Pentingnya Internet via Satelit untuk Industri Transportasi Laut

Transportation
Transportation
Jun 07, 2022
Di Posting Pada 07 Jun 2022

Internet satelit adalah jaringan komunikasi elektronik yang mengandalkan orbitan satelit komunikasi di atmosfer Bumi. Keunggulan utama jaringan ini adalah seamless connection atau koneksi mulus tanpa putus lantaran minimnya halangan topografi geografis. Selain itu, internet satelit juga memiliki broadband – atau kemampuan membawa data dalam jumlah banyak di satu waktu – yang besar karena media satelit itu sendiri.

Internet satelit untuk industri transportasi laut

Kedua poin itulah yang membuat internet satelit banyak dimanfaatkan untuk area-area terpencil atau terjauh dari pusat komunikasi; misalnya saja di tengah laut. Bagi industri transportasi laut, berikut adalah alasan pentingnya internet via satelit untuk kelancaran operasional:

Efisiensi kinerja

Seamless connection yang ditawarkan internet satelit berarti bahwa koneksi ini dapat membuat proses pengumpulan data dan laporan alat-alat produksi terjadi secara waktu nyata (real-time). Keunggulan ini tentu penting terutama bagi perusahaan transportasi laut yang bergantung pada Internet of things (IoT).

Sebab, teknologi IoT – seperti sensor-sensor pada alat – membutuhkan koneksi internet yang andal dan tanpa putus untuk mengirimkan data-data demi penentuan tindakan lanjutan atau pencegahan atas sebuah situasi. Dengan begitu, kinerja para karyawan dapat menjadi efisien dan proses bisnis dapat berjalan lebih mulus.

Kesejahteraan kru kapal

Pada era digital seperti sekarang, hampir semua orang tidak bisa lepas dari perangkat elektronik. Sebuah riset di Amerika Serikat pernah menghitung bahwa rata-rata orang menyentuh ponsel pintarnya hingga 2.617 kali dalam sehari. Kebiasaan ini juga tentu dimiliki oleh para kru kapal, terutama mereka yang masih berusia muda.

Dengan memanfaatkan internet satelit, perusahaan transportasi laut sudah bisa bantu meningkatkan kesejahteraan kru-krunya. Walau terkesan sepele, terkoneksi setiap saat dengan keluarga atau kerabat selagi berada di tengah laut punya dampak positif untuk kesehatan mental kru kapal.

Minim downtime

Downtime atau waktu henti adalah durasi ketika koneksi internet tidak dapat digunakan alias terputus. Artinya, semakin lama downtime terjadi, semakin berdampak pula proses bisnis industri transportasi laut; terutama bagi perusahaan yang mengandalkan teknologi IoT.

Untungnya, satelit internet dapat meminimalkan downtime karena kemampuannya untuk terhubung setiap saat terlepas dari cuaca dan wilayah geografis. Pada akhirnya, pekerja kapal dapat terus mengakses komputer, perangkat lunak, juga jaringan di darat tanpa mengkhawatirkan masalah downtime.

Mempertahankan karyawan terbaik

Dalam dunia bisnis, rendahnya turnover staff atau pergantian karyawan menjadi cita-cita banyak perusahaan. Pasalnya, kondisi ini berarti perusahaan dapat menekan ongkos karyawan serta sudah mampu memenuhi ekspektasi karyawan. Lebih dari itu, hal tersebut juga dapat mempertahankan karyawan terbaiknya.

Salah satu cara mencapai titik tersebut, menurut riset, adalah adanya koneksi internet yang andal seperti internet satelit. Sebuah studi terhadap para awak kapal menunjukkan bahwa 75% dari mereka akan memilih kapal yang punya koneksi mulus. Sembilan puluh dua persen dari mereka, bahkan, mengatakan koneksi internet yang andal adalah hal paling penting dalam memilih perusahaan transportasi laut.

Berdasarkan uraian di atas, internet satelit untuk industri transportasi laut ternyata bukan hanya bermanfaat buat perusahaan, namun juga para awak kapal. Dengan demikian, sudah sepatutnya pelaku industri transportasi laut mulai beralih menggunakan internet satelit pada kapal-kapalnya.

Link Net juga memiliki layanan internet satelit VSAT marine yang dapat memenuhi kebutuhan industri transportasi laut. Layanan unggulan kami ini didukung oleh HTS Payload, High Powered Ka-Band, 45 Spot Beams, serta Gateway di Indonesia, Australia, dan Filipina. Segera hubungi kami untuk dapatkan penawaran menarik.

Artikel Terkait
Artikel Lainnya
Lihat Semua Artikel Lainnya  
  Tautan Berhasil di Copy