Keuntungan VSAT Bagi Pemerintah dalam Memajukan Pemerataan Informasi Serempak

Government and Public Services
Government and Public Services
May 25, 2023
Di Posting Pada 25 May 2023

Transformasi digital di segala bidang kehidupan manusia semakin memudahkan aktivitas seseorang sehari-hari. Mulai dari kehidupan rumah tangga hingga pemerintahan bisa dilakukan dengan cepat dan praktis menggunakan internet. Hal inilah yang menjadi dasar pertimbangan bagi pemerintah untuk menyamaratakan akses informasi di seluruh daerah. 

Salah satu solusi yang bisa diterapkan adalah penggunaan VSAT di daerah-daerah terpencil yang sulit dijangkau oleh koneksi internet. VSAT (Very Small Aperture Terminal) berperan besar dalam kebijakan dan pembangunan yang direncanakan oleh pemerintah. 

Apa saja implementasi dan keuntungan dari VSAT ini bagi pemerataan akses internet dan informasi secara merata? Untuk lebih jelasnya, mari simak penjelasan di bawah ini!

Peran Pemerintah dalam Memajukan Pemerataan Informasi

Pemerintah berperan penting untuk memajukan dan menyamaratakan akses informasi di seluruh wilayah. Terlebih kondisi geografis Indonesia berbentuk kepulauan seringkali menyulitkan beberapa daerah untuk mendapatkan akses internet. Untuk itu, berikut adalah beberapa peran pemerintah dalam memajukan pemerataan informasi:

1. Meningkatkan aksesibilitas informasi

Pemerintah perlu memastikan bahwa seluruh masyarakat, baik di kota maupun desa, memiliki koneksi internet yang andal dan cepat. Hal ini perlu dilakukan mengingat segala aktivitas dan sumber informasi berada di internet.

Seluruh aspek dalam masyarakat hampir setiap harinya berhadapan dengan internet, seperti aktivitas belajar-mengajar, transaksi bisnis, dan masih banyak lagi. 

Maka dari itu, pemerintah perlu mengambil langkah yang tepat seperti memasang VSAT di daerah yang cukup terpencil. 

2. Mendorong partisipasi masyarakat

Program yang dibuat oleh pemerintah tidak akan berjalan efektif apabila tidak ada partisipasi dari masyarakat. Dengan kata lain, peran kedua belah pihak sangat berpengaruh terhadap keberjalanan pemerataan informasi. 

Pemerintah bisa melakukan sosialisasi terhadap pentingnya teknologi digital dalam kehidupan sehari-hari untuk mempermudah aktivitas. Jadi, kegiatan pendataan atau program lainnya bisa berjalan lebih efektif dan efisien karena sudah terintegrasi dengan internet. 

3. Memastikan keamanan privasi pengguna

Salah satu peran yang perlu dilakukan oleh pemerintah dalam pemerataan informasi adalah memastikan setiap pengguna memiliki hak keamanan privasi. Hal ini berkaitan dengan kepercayaan publik terhadap jaringan yang disediakan pemerintah adalah aman dan terpercaya. 

Jadi, setiap akun atau aktivitas daring yang dilakukan oleh masyarakat tidak akan diketahui oleh pihak manapun dengan dasar perlindungan privasi serta hak dan keamanan atas informasi. 

Dalam memajukan pemerataan informasi, pemerintah juga perlu bekerja sama dengan seluruh aspek di masyarakat, seperti tenaga pendidik, pebisnis, masyarakat sipil, dan lain sebagainya. Hal ini lantaran seluruh informasi yang diakses merupakan hak dan tanggung jawab dari seluruh aspek sehingga dibutuhkan inovasi dan partisipasi aktif dari semua lapisan.

Keuntungan VSAT Bagi Pemerintah dalam Memajukan Pemerataan Informasi Serempak

Dari penggunaan layanan VSAT yang ditempatkan di setiap daerah, tentu ada manfaat yang akan dirasakan baik oleh pemerintah maupun masyarakatnya sendiri. Berikut adalah beberapa keuntungan VSAT tersebut: 

1. Mengoptimalkan layanan masyarakat

Adanya kemudahan akses teknologi dan informasi memudahkan pemerintah untuk memberikan pelayanan optimal dan merata ke seluruh masyarakat. Layanan seperti layanan kesehatan, pendidikan, wirausaha, dan sebagainya bisa diwujudkan dengan mudah.

