Internet di Kapal Pesiar dengan VSAT Marine

Transportation
Transportation
May 21, 2023
Di Posting Pada 21 May 2023

Penggunaan satelit untuk menjangkau koneksi internet lebih cepat dan stabil di daerah terpencil sangatlah diperlukan, khususnya di daerah perairan. Kapal-kapal laut atau pesiar yang setiap harinya beraktivitas di tengah laut membutuhkan jaringan komunikasi yang kuat. Tujuannya adalah agar dapat menerima informasi dengan cepat dan menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Teknologi satelit yang digunakan di kapal pesiar dikenal dengan nama VSAT (Very Small Aperture Terminal) Marine. Satelit ini banyak digunakan pada kapal pesiar yang menampung banyak penumpang dan berkaitan dengan keamanan berlayar.

Akan tetapi, apa sebenarnya VSAT Marine itu sendiri? Mengapa satelit ini penting digunakan di kapal pesiar? Apa saja kendala dan keuntungannya? Mari cari tahu jawabannya dari informasi di bawah ini!

Apa itu VSAT Marine?

VSAT Marine adalah jenis satelit yang digunakan di kapal-kapal laut untuk mengakses layanan koneksi internet dengan kecepatan tinggi. Hal ini disebabkan karena kondisi geografis di lautan kerap kali sulit untuk menjangkau jaringan internet. 

Dengan kata lain, VSAT Marine pada industri maritim dapat digunakan di kapal laut atau pesiar untuk menyediakan layanan komunikasi cepat dan stabil. Dengan menggunakan satelit ini, kapal akan terhubung dengan satelit global secara langsung sehingga penumpang ataupun awak kapal memiliki koneksi meskipun berada di tengah laut. 

Seluruh pengguna internet yang berada di atas kapal bisa melakukan panggilan telepon dengan lancar, mengirim atau menerima data secara real-time, dan bentuk aktivitas komunikasi lainnya. 

Satelit VSAT Marine ini berbentuk parabola yang dipasang di atas kapal. Untuk memaksimalkan pengiriman dan penerimaan sinyal, ada sebuah modem dan software yang bertugas sebagai jalur keluar dan masuk jaringan. 

Cara kerja dari VSAT ini sendiri pada dasarnya hampir sama dengan jenis satelit lainnya. Antena dari VSAT akan mengirimkan sinyal radio ke satelit di luar angkasa melalui modem sebagai perantaranya. Kemudian, stasiun jaringan yang ada di bumi akan menerima sinyal tersebut dan mentransmisikannya.

Data sinyal radio yang sudah diolah tersebut kemudian dikirimkan kembali ke antena VSAT Marine dan diterima oleh modem. Modem ini akan meneruskan sinyal yang didapat ke seluruh perangkat yang ada di atas kapal tersebut.

Pada saat sekarang ini, satelit marine telah menjadi salah satu kebutuhan dan standard resmi dalam industri maritim. Hal ini dilatarbelakangi untuk mengurangi kemungkinan sulit berkomunikasi pada cuaca buruk, lokasi tidak strategis, dan mengirimkan informasi terkini mengenai titik lokasi dan keadaan sekitar. Dengan begitu, pengambilan keputusan atau solusi pun bisa segera diambil. 

Pentingnya Internet di Kapal Pesiar

Cruise ship

Selain di daratan, internet juga menjadi kebutuhan penting saat seseorang berada di lautan. Untuk itu, perlu Anda ketahui mengenai seberapa pentingnya internet di kapal pesiar berikut ini: 

1. Keperluan Operasional

Dalam menjalankan kapal pesiar, awak kapal tentulah membutuhkan komunikasi dan akses informasi yang terhubung dengan koneksi internet. Untuk itu, internet berperan penting untuk memenuhi keperluan operasional, seperti komunikasi dengan kantor pusat, mengetahui kondisi cuaca terkini, dan lain sebagainya.

Jika tidak ada internet, keberjalanan operasional di kapal pun akan kurang maksimal dan begitu pula dengan kenyamanan penumpang. 

2. Hiburan dan Komunikasi Penumpang

Pada dasarnya, kapal pesiar merupakan kapal yang dirancang untuk penumpang yang ingin merasakan berbagai fasilitas seperti restaurant, kolam renang, dan lain-lain di atas lautan. Untuk itu, penting untuk perusahaan memastikan kenyamanan dan kepuasan penumpang selama menggunakan jasa perusahaan.

