Peran Internet Terhadap Bisnis Real Estate

Property
Property
Apr 13, 2023
Di Posting Pada 13 Apr 2023

Hampir setiap bidang industri masa kini, khususnya bisnis real estate, menyesuaikan pemasaran dengan memanfaatkan peran internet sebagai salah satu strategi. Segala informasi saat ini dapat dengan mudah diakses oleh siapa pun melalui mesin pencarian atau sosial media selama memiliki koneksi internet. 

Diperlukan pemahaman dan keterampilan dalam menganalisis daya tarik customer atau klien dari pola penggunaan internet mereka. Tentunya hal ini akan memberikan dampak signifikan terhadap keberjalanan operasional bisnis.

Untuk itu, mari pelajari peran internet terhadap bisnis real estate dan kemungkinan tantangan yang akan dihadapi oleh para pebisnis. Simak informasi lebih lengkapnya berikut ini!

Peran Internet Terhadap Bisnis Real Estate

Dalam pelaksanaannya, internet memiliki peran besar terhadap keberjalanan bisnis real estate. Berikut adalah beberapa peran dari internet tersebut: 

1. Memperluas jangkauan pemasaran

Jika sebelumnya proses jual-beli bangunan atau properti dilakukan secara konvensional seperti menggunakan brosur atau door-to-door, kini internet menawarkan kemudahan untuk melakukan pemasaran dan proses transaksi. 

Seorang agen properti tidak perlu lagi terpaku pada klien tertentu karena siapa pun dapat mengakses informasi tentang perusahaan melalui jaringan internet. Dengan memanfaatkan platform online atau sosial media untuk pemasaran, target konsumen perusahaan Anda pun akan lebih meluas dan meningkat. 

2. Tepat sasaran

Peran lain dari internet adalah memudahkan agen real estate untuk mencari calon klien dengan tepat. Kelemahan dari cara konvensional adalah klien belum tentu merupakan orang yang tepat dan memiliki kapasitas untuk membeli tanah atau bangunan.

Akan tetapi, dengan adanya internet, klien yang membutuhkan jasa atau informasi seputar real estate bisa langsung mencarinya di lama pencarian atau sosial media. Dengan begitu, orang yang menghubungi perusahaan Anda pun merupakan orang yang tepat karena memiliki satu tujuan sama. 

3. Menyediakan informasi yang lebih lengkap dan akurat

Seorang klien akan memilih untuk mencari informasi terlebih dahulu tentang bisnis real estate Anda untuk meyakinkan pilihan mereka. Anda juga bisa menyediakan informasi lengkap seperti proyek atau klien mana saja yang sudah bekerja sama dengan perusahaan. Tampilkan portofolio yang menarik agar klien pun semakin percaya dengan kredibilitas perusahaan Anda. 

Selain itu, Anda pun dapat menampilkan informasi lengkap terkait kontak yang dapat dihubungi, alamat kantor, hingga alamat email perusahaan. Jadi, klien pun tidak akan kesulitan mencari informasi tentang perusahaan Anda dan bisa langsung menanyakan seputar tanah atau bangunan lebih lanjut. 

4. Meningkatkan efektifitas dan efisiensi operasional

Dengan teknologi serba canggih dan digital saat ini, operasional perusahaan bisa berjalan lebih efektif dan efisien. Mengapa demikian? Seorang agen atau klien tidak perlu berkontak fisik secara langsung karena bisa berkomunikasi melalui sosial media, aplikasi panggilan telepon, dan lain sebagainya.

Walaupun pertemuan secara langsung tetap diperlukan, baik pihak perusahaan maupun klien sudah sama-sama mengetahui latar belakang dan tujuan masing-masing. Dengan begitu, pembahasan pada pertemuan tersebut akan lebih fokus dan mencapai kesepakatan akhir. 

Selain itu, klien juga tidak harus mengunjungi kantor real estate untuk mendapatkan informasi karena bisa didapatkan dari website perusahaan. Jadi, efektivitas waktu pun bisa tercapai dan memudahkan para klien.

