Bisnis Jasa Healthtech Semakin Lancar Dengan Dukungan Dedicated Internet

Hospitality
Hospitality
Apr 30, 2023
Di Posting Pada 30 Apr 2023

Sebagai salah satu sektor primer, penyedia layanan kesehatan, seperti rumah sakit atau klinik dituntut untuk terus berinovasi. Inovasi disini tidak hanya berupa bekerja sama dengan perusahaan startup kesehatan, tetapi juga menyediakan layanan dukungan kesehatan berbasis teknologi secara mandiri. 

Saat ini, banyak rumah sakit yang sudah mengembangkan layanannya dengan menyediakan website, aplikasi atau layanan chat commerce. Dengan menggunakan fasilitas ini, calon pasien bisa melakukan banyak hal, seperti mendaftar sebagai pasien di rumah sakit tersebut, mengecek jadwal dokter, hingga layanan konsultasi online

Layanan berbasis teknologi ini tentunya tidak akan bisa maksimal apabila tidak didukung dengan kualitas jaringan internet yang mumpuni. Oleh sebab itu, penyedia jasa healthtech seperti rumah sakit atau klinik disarankan untuk menggunakan dedicated internet

Mengenal Healthtech dan Dedicated Internet

Healthtech adalah penggunaan teknologi untuk mengatasi masalah kesehatan dan meningkatkan kualitas hidup.

Salah satu contoh perkembangan bisnis jasa healthtech di Indonesia adalah ketika pasien bisa memesan nomor antrian menggunakan fitur chat commerce sebelum datang ke klinik atau rumah sakit Anda. Sehingga, dia bisa melakukan sesuatu terlebih dahulu sebelum datang ke klinik sesuai dengan nomor antriannya. 

Adapun yang dimaksud dengan dedicated internet adalah layanan penyediaan jaringan internet khusus untuk instansi atau perusahaan tertentu. Dengan menggunakan jaringan ini, kegiatan bisnis di perusahaan Anda bisa lebih lancar karena jaringan tersebut khusus untuk perusahaan Anda dan tidak diintervensi oleh pengguna lain.

Banyak sekali manfaat internet dalam dunia medis, termasuk mendukung teknologi yang digunakan untuk masalah kesehatan.

Keuntungan Bisnis Jasa Healthtech Menggunakan Dedicated Internet

Dengan menggunakan dedicated internet, ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan oleh bisnis jasa healthtech, di antaranya:

1. Kelola data pasien dengan mudah dan cepat

Setiap harinya, penyedia layanan kesehatan akan menerima data pasien dari puluhan data hingga ratusan data, mulai dari pasien yang baru masuk hingga data rekam medis pasien lama yang masuk kembali. Setiap pasien tentu memiliki masalah kesehatan tersendiri, sehingga diagnosis tidak bisa diberikan secara sembarangan. 

Dengan menggunakan dedicated internet, rangkaian sistem informasi di rumah sakit Anda bisa menerima data pasien dengan cepat. Dengan demikian, dokter yang bertugas juga bisa memberikan perawatan yang tepat dan cepat pula untuk pasien tersebut. 

Tidak hanya cepat, menggunakan layanan dedicated internet di klinik atau rumah sakit Anda juga akan lebih aman untuk data pribadi pasien. Seperti yang telah banyak diketahui bahwasanya data kesehatan pasien adalah data yang penting dan tidak bisa disebarluaskan dengan tanpa seizin mereka.

Karena bersifat ekslusif, dedicated internet berbeda dari shared internet yang koneksinya dibagi dengan pengguna lain. Karena jaringan internet Anda tidak akan digunakan oleh pengguna, layanan perbaikan yang tersedia juga lebih cepat.

2. Meningkatkan kepuasan pasien

Meskipun termasuk sektor vital, namun penyedia layanan kesehatan juga harus memperhatikan kenyamanan dan tingkat kepuasan pasien. Tinggi rendahnya tingkat kepuasan pasien tidak hanya tergantung pada sembuh atau tidaknya mereka. Seringkali hal ini juga tergantung fasilitas yang diberikan oleh rumah sakit kepada mereka. 

Tingkat kepuasan pasien dapat meningkat apabila rumah sakit menyediakan layanan pesan nomor antrian, informasi jadwal dokter secara online, serta proses administrasi rumah sakit yang cepat dan menyediakan Wi-Fi gratis yang cepat dan aman khusus pasien. 

3. Mengelola data aset dan keuangan dengan lebih mudah

Saat ini banyak perusahaan, termasuk perusahaan pengelola rumah sakit dan industri healthtech lainnya, menggunakan software enterprise resource planning (ERP) untuk mengelola asetnya, termasuk untuk mengelola sumber daya manusia dan pembayaran (keuangan). Data-data ini saling terintegrasi satu sama lain menggunakan internet. 