Dengan menyediakan jaringan internet cepat dan stabil, penumpang akan tetap bisa berkomunikasi dengan kerabat mereka yang berada di tempat jauh. Mereka juga tetap dapat terhibur karena bisa mengakses internet untuk mendengarkan musik, menonton video, bermain game online, dan masih banyak lagi. 

3. Keamanan dan Keadaan Darurat

Tidak adanya jaringan komunikasi tentu akan menyulitkan penumpang dan awak kapal jika suatu saat terjadi permasalahan dalam perjalanan. Kondisi cuaca yang tidak menentu, mesin kapal bermasalah, dan hal-hal lainnya akan lambat untuk diatasi jika tidak ada jaringan internet yang menghubungkan kapal dengan kantor pusat. 

Untuk itu, internet berperan sebagai media untuk mencari solusi dan memberi kabar kepada orang lain agar bisa segera mengambil tindakan cepat. 

Kendala Koneksi Internet di Kapal Pesiar

Walaupun sudah ada internet di kapal pesiar, kendala koneksi tetap dapat menghampiri seluruh pengguna internet. Berikut adalah beberapa kendala koneksi internet yang umum dialami di kapal pesiar:

1. Kendala lokasi

Kendala utama dari penggunaan sinyal internet di lautan adalah lokasinya yang jauh dari pusat jaringan. Hal ini menyebabkan jangkauan sinyal satelit terkendala sehingga koneksi internet menjadi tidak stabil, lambat, atau bahkan terputus.

2. Kendala cuaca

Salah satu faktor yang memengaruhi kondisi iklim atau cuaca suatu daerah adalah lautan. Air laut menyerap hampir sebagian besar radiasi matahari dan melepaskannya ke atmosfer dalam bentuk uap air. Uap air yang menyatu dan mengendap inilah yang kemudian menjadi hujan.

Untuk itulah mengapa cuaca di lautan sering kali tidak stabil yang dapat menyebabkan badai, hujan lebat, atau gelombang laut yang tinggi. Dengan begitu, koneksi internet pun menjadi buruk karena sulit untuk mengirim dan menerima sinyal data dari satelit pusat. 

3. Kendala teknis

Selain kedua faktor di atas, faktor kendala koneksi internet bisa berasal dari jaringan atau sistem internet itu sendiri. Tidak jarang satelit atau pusat jaringan mengalami kerusakan yang diakibatkan oleh bencana alam, human error, dan masih banyak lagi. 

Keuntungan Menggunakan VSAT Marine untuk Koneksi Internet di Kapal Pesiar

Seorang engineer sedang mengetes koneksi internet di kapal

Pentingnya menggunakan internet di kapal pesiar menjadikan VSAT Marine menjadi solusi yang tepat. Berikut adalah beberapa keuntungan menggunakan VSAT di kapal pesiar:

1. Ketersediaan dan kualitas internet yang andal 

VSAT Marine menawarkan fasilitas koneksi internet yang andal dibandingkan dengan teknologi satelit lainnya. 

Selain itu, VSAT Marine juga memiliki kemampuan untuk memberikan solusi dan memperbaiki kondisi ketika koneksi internet terputus. Dengan begitu, pengguna bisa mendapatkan kualitas internet yang andal dan stabil untuk tetap berkomunikasi dengan kerabat mereka tanpa batasan jarak dan waktu.

2. Lebih fleksibel 

Pada dasarnya, VSAT memang ditujukan untuk penjangkauan koneksi pada kendaraan yang bergerak di daerah sulit terjangkau. Jadi, VSAT bersifat lebih fleksibel karena dapat menyesuaikan keadaan lingkungan di sekitarnya, termasuk di lautan. Dengan kata lain, satelit ini sangat bermanfaat untuk ketersediaan internet di kapal pesiar. 

VSAT Marine dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan,seperti bisnis, hiburan, transportasi, komunikasi, dan masih banyak lagi. Penumpang di kapal pesiar dapat dengan mudah mengakses media sosial, aplikasi chatting, dan situs lainnya untuk penuhi kebutuhan mereka. 

Demikianlah beberapa informasi terkait penggunaan VSAT Marine di kapal pesiar beserta beberapa kendala dan keunggulannya. Penting bagi pemilik perusahaan kapal pesiar untuk menggunakan VSAT Marine dari penyedia layanan VSAT seperti Link Net. Dengan memanfaatkan layanan teknologi ini, solusi internet stabil dan andal bisa tercapai untuk penuhi semua kebutuhan layanan di kapal pesiar.

Penulis: Lusita Amelia.

Artikel Terkait
Artikel Lainnya
Lihat Semua Artikel Lainnya  
  Tautan Berhasil di Copy