Perbedaan Internet dan Ethernet Serta Pengertiannya

Telecommunication
Telecommunication
Jun 26, 2023
Di Posting Pada 26 Jun 2023

Membicarakan tentang transmisi data antara dua gawai atau lebih, tidak bisa dilepaskan dari dua teknologi, yaitu internet dan ethernet. Meskipun sama-sama bisa digunakan untuk mengirim data dari satu gawai ke gawai lainnya, namun kedua teknologi ini memiliki perbedaan. Simak selengkapnya berikut ini:

Pengertian Internet

Internet adalah jaringan yang dapat menghubungkan gawai elektronik dari seluruh dunia menggunakan sistem protokol TCP/IP. Pertama kali ditemukan pada tahun 1970-an, internet kini telah mengubah cara masyarakat dunia berkomunikasi. Sebab per tahun 2020, lebih dari 50% masyarakat dari seluruh dunia mengakses jaringan masif ini.

Internet

Internet bekerja dengan sistem yang cukup rumit. Ketika Anda mencari suatu informasi di Google misalnya, input yang Anda masukkan dari gawai Anda akan diterima oleh DNS (Domain Name System) untuk kemudian diteruskan ke data center Google. Hasil dari input tersebut kemudian ditransmisikan kembali kepada Anda menggunakan kabel khusus yang terletak di bawah tanah, di udara (sebagaimana kabel listrik), maupun di bawah lautan. 

Ketika mencapai titik destinasinya, paket data hasil dari input tersebut bisa ditransmisikan kembali ke komputer atau smartphone Anda menggunakan dua cara, yaitu sinyal elektromagnetik via tower BTS atau melalui alat-alat khusus yang terpasang di rumah Anda, seperti modem, router, dan lain sebagainya. 

Dengan bantuan internet, pengguna dapat bertukar informasi secara cepat, instan dan menjangkau segala area di seluruh dunia. Internet ini memfasilitasi untuk pertukaran berbagai informasi dalam berbagai format, world wide web, email, media sosial, video, audio dan lain sebagainya. 

Namun demikian, pertukaran data menggunakan internet juga memiliki tantangan keamanan. Karena bisa diakses oleh orang di seluruh dunia, termasuk oleh orang-orang yang berniat tidak baik dan memiliki kemampuan IT tinggi, pertukaran data melalui internet memiliki risiko peretasan dan pencurian data pribadi. 

Pengertian Ethernet

Ethernet adalah jaringan komputer menggunakan kabel yang memungkinkan transmisi data antar komputer dan perangkat lainnya yang berada dalam sebuah local area network (LAN). Selain menghubungkan komputer dengan komputer, kabel ethernet juga bisa menghubungkan komputer dengan printer, dan komputer dengan wifi.

Kabel ethernet

Cara kerja sistem ini cukup sederhana. Ethernet memiliki satu komputer yang bertindak sebagai server. Server ini kemudian disambungkan dengan perangkat elektronik lainnya (client) menggunakan alat bernama switch atau hub. Server dapat mengontrol file yang ada di komputer client dan komputer client bisa membagikan file dengan komputer client lainnya.

Sesuai dengan pengertiannya, ethernet memungkinkan komputer dan gawai lainnya berkomunikasi satu sama lain meskipun tidak terhubung dengan jaringan internet. Mudahnya adalah, dengan adanya ethernet tanpa internet, karyawan kantor Anda tidak bisa mengakses Google, YouTube, Slack atau aplikasi dan website lain, namun masih bisa mengakses dokumen yang disimpan oleh karyawan lain di komputer lain. 

Contoh jaringan ethernet lainnya adalah, ketika Anda di warung internet (warnet). Tanpa mengakses internet, Anda bisa mengakses video atau film yang sebelumnya disimpan oleh client lain. Selain itu, Anda juga masih bisa mengirimkan dokumen yang perlu dicetak supaya dicetak oleh operator. 

