Peran Teknologi dan Internet untuk Mendukung Pendidikan

Education
Education
May 18, 2022
Di Posting Pada 18 May 2022

Perkembangan teknologi yang sangat pesat mau tidak mau memengaruhi perubahan pada gaya hidup seseorang. Contoh sederhananya saja pemanfaatan teknologi internet. Dulu internet hanya digunakan untuk kebutuhan bisnis dan tidak banyak personal yang menggunakannya. Namun sekarang, bisa dikatakan semua aktivitas membutuhkan koneksi internet, termasuk dalam dunia pendidikan.

Internet untuk Mendukung Pendidikan

Ada banyak sekali peran penting internet dalam mendukung pendidikan, di antaranya:

Sumber informasi

Search engine seperti google menjadi andalan utama para siswa maupun mahasiswa/i ketika membutuhkan informasi tentang sesuatu. Bahkan banyak yang mengandalkan ini dibandingkan buku. Sebab dengan menggunakan search engine maka Anda bisa mendapatkan informasi yang dibutuhkan secara langsung tanpa repot mencari lokasinya. Belum lagi tersedianya Google Book yang memudahkan pencarian dalam buku digital sekali pun.

Namun, aktivitas ini tentu saja hanya bisa dilakukan jika memiliki koneksi internet. Itulah sebabnya menyediakan internet di lingkungan pendidikan sangatlah penting. Bahkan jika memungkinkan, sangat disarankan agar pihak sekolah juga menyediakan fasilitas ini secara gratis agar semua siswa bisa memanfaatkannya, terutama untuk siswa yang memiliki kondisi ekonomi terbatas.

Belajar online

Sebenarnya belajar dengan sistem online sudah dimulai sejak sebelum pandemi COVID-19 datang. Namun biasanya yang menerapkan sistem belajar online adalah perguruan tinggi yang membuka kelas karyawan dan juga lembaga kursus. Dengan sistem belajar online seperti ini, maka para siswa maupun mahasiswa/i bisa melakukannya kapan saja meskipun sedang berada di rumah atau kantor.

Keuntungan sistem belajar ini adalah siswa dapat merekam seluruh proses pembelajaran sehingga bisa mengulanginya kembali jika suatu saat membutuhkannya. Selain itu, juga bisa dilakukan bersama kegiatan lainnya sehingga tidak mengganggu aktivitas lain yang mungkin mendadak datang.

Pemantauan real-time

Dulu di zaman internet belum seperti sekarang, orang tua yang ingin melihat perkembangan atau hasil belajar anaknya hanya bisa menunggu waktu pembagian rapor. Pada saat tersebutlah orang tua bisa melakukan konsultasi secara langsung pada guru mengenai pembelajaran anaknya.

Namun saat ini, pemantauan belajar anak bisa dilakukan secara real-time. Bahkan banyak platform yang mengizinkan adanya interaksi antara guru dan murid atau pemberian notes oleh guru untuk setiap anak yang bisa diketahui oleh orang tua. Hal ini tentunya sangat bermanfaat untuk mengarahkan orang tua dalam membimbing anaknya belajar saat berada di rumah.

LMS untuk Dukung Pendidikan

Memanfaatkan LMS (Learning Management System) berbasis internet tidak hanya bermanfaat bagi orang tua saja dalam memantau pendidikan anaknya, tetapi juga bagi pihak lembaga pendidikan seperti sekolah atau kursus, tim pengajar, maupun siswa. Sebab, pihak sekolah bisa secara real-time mengawasi seluruh aktivitas belajar mengajar untuk dijadikan bahan evaluasi guna meningkatkan mutu pendidikan. Bagi tim pengajar atau guru, platform ini bisa membantu untuk meningkatkan efektivitas belajar melalui pemberian tugas dan konsultasi. Sementara bagi siswa, mereka akan lebih bersemangat belajar karena menggunakan teknologi modern.

First Klaz dari Link Net merupakan platform yang bisa menyediakan beragam manfaat tersebut. Tidak hanya fitur pemantauan secara real-time saja, platform ini juga memungkinkan tim pengajar untuk membagikan materi pelajaran pada seluruh siswanya serta mengadakan webinar. Siswa dan guru juga bisa saling berdiskusi melalui forum sehingga dapat meningkatkan semangat belajar siswa. Bersama First Klaz, dukung kemajuan pendidikan di Indonesia ke arah yang lebih baik dan lebih canggih.

Artikel Terkait
Artikel Lainnya
Lihat Semua Artikel Lainnya  
  Tautan Berhasil di Copy