Pemanfaatan ERP untuk mengelola data aset dan keuangan tentunya membutuhkan dedicated internet. Sebab, informasi internal perusahaan seperti ini harus dikirimkan dengan cepat, tepat, dan aman. 

4. Dedicated internet memungkinkan komunikasi dengan stakeholder secara jelas

Stakeholder bisnis rumah sakit ada banyak, mulai dari pasien, tenaga medis, karyawan non-tenaga medis, dinas kesehatan, dinas ketenagakerjaan, perusahaan penyedia layanan asuransi, hingga perusahaan mitra penyedia layanan omnichannel dan media. Komunikasi dengan para stakeholder tersebut harus dibuat sejelas mungkin supaya tidak ada masalah ke depannya. 

Dengan dedicated internet, Anda bisa melakukan webinar, rapat online, hingga Rapat Umum Pemegang Saham (jika perusahaan Anda sudah go public) online dengan lancar tanpa gangguan sinyal. Dengan demikian, apa yang akan Anda sampaikan dalam forum tersebut dapat didengar dengan jelas oleh para audience. 

Contoh Implementasi Dedicated Internet pada Bisnis Jasa Healthtech

Pasien sedang menggunakan smartphone

Adapun contoh implementasi dedicated internet pada bisnis jasa healthtech adalah sebagai berikut:

1. Pengelolaan sistem terintegrasi

Kini, banyak rumah sakit yang menggunakan sistem terintegrasi dalam menjalankan bisnisnya. Alur sistem terintegrasi ini kurang lebih seperti:

  1. Pasien melakukan pendaftaran kunjungan menggunakan gawai mereka melalui website atau chat commerce rumah sakit atau menggunakan aplikasi pihak ketiga. 
  2. Data tersebut secara otomatis akan terekam oleh sistem rumah sakit, sehingga sistem akan secara otomatis memberikan nomor antrian kepada pasien tersebut. 
  3. Pasien datang ke fasilitas kesehatan tersebut sesuai dengan nomor antriannya. 
  4. Pasien melakukan pemeriksaan tekanan darah. Alih-alih menggunakan kertas, hasil pemeriksaan tekanan darah tersebut akan dikirimkan kepada dokter terkait menggunakan sistem informasi terintegrasi. 
  5. Pasien masuk ke ruangan dokter setelah dipanggil, dokter melakukan pemeriksaan dan menulis diagnosis dan resep obat ke dalam sistem terintegrasi tersebut. 
  6. Daftar obat tersebut akan diterima oleh apoteker yang bertugas. Apoteker lantas meracik obat dan mengirimkan data harga obat kepada tim kasir. 
  7. Pasien melakukan pembayaran. Saat ini selain uang tunai, banyak fasilitas kesehatan yang juga menerima pembayaran dalam bentuk asuransi BPJS dan asuransi swasta, QRIS hingga transfer bank. Tentu setiap metode pembayaran akan mendapatkan perlakuan yang berbeda. 
  8. Setelah pembayaran dinyatakan lunas, pasien bisa kembali ke bagian farmasi dan mengambil obat. 

Proses di atas tentunya akan semakin rumit apabila pasien perlu ke bagian radiolog terlebih dahulu atau menjadi pasien rawat inap. Keberlangsungan proses di atas tentu tidak akan lancar apabila tidak didukung dengan layanan dedicated internet. Sebab, untuk transfer data dari petugas pendaftaran ke dokter dan dari dokter ke apoteker dan kasir tentunya membutuhkan jaringan internet yang kuat. 

2. Meningkatkan kepuasan pasien dengan wifi gratis

Menunggu atau terbaring diam saja di rumah sakit adalah suatu kegiatan yang menjemukan. Biasanya, rumah sakit atau klinik membantu mengatasi hal ini dengan menyediakan televisi bersama. Namun, Anda bisa meningkatkan layanan ini dengan menyediakan wifi gratis untuk pasien di ruang tunggu maupun di kamar. 

Gunakan Layanan Dedicated Internet yang Tepat

Link Net telah terbukti handal melayani lebih dari 2500 perusahaan dari berbagai sektor, termasuk sektor kesehatan.

Layanan dedicated internet dari Link Net bisa ditingkatkan hingga 10 Gbps, sehingga berapapun jumlah pasien yang berkunjung atau rawat inap di rumah sakit Anda, jaringan internet rumah sakit tersebut tetap lancar dengan tanpa gangguan.

Ada banyak keuntungan yang dapat Anda miliki dengan memanfaatkan dedicated internet Link Net. Mulai dari kenyamanan mentransfer data besar yang cepat dan download simetris, keamanan jaringan yang hanya dimiliki oleh perusahaan atau organisasi bisnis Anda, hingga kemudahan menambah kapasitas jaringan sesuai perkembangan bisnis juga jadi hal yang penting dan menarik untuk dipertimbangkan.

Penulis: Farichatul Chusna.

Artikel Terkait
Artikel Lainnya
Lihat Semua Artikel Lainnya  
  Tautan Berhasil di Copy