VSAT tidak membatasi pengguna dalam mengakses informasi karena satelit VSAT menggunakan transmitter dan modem yang akan memproses dan mengekstraksi sinyal untuk bisa dibaca user

2. Menjangkau daerah terpencil 

Salah satu keunggulan dari layanan VSAT adalah bisa menjangkau sinyal dari daerah lain dengan mudah dan cepat. Hal ini lantaran satelit VSAT cocok untuk negara kepulauan karena bisa digunakan di mana saja seperti di perdesaan, perairan, dan tempat yang sulit dijangkau lainnya.

Layanan ini biasa ditempatkan pada daerah yang tidak memiliki satelit pemancar atau kondisi geografis yang sulit. 

3. Menghemat biaya infrastruktur 

Dengan menggunakan layanan VSAT, pemerintah bisa menghemat pengeluaran biaya infrastruktur karena tidak perlu ada biaya pemeliharaan dan pemasangan. Pasalnya, sudah banyak penyedia layanan VSAT yang menawarkan pemasangan satelit untuk di daerah-daerah terpencil. 

Tidak hanya bagi pemerintah, satelit ini juga bisa sangat menghemat biaya operasional perusahaan yang memiliki cabang di suatu daerah.

Implementasi VSAT oleh Pemerintah di Indonesia

Antena satelit parabola

Di Indonesia sendiri, pemerintah telah mengimplementasikan teknologi VSAT di hampir seluruh wilayah di Indonesia. Beberapa bentuk implementasi VSAT oleh pemerintah Indonesia antara lain:

1. Pemerataan akses pendidikan

Kini sistem pembelajaran di desa ataupun kota sudah hampir seragam dengan adanya penggunaan teknologi sebagai salah satu media belajar-mengajar. Baik siswa maupun pengajar bisa saling berinteraksi dan berdiskusi melalui perangkat yang terhubung dengan internet. 

Jadi, siswa dan pengajar di daerah terpencil tetap bisa mendapatkan akses informasi yang sama dengan mereka yang tinggal di kota. Informasi tersebut bisa berupa video pembelajaran dari sosial media seperti YouTube, Instagram, dan sebagainya, e-book, serta masih banyak lagi. 

2. Transaksi keuangan digital

Pemerintah Indonesia juga tidak ketinggalan untuk mengimplementasikan teknologi digital pada sistem keuangan masyarakat. Penduduk di daerah terpencil bisa tetap bertransaksi dengan wilayah lain secara mudah dan praktis hanya melalui sinyal yang ditransmisikan oleh VSAT. 

Hal ini tentu bisa mempermudah proses jual-beli antara pembeli dan penjual serta meningkatkan pertumbuhan suatu daerah. Dengan kata lain, satu daerah bisa meluaskan pangsa pasarnya ke daerah lain dengan mengandalkan akses internet. 

Ditambah lagi dengan adanya kemudahan mempromosikan dan menjual produk atau layanan di melalui platform dan aplikasi online

3. Layanan kesehatan

Sulitnya mendapatkan akses informasi kesehatan di daerah terpencil menjadikan pemerintah Indonesia perlu menggunakan layanan VSAT. Dengan begitu, tenaga kesehatan dan masyarakat pun bisa mendapatkan fasilitas dan kesempatan yang sama dalam bidang kesehatan.

Misalnya, seorang pasien dalam kondisi darurat bisa segera dilarikan ke rumah sakit pusat dengan memberikan informasi terkini secara real-time menggunakan satellite on the move. Jadi, rumah sakit bisa segera mempersiapkan peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan untuk menangani pasien tersebut. 

Demikianlah pembahasan mengenai keuntungan VSAT bagi pemerintah dalam rangka memajukan pemerataan informasi serempak. Layanan ini tentunya bermanfaat bagi masyarakat dan seluruh lapisan di dalamnya untuk mempermudah aktivitas sehari-hari. Bagi pemerintah atau perusahaan yang mau menggunakan satelit ini, bisa bekerja sama dengan penyedia layanan VSAT seperti Link Net. Layanan ini menawarkan koneksi bebas hambatan tanpa adanya batas jarak dan waktu.

Penulis: Lusita Amelia.

Artikel Terkait
Artikel Lainnya
Lihat Semua Artikel Lainnya  
  Tautan Berhasil di Copy