkan pengalaman nasabah dalam mengakses layanan perbankan digital. 

2. Penyimpanan dan pemrosesan data

Teknologi cloud

Banyaknya informasi rahasia dari nasabah menjadikan Industri perbankan perlu sistem yang dapat menyimpan data nasabah dengan aman dan efisien. Untuk menjawab kebutuhan tersebut, perbankan bisa menggunakan layanan Google Cloud Interconnection yang sediakan akses sumber daya cloud terintegrasi dengan internet.

Adanya layanan ini juga memudahkan industri perbankan untuk memproses data dengan lebih efektif dan cepat. Informasi terkait data perusahaan dan nasabah sudah tersimpan dalam pusat data sehingga tidak perlu sulit untuk mencarinya. 

Kini Anda sudah mengenal tentang layanan Google Cloud Interconnection dan penerapannya dalam industri perbankan. Untuk memaksimalkan operasional dan pelayanan perbankan, menggunakan Google Cloud Interconnection dari Link Net merupakan pilihan yang tepat. Link Net menyediakan akses langsung ke Google Cloud Service melalui jaringan pribadi yang andal dan menggunakan SLA yang terjamin.

Penulis: Lusita Amelia.

Artikel Terkait
Artikel Lainnya
Lihat Semua Artikel Lainnya  
  Tautan Berhasil di Copy