Dedicated Internet, Jaringan Pendukung Kesuksesan Smart City

Property
Property
Apr 14, 2023
Di Posting Pada 14 Apr 2023

Pernahkah Anda kesusahan mencari tempat parkir mobil di parkiran mall atau kantor atau kampus? Permasalahan parkir mobil ini diharapkan akan terselesaikan dengan diterapkannya smart city. Dengan smart city, Anda bisa melakukan banyak hal, termasuk di antaranya adalah mencari tempat parkir mobil yang kosong hanya dari aplikasi. 

Smart city adalah sebuah konsep perencanaan kota modern yang menggabungkan penggunaan teknologi sensor yang ada di komputer dan internet untuk mengumpulkan data-data tertentu dan menggunakan data-data tersebut untuk keperluan pembangunan daerah. 

Misalnya, pada kasus parkir mobil di atas. Pebisnis mall dapat menggunakan sensor khusus di parkiran mereka untuk memantau segala aktivitas di area parkir tersebut. Data yang terkumpul, nantinya akan disetorkan secara real time untuk diakses oleh pengguna yang akan datang ke mall tersebut melalui aplikasi. Dengan demikian, pengguna tersebut akan segera tahu mana tempat parkir yang sedang kosong dan ketika pulang, dia tidak perlu mencari lokasi mobilnya lagi. 

Ide ini pertama kali dipopulerkan oleh IBM, salah satu perusahaan teknologi besar di Amerika Serikat, pada tahun 2008. Saat ini banyak kota-kota di dunia yang berlomba-lomba untuk menjadi smart city, namun 10 kota yang benar-benar berhasil menjadi kota cerdas ini adalah Singapura, Zurich, Oslo, Taipei City, Lausanne, Helsinki, Kopenhagen, Jenewa, Auckland dan Bilbao.

Smart City dan Kebutuhan akan Dedicated Internet

Kota pintar

Seperti yang telah disinggung di atas, pada konsep smart city ini diharapkan penduduk sebuah kota menggunakan satu aplikasi untuk berbagai kebutuhan mereka di kota tersebut, mulai dari mencari tempat parkir mobil, membayar pajak dan retribusi daerah hingga melapor ke polisi dan mencari pemadam kebakaran. 

Di satu sisi, pemerintah menggunakan data yang terkumpul di aplikasi ini untuk mewujudkan aspek smart city yang disebut dengan smart governance atau smart government. Smart governance adalah pemanfaatan internet dan teknologi informasi dan komunikasi untuk mewujudkan pemerintahan yang lebih transparan, kolaboratif dan terintegrasi dalam perencanaan dan perumusan kebijakan di sebuah kota. 

Salah satu contoh smart governance adalah praktik yang dilakukan oleh Pemerintah Singapura dalam hal larangan merokok di area-area tertentu. Dalam hal ini, pemerintah negara tetangga tersebut memasang kamera sensor khusus di area tersebut. Kamera sensor ini mampu mengidentifikasi individu pelanggar aturan merokok tersebut, sehingga pemerintah dapat segera menerapkan kebijakan yang tepat. 

Nah, untuk bisa menggunakan aplikasi sekaligus mengumpulkan data dari masyarakat tersebut tentunya dibutuhkan jaringan internet yang aman dan stabil. Sebab, jaringan internet yang tidak aman dan stabil dapat menyebabkan kebocoran data penduduk sekaligus menyebabkan misinformasi. 

Misalnya, karena jaringan internet yang tidak stabil, kamera sensor yang ada di parkiran mall di atas tidak bisa up to date data tempat parkir secara real time. Akibatnya, pengunjung yang datang bisa mendapatkan informasi yang salah kalau ada tempat parkir kosong. 

Dedicated internet adalah solusi dari permasalahan ini. Dengan pelayanan satu jaringan yang tidak terbagi dengan pengguna lain, kecepatan dan keamanan penggunaan internet di sebuah smart city lebih bisa terjamin. Hal ini karena pada layanan yang satu ini, apapun yang dilakukan oleh pengguna lain, tidak akan mengintervensi akses internet Anda.

Keuntungan Menggunakan Dedicated Internet dalam Smart City

Layanan internet berperan penting pada industri real estate, terutama dalam pengembangan smart city.

Berikut ini adalah beberapa keuntungan menggunakan dedicated internet dalam smart city:

1. Kecepatan yang lebih stabil

Seperti yang telah disinggung di atas, kecepatan dedicated internet lebih stabil dibandingkan dengan shared internet connection karena jaringan internet untuk kota tersebut tidak akan terbagi untuk kota lainnya. Hal ini tentunya akan memuluskan proses input dan analisis data masyarakat. 

