Seberapa Penting Tersedianya Koneksi Internet di Lingkungan Sekolah?

Education
Education
Mar 29, 2022
Di Posting Pada 29 Mar 2022

Zaman sekarang hampir tidak ada siswa yang tidak memiliki koneksi internet pribadi pada ponselnya. Baik untuk kebutuhan bersosialisasi melalui aplikasi chatting atau social media, maupun untuk melakukan browsing berbagai informasi yang dibutuhkan. Dengan kondisi tersebut, apakah artinya sekolah tidak perlu lagi menyediakan koneksi internet atau WiFi di lingkungan sekolah?

Manfaat Tersedianya Koneksi Internet di Sekolah

Ternyata meskipun sebagian besar siswa sudah memiliki koneksi internetnya sendiri, sekolah juga perlu tetap menyediakan infrastruktur IT beserta koneksi internet yang dapat diandalkan untuk mendukung prose pembelajaran. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah berbagai manfaat penyediaan koneksi internet di lingkungan sekolah:

Meningkatkan kerja sama

Adanya koneksi internet akan membantu siswa lebih mudah melakukan komunikasi saat sedang melakukan tugas kelompok. Mereka dapat saling berbagi informasi atau berbagi data melalui aplikasi chatting maupun e-mail. 

Mempermudah pemberian tugas

Guru atau tim pengajar dapat lebih mudah menyampaikan tugasnya melalui e-mail atau media chatting. Tidak hanya itu, mereka juga bisa menerapkan pengumpulan secara online juga, misalnya dengan menggunakan google drive atau cloud lainnya.

Proses belajar lebih menarik

Proses belajar dengan sistem pasif di mana murid hanya mendengarkan penjelasan dari guru terkadang pasti terasa membosankan. Dengan adanya koneksi internet di sekolah, guru bisa memberikan pembelajaran yang lebih menarik dan interaktif. Misalnya melalui video atau konten-konten yang ada di internet.

Mempermudah akses informasi

Mencari berbagai informasi melalui internet sudah menjadi hal yang umum dilakukan masyaarakat saat ini. Dari mulai dunia medis, teknologi, dan berbagai informasi lainnya. Hal ini juga bisa dimanfaatkan untuk mendukung proses pembelajaran di mana siswa dapat mencari berbagai informasi untuk membantunya mengerjakan tugas yang diberikan.

Mencegah terjadinya “buta internet”

Dengan kemajuan teknologi yang pesat seperti sekarang, mungkin banyak yang berpikir semua orang sudah bisa menggunakan internet. Kenyataannya masih ada banyak masyarakat yang “buta internet” karena berbagai hal, termasuk masalah finansial. Adanya fasilitas internet di sekolah dapat membantu mereka lebih mengenal teknologi ini dan bisa memanfaatkannya.

Infrastruktur IT dan Internet di Sekolah

Untuk area yang dapat terjangkau oleh internet terestrial maka penyediaan koneksi internet akan lebih mudah. Sementara untuk sekolah yang berada jauh dari jangkauan internet terestrial, dapat memanfaatkan internet satelit yang bisa menjangkau area mana pun, bahkan yang terpencil sekalipun. 

Selain itu, disarankan agar penyediaan layanan internet didukung pula dengan infrastruktur IT yang memadai, seperti perangkat komputer. Hal ini akan membantu siswa untuk lebih mudah memanfaatkan fasilitas ini tanpa repot harus membawa perangkatnya sendiri. Selain itu, pihak sekolah juga bisa lebih mudah mengawasi pemanfaatan internet oleh siswa.

Artikel Terkait
Artikel Lainnya
Lihat Semua Artikel Lainnya  
  Tautan Berhasil di Copy