Berbagai Pemanfaatan Internet dalam Dunia Medis

Hospitality
Hospitality
Mar 30, 2022
Di Posting Pada 30 Mar 2022

Semua industri, bidang apapun, pasti memanfaatkan internet untuk mendukung sistem kerjanya. Salah satunya yang saat ini mulai banyak memanfaatkan internet, khususnya semenjak pandemi COVID-19, adalah bidang kesehatan. Tidak hanya digunakan secara internal saja tetapi juga untuk memberikan pelayanan maksimal pada pasien.

Pemanfaatan Internet dalam Dunia Medis

Berikut ini adalah berbagai pemanfaatan internet untuk mendukung kemajuan dunia medis, baik secara internal maupun eksternal:

Telemedicine

Sebelum adanya internet atau ketika penggunaan internet belum terlalu aktif seperti saat ini, pergi ke dokter saat merasakan keluhan mengenai kesehatan adalah hal yang dilakukan banyak orang. Namun, saat ini banyak orang yang memilih untuk melakukan telemedicine atau melakukan konsultasi kesehatan secara online. Baik melalui situs atau website resmi kesehatan maupun aplikasi.

Management of Drugs

Pemanfaatan IoT untuk penyediaan resep obat dapaat mencegah adanya pemalsuan atau manipulasi resep demi kepentingan pribadi. Misalnya untuk pasien yang mengonsumsi obat jenis narkotika dalam proses perawatan akibat penyakit tertentu. Banyak pasien dengan kondisi itu terus melanjutkan konsumsi obat tersebut meskipun dokter sudah menyatakan tidak membutuhkannya lagi. Namun, dengan menggunakan IoT maka dokter dapat membuatkan resep digital di mana pasien tidak bisa memanipulasi resep sehingga tidak bisa mendapatkan obat tersebut secara sembarangan.

Electronic Health Record (EHR)

Penyimpanan riwayat kesehatan menggunakan dokumen fisik saat ini sudah tidak lagi efektif. Banyak fasilitas medis seperti rumah sakit dan klinik yang saat ini mulai memanfaatkan IoT untuk mengintegrasikan seluruh data pasien termasuk riwayat kesehatannya. Hal ini akan mempermudah pihak medis atau dokter melakukan analisa terhadap pasien karena bisa mengecek secara keseluruhan riwayat kesehatan pasien tersebut.

Integration System

Selain untuk penyimpanan riwayat kesehatan, IoT juga dimanfaatkan untuk mengintegrasikan sistem secara keseluruhan pada rumah sakit. Dari mulai pendaftaran pasien secara online, pengiriman data pasien dari bagian pendaftaran ke ruang dokter, pembuatan resep ke bagian apotik, hingga bagian pembayaran atau kasir. Semua sistem yang telah terintegrasi ini membuat pasien tidak perlu repot membawa dokumen ke berbagai bagian atau departemen dan mencegah terjadinya kesalahan akibat human error.

Koneksi Stabil dan Latensi Rendah untuk Kelancaran IoT pada Bidang Medis

Pemanfaatan IoT dalam dunia medis tentu harus didukung dengan koneksi yang lancar dan juga latensi yang rendah. Terutama untuk fungsi integration system dan EHR. Misalnya dalam kondisi urgent di mana pasien berada dalam kondisi kritis tetapi penanganan belum bisa dilakukan akibat penarikan data yang gagal karena koneksi internet, tentu akan sangat berbahaya. Namun dengan latensi yang rendah, maka proses perekaman dan sinkronisasi data ke server akan berlangsung dengan lancar sehingga tindakan yang tepat dapat segera dilakukan pada setiap pasien.

Tidak hanya koneksi saja, perangkat dan infrastruktur IT yang mendukung secara keseluruhan juga menjadi poin penting kelancaran pemanfaatan IoT dalam dunia medis. Sebagai Manage Service Provider yang telah berpengalaman, Link Net siap membantu Anda menciptakan infrastruktur IT yang aman dan lancar dengan downtime rendah. Bersama Link Net Anda bisa memberikan pelayanan terbaik untuk seluruh pasien yang datang.

Artikel Terkait
Artikel Lainnya
Lihat Semua Artikel Lainnya  
  Tautan Berhasil di Copy