2. Keamanan yang lebih terjamin

Keuntungan lain menggunakan satu jaringan internet yang dikhususkan untuk satu entitas adalah keamanan yang lebih terjamin. Hal ini karena dedicated internet memiliki beberapa keistimewaan dibandingkan dengan shared internet connection, yaitu:

  • Satu jaringan internet untuk satu entitas saja tidak memungkinkan virus dari jaringan internet pengguna lain untuk mengintervensi jaringan internet kota Anda.
  • Alamat IP pada dedicated internet tidak gampang berubah, sehingga otoritas terkait dapat segera mengidentifikasi adanya penyusup dalam jaringan internet di kota tersebut, sehingga data-data pribadi masyarakat kota tersebut bisa lebih terjaga.
  • Perbaikan yang lebih cepat.

3. Privasi lebih terjaga

Salah satu tantangan dalam mewujudkan smart city adalah ancaman terhadap data-data pribadi. Tentu pemerintah tidak ingin pembentukan smart city berakibat pada bocornya data pribadi masyarakat ke oknum yang tidak bertanggungjawab. 

Dengan kualitas keamanan dan layanan yang lebih baik dibandingkan dengan shared internet connection, penggunaan dedicated internet pada smart city lebih dianjurkan demi perlindungan data pribadi masyarakat kota tersebut. 

4. Kualitas data yang dikumpulkan lebih baik

Tidak adanya intervensi dari pengguna lain pada layanan dedicated internet juga membuat kualitas data yang bisa dikumpulkan oleh pemerintah menjadi lebih baik. Misalnya, kualitas gambar dari kamera sensor lebih baik, atau kualitas audio saat telepon darurat juga lebih baik. 

5. Dapat ditingkatkan sesuai permintaan

Salah satu keistimewaan dari dedicated internet adalah kapasitasnya bisa ditingkatkan sesuai dengan kebutuhan. Layanan dedicated internet dari Link Net misalnya, bisa ditingkatkan hingga 10 Gbps. 

Hal ini penting bagi sebuah smart city, mengingat jumlah penduduk yang tinggal di kota tersebut pasti berubah-ubah setiap waktunya. Semakin banyak penduduk yang terdaftar di kota tersebut, tentunya semakin tinggi kapasitas internet yang dibutuhkan. 

Contoh Penggunaan Dedicated Internet pada Smart Governance

Salah satu contoh kenamaan penggunaan satu jaringan saja untuk mewujudkan smart governance dan smart city adalah terbentuknya 120 Dasan Call Center di Seoul pada tahun 2007. Dasan Call Center adalah call center yang bertujuan untuk menerima komplain, konsultasi dan pertanyaan yang diajukan oleh masyarakat Seoul secara personal 1:1. 

Meskipun namanya call center, namun layanan ini tidak hanya menerima komplain dari telepon saja, melainkan juga SMS, dan chat melalui media sosial. Komplain dan pertanyaan masyarakat dari berbagai sumber tersebut melalui satu jaringan khusus, sehingga masyarakat tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkan balasan dari petugas. 

Akibatnya, tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja pemerintah meningkat. Menurut data dari Bank Dunia rata-rata jumlah komplain, pertanyaan dan konsultasi masyarakat yang masuk melalui call center ini mencapai 22.000 data setiap harinya pada tahun 2016.

Peningkatan kepuasan masyarakat terhadap layanan yang disediakan pemerintah karena adanya Dasan Call Center tersebut tentunya tidak akan terjadi apabila sebuah kota memiliki kualitas jaringan internet yang buruk. Oleh sebab itu, gunakan layanan dedicated internet dari Link Net untuk mewujudkan smart city Anda.

Salah satu keuntungan terbesar dari layanan Dedicated Internet dari Link Net adalah garansi rasio 1:1 dengan konektivitas Internet berkecepatan tinggi dan kapasitas sirkuit tersedia hingga 10 Gbps yang mampu digunakan menggunakan untuk jaringan MPLS.

Layanan internet dari Link Net menjamin konektivitas yang kompeten untuk implementasi wilayah Anda, sehingga smart city di wilayah dapat terwujud.

Artikel Terkait
Artikel Lainnya
Lihat Semua Artikel Lainnya  
  Tautan Berhasil di Copy