Meskipun bisa diakses meskipun tanpa internet, namun ethernet juga bisa dikombinasikan dengan internet. Caranya pertama, sambungkan satu ujung kabel ethernet atau kabel UTP ke komputer atau laptop, dan ujung lain ke switch atau hub yang telah terhubung dengan router

Setelah terpasang sempurna, kini saatnya Anda melakukan konfigurasi. Caranya adalah klik pengaturan di laptop Anda, lalu pilih network & internet settings, pilih change adapter options, klik kanan pada menu ethernet, lalu pilih properties, internet protocol version 4 lalu klik properties lagi. Masukkan alamat IP dan DNS (bisa secara otomatis) dan klik ok. 

Pertama kali ditemukan pada tahun 1980-an, hingga kini ethernet masih banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan, sekolah, maupun instansi pemerintah. Selain bisa mengirimkan data dengan cepat, berkirim data menggunakan ethernet juga relatif lebih aman karena terbatasnya akses.

Perbedaan Internet dan Ethernet

Dari pembahasan mengenai pengertian di atas, berikut ini beberapa perbedaan antara kedua jaringan komputer ini:

  • Jangkauan internet lebih luas dibandingkan dengan ethernet. Internet menjangkau jaringan WAN (Wide Area Network), sementara ethernet menjangkau area yang lebih kecil, entah itu Local Area Network (LAN) atau Metropolitan Area Networks (MAN).
  • Dibandingkan internet, ethernet lebih aman. Dalam ethernet, tidak ada koneksi ke jaringan dari komputer luar. Internet bisa diakses oleh siapapun dan mendapatkan informasi dari sana. 
  • Dalam hal komunikasi, ethernet digunakan untuk mengirim data dalam broadcast network alias, satu pengirim bisa mengirimkan data yang sama ke banyak pengguna sekaligus. Di sisi lain, pengiriman data melalui internet umumnya menggunakan sistem point to point. Ini artinya, sistem hanya akan mengirimkan data yang Anda minta ke gawai Anda saja, tidak ke gawai atau pengguna lain. 
  • Internet memungkinkan komunikasi beberapa arah sekaligus (multiple communication) pada saat yang sama, sementara ethernet umumnya hanya bisa digunakan untuk komunikasi satu arah pada saat yang sama. Apabila dua komputer yang tersambung dengan kabel ethernet sama-sama mengirimkan data, bukan tidak mungkin data tersebut akan rusak. 

Dalam artikel ini bisa dilihat apa itu Internet dan ethernet, serta perbedaan di antara keduanya. Dari pembahasan di atas dapat disimpulkan bahwa internet dan ethernet adalah dua jaringan komputer yang saling melengkapi. 

Dengan internet, perusahaan Anda bisa berinteraksi dengan mitra luar negeri, entah itu melalui e-mail, zoom atau aplikasi lainnya. Di sisi lain, dengan ethernet, karyawan perusahaan Anda bisa dengan mudah saling berkirim dokumen yang dibutuhkan oleh perusahaan. 

Link net membantu menyediakan jaringan internet sekaligus jaringan ethernet dengan kualitas terbaik. Dengan jaringan internet dari Link Net, Anda bisa direct peering ke berbagai mitra international, transparansi performa ke berbagai mitra international, mengakses data secara cepat ke aplikasi cloud dan transfer data berukuran besar tanpa interupsi. Untuk lebih lengkapnya bisa cek layanan internet bisnis.

Dalam hal ethernet, Link Net juga menyediakan metro ethernet yang kualitasnya sudah terjamin oleh Metro Ethernet Forum (MEF). Tidak hanya berkualitas baik, kapasitas ethernet yang disediakan oleh Link Net juga bisa ditingkatkan sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Untuk lebih lengkapnya bisa cek di halaman datacomm metro ethernet.

Penulis: Farichatul Chusna.

Artikel Terkait
Artikel Lainnya
Lihat Semua Artikel Lainnya  
  Tautan Berhasil di Copy