Memahami IPLC serta Manfaatnya untuk Sektor Finansial

Financial Services
Financial Services
Mar 23, 2022
Di Posting Pada 23 Mar 2022

Semua sektor bisnis tentu membutuhkan jaringan konektivitas yang andal dan aman. Namun bagi sektor finansial, dua kriteria ini harus menduduki posisi teratas dan tidak dapat diganggu gugat; mengingat industri ini memiliki risiko keamanan yang sangat tinggi. Untuk mengatasi persoalan ini, perusahaan-perusahaan yang ada di bawah sektor finansial dapat menggunakan IPLC atau international private leased circuit.

Memahami International Private Leased Circuit (IPLC)

International Private Leased Circuit atau IPLC merupakan jaringan pribadi suatu organisasi dengan kantor-kantor cabang yang tersebar di seluruh dunia melalui koneksi pribadi poin-ke-poin. Mengutip laman TechTarget, sistem komunikasi digital ini dapat digunakan untuk akses internet, pertukaran data, konferensi video, serta bentuk komunikasi digital lainnya.

IPLC sangat cocok untuk sektor finansial, terutama perbankan, lantaran jaringan ini memungkinkan penggunanya untuk bertukar data rahasia dan tanggap-waktu di antara dua atau lebih endpoint secara terus menerus. Di saat yang sama, IPLC juga mampu menghindari gangguan-gangguan yang biasa muncul pada jaringan publik, seperti respons yang tertunda, downtime yang tak terduga, juga risiko keamanan lainnya.

Dengan begitu, IPLC sudah memenuhi dua kriteria utama jaringan untuk sektor finansial: andal dan aman.

Manfaat IPLC untuk Sektor Finansial

 

Memberikan keamanan tingkat tinggi

Seperti yang telah diulas di atas, jaringan IPLC mengandalkan satu koneksi pribadi untuk setiap organisasi. Artinya, organisasi atau perusahaan perbankan bebas berkomunikasi dan bertukar data sensitif tanpa perlu khawatir akan risiko kebocoran ataupun kerusakan data sebagaimana bila perusahaan menggunakan jaringan publik.

Memiliki kecepatan transfer real-time

Dengan koneksi pribadi, users atau pengguna dalam sebuah organisasi akan memiliki aksesibilitas yang lebih tinggi. Pasalnya, jumlah pengguna pada jaringan tersebut terbatas untuk user yang terdaftar dalam cakupan organisasi saja. Alhasil, IPLC dapat terbebas dari isu bandwidth maupun contention dan dapat memberikan kecepatan transmisi data real-time; terlepas dari jarak yang memisahkan kantor-kantor cabang perusahaan.

Menjamin ketersediaan yang tinggi

Ketersediaan (availability) jaringan adalah ukuran seberapa baik sebuah jaringan komputer, seperti IPLC, dapat merespons tuntutan konektivitas dan kinerja yang ditetapkan padanya. Dalam lingkup organisasi perbankan, ketersediaan jaringan yang tinggi berarti kelancaran operasional bisnis tanpa ada downtime atau kelambatan koneksi dari satu kantor cabang ke kantor cabang lainnya. 

Menawarkan tingkat layanan yang sesuai kebutuhan organisasi

Keunggulan lain dari jaringan IPLC adalah kemampuannya untuk dikonfigurasi atau diatur skala besar-kecilnya sesuai kebutuhan konsumen. Hal ini berarti perusahaan perbankan dapat menambah ataupun mengurangi tingkat layanan jaringan IPLC pada waktu-waktu tertentu untuk mengikuti cakupan kebutuhan bisnis, jumlah nasabah, serta lokasi kantor cabang yang berfluktuasi. 

Membebaskan organisasi dari tanggung jawab TI

Melansir situs TechTarget, jaringan IPLC pada umumnya dikelola dan dipantau sepenuhnya oleh penyedia layanan. Dengan begitu, organisasi atau perusahaan perbankan tidak memerlukan tenaga ahli teknologi informasi (TI) untuk memegang kendali atas jaringan ini. Hal ini tentu saja akan menekan anggaran TI perusahaan.

Demikianlah ulasan mengenai IPLC serta manfaatnya bagi sektor finansial. Link Net melalui tenaga ahli berpengalaman menghadirkan solusi layanan komunikasi data IPLC untuk berbagai skala entitas bisnis. Dengan sirkuit khusus serta infrastruktur terbaik, kami siap menyediakan kebutuhan jaringan konektivitas yang andal dan aman untuk perusahaan Anda.

Artikel Terkait
Artikel Lainnya
Lihat Semua Artikel Lainnya  
  Tautan Berhasil di Copy