Internet Satelit VSAT Bisa Digunakan Jika Ada Beberapa Komponen Ini

Telecommunication
Telecommunication
Apr 27, 2022
Di Posting Pada 27 Apr 2022

Internet satelit VSAT merupakan jaringan komunikasi yang mengandalkan orbitan satelit sebagai media transmisi (lastmile) di luar bumi. Di mana, layanan satu ini diperuntukkan untuk konsumen yang berada di area-area terpencil yang belum terjamah koneksi internet sehingga menyulitkannya berkomunikasi dengan yang lain.

Internet satelit VSAT biasanya dioperasikan melalui gelombang radio. Yang mana, pengoperasiannya sendiri dilakukan dengan cara mengirim sinyal ke satelit yang mengorbit, kemudian mentransfernya lewat sinyal internet parabola di perumahan maupun bangunan pengguna. Selanjutnya, sinyal internet tersebut akan beralih ke modem atau router pengguna dan akhirnya koneksi internet sampai ke gawai dan perangkat elektronik pengguna.  

Agar bisa digunakan, internet satelit VSAT harus memiliki beberapa komponen ini, di antaranya:

Outdoor Unit

Komponen satu ini terdiri dari beberapa bagian, yakni:

  • Low Noise Block (LNB), yang sering disebut sebagai Receiver (Rx) berfungsi menerima sinyal informasi dari satelit.
  • Block Up Converter (BUC), yang kerap disebut Transmitter (Tx) berfungsi untuk menghantarkan sinyal informasi ke satelit.
  • Antena, Dish, Parabola, berukuran 2–4 kaki yang biasanya dipasang pada bagian dinding, atap, maupun tanah.

 

Indoor Unit

Komponen ini pun terdiri atas beberapa bagian, seperti:

  • Inter Facility Link (IFL) merupakan komponen yang digunakan untuk menghubungkan outdoor unit dan indoor unit. Komponen ini berbentuk kabel dengan jenis koaksial dan pengoperasiannya menggunakan konektor jenis Bayonet Neill-Concelman (BNC).
  • Modem merupakan alat yang digunakan untuk menerjemahkan data dari gawai ke parabola maupun sebaliknya. Komponen ini umumnya berfungsi untuk menyambungkan komponen dari unit luar menggunakan kabel ethernet yang dihubungkan ke gawai.

 

Satelit

Satelit merupakan alat di orbit bumi yang bertugas menerima sekaligus menghantarkan sinyal melalui frekuensi radio maupun. Biasanya, setiap penyedia layanan internet memiliki satu satelit di luar angkasa.

Di mana, untuk penyedia internet satelit pionir mengorbit sekitar 35.000 km di atas permukaan bumi sehingga cakupannya lebih luas. Sementara, untuk internet satelit generasi terbaru mengorbitnya hanya 480 KM di atas permukaan bumi, namun memberikan layanan internet dengan kecepatan tinggi.

Gawai

Gawai merupakan perangkat elektronik milik pengguna yang digunakan untuk mengakses layanan dari internet satelit. Komponen ini bisa berupa konsol game, smart TV, tablet, ponsel, laptop, komputer, maupun gadget yang bisa tersambung ke jaringan internet.

Demikian ulasan singkat mengenai beberapa komponen yang wajib dimiliki internet satelit VSAT supaya bisa dioperasikan. Bagaimana? Apakah Anda sedang mencari layanan internet untuk area terpencil? Jika jawabannya iya, V-SAT dari Link Net bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda.

Link Net menyediakan internet satelit dengan koneksi yang stabil, cepat, dan jangkauannya luas bahkan sampai ke pelosok Indonesia karena dilengkapi dengan teknologi VHTS (Very High Throughput Satellite) dan Broadband HTS (High Throughput Satellite).

Artikel Terkait
Artikel Lainnya
Lihat Semua Artikel Lainnya  
  Tautan Berhasil di Copy