Infrastruktur Komunikasi Data Dukung Adopsi Digital

Telecommunication
Telecommunication
May 02, 2023
Di Posting Pada 02 May 2023

Sejak masa pandemi, segala aktivitas termasuk bisnis harus dapat beradaptasi terhadap segala perubahan yang terjadi. Ketika sudah memasuki masa tersebut, keadaan belum tentu dapat kembali normal seperti sedia kala. Bahkan beberapa kebiasaan pun ikut berubah drastis akibat pandemi.

Mungkin sebelumnya segala kegiatan dan operasional bisnis atau perusahaan dilakukan secara tatap muka maupun langsung datang ke kantor. Akan tetapi sejak pandemi, sebagian besar kegiatan operasional hanya dapat dilakukan secara digital, contohnya mengirimkan dokumen melalui e-mail, melaksanakan aktivitas perbankan secara daring, dan sebagainya.

Bagaimanapun juga, perlu dipahami bagaimana cara memanfaatkan infrastruktur jaringan komunikasi data secara tepat demi mendukung adopsi digital, tujuannya supaya segala aktivitas digital dapat berjalan lebih efisien. Nah, untuk mengetahui mengapa infrastruktur komunikasi data berperan penting pada masa kini, mari simak penjelasan selengkapnya di bawah ini!

Mengenal Infrastruktur Komunikasi Data

Transfer data

Guna mendukung adopsi digital, memadainya infrastruktur komunikasi data berperan penting dalam kehidupan sehari-hari saat ini, apalagi sejak masa pandemi. Ketika pandemi, terjadi perubahan besar pada hampir segala halnya. Misalnya ketika sebelumnya terbiasa pergi ke kantor, kini sebagian besar pekerjaan dapat dilakukan di rumah.

Komunikasi data adalah proses pertukaran data atau informasi yang melibatkan dua perangkat (laptop, komputer, smartphone, dan lainnya) yang saling terhubung satu sama lain dalam suatu jaringan. Proses pertukaran data tersebut membutuhkan media kabel maupun nirkabel untuk aksesnya, inilah yang dimaksud infrastruktur komunikasi data.

Infrastruktur komunikasi data sendiri merupakan fasilitas penunjang sumber daya teknologi, gunanya untuk mendukung transformasi digital, yang meliputi hardware (perangkat keras), software (perangkat lunak), dan layanan. Tanpa adanya infrastruktur yang handal, maka adopsi teknologi digital pun terasa kurang maksimal.

Adapun dalam komunikasi data, terdapat beberapa komponen penting pendukung infrastruktur. Begini penjelasan setiap komponen tersebut:

  • Source (sumber). Source adalah komponen untuk membangkitkan data yang akan ditransmisikan, yakni berupa alat input pada perangkat tertentu yang dapat mengubah informasi teks, gambar, video, maupun audio supaya dapat diproses melalui sistem perangkat tersebut.
  • Transmitter (pengirim). Transmitter adalah alat untuk memproses segala bentuk informasi dari source agar dapat disalurkan melalui sistem transmisi. Contoh transmitter dalam bentuk fisik, misalnya telepon untuk mengubah informasi atau data dalam bentuk suara, komputer untuk mengubah segala bentuk informasi data (gambar, suara, video), dan lainnya.
  • Sistem transmisi. Sistem transmisi dapat berupa jalur tunggal maupun kompleks, di mana komponen satu ini merupakan penghubung antara source dengan destination atau tujuan. Sistem transmisi dalam bentuk fisik, yaitu media wireless atau media wireline.
  • Receiver (penerima). Receiver merupakan suatu alat untuk menangkap sinyal dari sistem transmisi, kemudian diproses sebagai informasi yang nantinya akan diterima oleh destination atau tujuan.
  • Destination (tujuan). Setelah melalui receiver, selanjutnya informasi atau data tersebut akan disalurkan ke perangkat tujuan (destination). Pada komponen destination ini, software dan aplikasi merupakan pendukung penyaluran data ke pengguna jaringan komunikasi.

Peran Infrastruktur Komunikasi Data dalam Transformasi Digital

AI

Peran infrastruktur komunikasi data saat ini termasuk penting, sebab berkaitan dengan transformasi digital. Tanpa adanya infrastruktur yang memadai, segala aktivitas digital akan terhambat. 

Transformasi digital di Indonesia dimulai secara besar-besaran sejak memasuki masa pandemi, hal ini berakibat pada hampir seluruh aktivitas sehari-hari maupun bisnis hanya dapat dilakukan secara online. Jadi, transformasi digital merupakan suatu proses peralihan kebiasaan maupun aktivitas, dari yang awalnya luring (luar jaringan/offline), kemudian menjadi daring (dalam jaringan/online).