5. Lebih murah

Internet juga memungkinkan perusahaan real estate untuk mengurangi biaya cetak brosur atau memasang banner. Hal ini lantaran pemasaran tersebut bisa dialihkan secara digital. Anda bisa mengalokasikan dana pencetakan iklan untuk biaya lainnya yang lebih membutuhkan.

Anda hanya perlu mengeluarkan dana untuk biaya paket data dari provider internet sebagai media untuk mengakses dan mengelola informasi secara online.

Tantangan Bisnis Real Estate dengan Internet

bisnis real estate menggunakan platform online

Selain banyaknya manfaat yang bisa dirasakan dari peran internet dalam bisnis real estate, tentu ada juga tantangan yang perlu dihadapi dan diantisipasi oleh perusahaan. Berikut adalah beberapa tantangannya: 

1. Keamanan data

Tantangan yang paling umum dihadapi dalam dunia digital adalah adanya risiko keamanan data terganggu. Serangan siber oleh hacker tidak bertanggung jawab bisa menyerang pusat data perusahaan dan menggunakan informasi bisnis untuk kepentingan pribadi. 

Hacker bisa saja mengambil informasi penting tentang data privasi perusahaan hingga klien. Anda tentu tidak ingin terjadi data breach  sehingga informasi tersebut tersebar dan digunakan untuk hal lain bukan? Untuk itu, Anda perlu mengantisipasinya dengan memakai sistem keamanan yang andal seperti teknik firewall, enkripsi end-to-end, dan lain sebagainya. 

Jangan sampai luput juga untuk rutin melakukan back up data di media penyimpanan seperti cloud storage. Tujuannya agar ketika ada indikasi serangan siber, Anda tetap memiliki data keseluruhan yang sudah dicadangkan. 

2. Persaingan semakin sengit

Banyaknya perusahaan real estate yang sudah bertransformasi ke dunia digital menjadikan Anda perlu menyiapkan strategi khusus dalam pemasaran. Anda bisa memaksimalkan platform online seperti website perusahaan agar masuk ranking dalam SERP (search engine result pages). 

SERP merupakan halaman yang akan ditampilkan oleh mesin pencarian seperti Google berdasarkan kata kunci yang dimasukkan oleh user. Halaman yang ditampilkan tersebut biasanya diurutkan dari peringkat tertinggi hingga terendah dari suatu website yang bersangkutan. Dengan kata lain, mesin pencarian merekomendasikan website yang memiliki informasi lengkap, akurat, dan juga performa yang baik. 

Untuk itu, Anda perlu mengoptimalkan strategi SEO (search engine optimization) sebagai bentuk upaya mencapai peringkat terbaik yang diakui oleh mesin pencarian. SEO memungkinkan Anda untuk menggunakan kata kunci tertentu agar ketika user mengetik keywords tersebut, website perusahaan Anda lah yang akan muncul. 

3. Biaya pemeliharaan platform online

Untuk memaksimalkan performa situs atau aplikasi perusahaan, tentu ada biaya pemeliharaan yang perlu dikeluarkan. Setiap platform online yang Anda gunakan memiliki kisaran harga berbeda tergantung dari penyedia layanan yang Anda pakai. 

Biaya pemeliharaan ini bisa berkisar mulai dari ratusan ribu hingga puluhan juta rupiah. Kebutuhan ini disesuaikan kembali dengan keperluan perusahaan Anda. 

Internet dewasa ini memiliki peran besar tidak hanya terhadap individu, tetapi juga untuk perusahaan khususnya bisnis real estate. Untuk mengantisipasi tantangan yang mungkin terjadi, Anda perlu menggunakan layanan internet andal bagi industri properti dari Link Net yang berikan konektivitas maksimal untuk keberlangsungan bisnis. 

Artikel Terkait
Artikel Lainnya
Lihat Semua Artikel Lainnya  
  Tautan Berhasil di Copy