Direktur Jenderal SDPPI, Ismail mengungkapkan bahwa transformasi digital itu sendiri merupakan proses menggunakan konten terdigitasi serta perubahan kemampuan secara cepat. Saat ini kita dapat melihat contoh nyatanya, yaitu penggunaan kecerdasan buatan atau AI (Artificial Intelligence) untuk melakukan perizinan, pengelolaan, serta pengambilan keputusan di perusahaan.

Oleh karena itu, keberhasilan transformasi digital dipengaruhi oleh ketersediaan infrastruktur komunikasi data yang memadai. Terdapat pula alasan jelas mengapa perlu menciptakan infrastruktur broadband universal yang kuat, yakni harus kompetitif sekaligus cepat. Misalnya dedicated internet, Metro Ethernet, leased line, maupun beberapa infrastruktur lainnya demi mempercepat konektivitas bisnis.

Contohnya pada kota besar seperti Jakarta, Metro Ethernet bukanlah hal baru lagi. Sebab, Metro Ethernet merupakan salah satu jenis koneksi yang gunanya untuk berhubungan dengan layanan jaringan internet lebih besar, juga berfungsi sebagai penghubung antar perusahaan atau organisasi dengan cabang-cabangnya.

Tak jauh berbeda dengan Metro Ethernet, leased line pun demikian. Cara kerja leased line adalah menghubungkan antar kantor cabang menggunakan saluran koneksi permanen antara dua buah tempat (titik).

Contoh Studi Kasus

Saat ini, peran infrastruktur komunikasi data sangat penting karena kaitannya dengan transformasi digital. Bahkan jauh sebelum masa pandemi menurut survei yang dilakukan di tahun 2018, sebanyak 85% responden menginginkan sebagian besar kegiatan dan operasional dilakukan secara digital. Mari kita melihat contoh studi kasusnya.

Akhirnya pada tahun 2020 atau sejak munculnya pandemi, hampir seluruh aktivitas (termasuk bisnis) terpaksa dilakukan secara daring melalui media digital. Sehingga secara terpaksa sekaligus terdesak, infrastruktur komunikasi data harus dikembangkan agar kegiatan yang dilakukan dapat berjalan lancar, meskipun sangat berbeda dengan sebelum pandemi.

Bahkan, McKinsey Global Institute telah memperkirakan bahwa pada tahun 2030 mendatang, sebanyak sepertiga aktivitas di tempat kerja dapat diotomatiskan. Sehingga, perusahaan mempercepat upaya tersebut secara tepat akan melihat manfaatnya dalam hal produktivitas, konektivitas, serta kualitas end customer. Perkiraan nilainya pun mencapai $3,7 triliun di seluruh dunia.

Maka dari itu, transisi ekonomi, data center, Artificial Intelligence (AI), IoT. cloud, maupun infrastruktur teknologi informasi lainnya merupakan bagian yang tak dapat dipisahkan dalam bidang bisnis masa kini. Bagaimanapun juga, teknologi digital pasti terus berkembang seiring zaman, sehingga harus memiliki akses ke broadband yang andal.

Peran Dedicated Internet dalam Adopsi Digital bagi Bisnis

Dengan infrastruktur jaringan yang terintegrasi, digitalisasi internet sudah pasti sangat dibutuhkan. Itulah mengapa, dedicated internet mampu memberikan akses internet yang lebih stabil sekaligus aman bagi produktivitas kerja serta mempercepat perkembangan bisnis.

Zaman sekarang, perusahaan pasti membutuhkan layanan dedicated internet yang jaringannya stabil dan maksimal, memiliki konektivitas terbaik untuk menjalankan aplikasi/software berbasis internet, web conference, serta VoIP demi performa bisnis yang lebih optimal.

Kini, Link Net telah menyediakan jaringan dedicated internet dengan perbandingan guaranteed ratio 1:1. Tentunya, sangat ideal untuk menjalankan berbagai aktivitas bisnis atau perusahaan dengan koneksi lebih stabil sekaligus dapat diandalkan.

Alasan lain memilih Link Net sebagai penyedia dedicated internet terbaik, yaitu karena symmetrical bandwidth-nya mampu memberikan kenyamanan dalam hal mengirimkan data besar. Sebab kecepatan upload dan download-nya simetris, apalagi didukung oleh teknologi committed service dan network security dengan standar tinggi.

Infrastruktur komunikasi data yang memadai merupakan hal penting untuk mendukung keberhasilan transformasi digital. Apalagi zaman sekarang, hampir segala aktivitas membutuhkan kecanggihan teknologi supaya dapat berjalan lancar. Itulah mengapa, menggunakan dedicated internet dari Link Net merupakan integrasi terbaik untuk mengembangkan dan mencapai tujuan bisnis Anda!

Penulis: Zahra Firyal Salma.

Artikel Terkait
Artikel Lainnya
Lihat Semua Artikel Lainnya  
  Tautan Berhasil di Copy