Peran AI Bersama IoT dalam Mendukung Industri Manufaktur

Manufacture
Manufacture
Mar 25, 2022
Di Posting Pada 25 Mar 2022

Pemanfaatan IoT untuk mengoptimalkan produktivitas dalam industri manufaktur sudah menjadi hal yang umum dilakukan banyak perusahaan manufaktur. Sayangnya hal tersebut belum cukup efektif dan efisien untuk menekan biaya operasional. Untuk memaksimalkan peran IoT tersebut, maka banyak perusahaan manufaktur yang mulai mengombinasikannya dengan AI.

Kombinasi AI dan IoT dalam Industri Manufaktur

Secara sederhananya, AI (Artificial Intelligence) atau kecerdasan buatan adalah teknologi yang memungkinkan sebuah sistem untuk mengambil keputusan sendiri berdasarkan data dan algoritma yang telah di-input sebelumnya. Dalam industri manufaktur, ada beberapa contoh pemanfaatan AI yang dikombinasikan dengan IoT, antara lain:

End-to-end operations

AI dan IoT dapat berkombinasi untuk menciptakan end-to-end operations secara otomatis. Dari mulai pemantauan stok bahan baku dan penggunaannya, proses produksi dan pendeteksian masalah, hingga proses akhir. 

Fungsi ini sebenarnya sudah didapatkan dengan penggunaan IoT, tetapi dengan adanya AI maka proses pengolahan data menjadi semakin cepat. Tidak hanya itu, semua data yang ditampilkan adalah real time sehingga perusahaan dapat segera mengantisipasi ketika menemukan ketidakberesan. AI juga memungkinkan perangkat yang berbeda dapat saling terkoneksi dan bekerja sama tanpa adanya campur tangan manusia.

Robots

Robot merupakan bentuk AI yang saat ini banyak digunakan oleh berbagai bidang usaha, termasuk industri manufaktur. Memang kehadiran robot sebagai pengganti tenaga kerja manusia mengundang pro dan kontra. Banyak orang yang takut kehilangan pekerjaannya karena akan digantikan dengan robot. Namun sebenarnya, kehadiran robot sangat bermanfaat bagi perusahaan dan bisa dikombinasikan juga dengan tenaga kerja manusia.

Robot mampu bekerja secara penuh 24 jam dan hanya berhenti bekerja pada masa maintenance. Selain itu, kualitas yang dihasilkan juga dapat diatur agar konsisten dan memenuhi standar yang telah ditetapkan. Hal ini yang agak sulit didapatkan dengan menggunakan tenaga kerja manusia. Namun, bukan berarti kemudian tenaga kerja manusia tidak lagi dibutuhkan. Beberapa pekerjaan tetap membutuhkannya, seperti bidang pemasaran, keuangan, dan IT yang akan berperan mengelola IoT serta AI agar selalu berfungsi sempurna.

Manfaat AI dan IoT dalam Industri Manufaktur

Kehadiran AI dan IoT yang saling berkombinasi jelas memberikan manfaat bagi industri manufaktur, di antaranya:

  1. Mengurangi downtime
  2. Menghemat biaya operasional
  3. Konsistensi kualitas
  4. Meningkatkan efisiensi produksi

Namun, untuk dapat menjalankan fungsinya secara optimal maka memilih provider internet yang dapat menawarkan koneksi internet cepat merupakan hal yang sangat penting. Sebab, meskipun hanya sebentar tetapi matinya koneksi internet dapat menyebabkan downtime dan berdampak pada operasional secara keseluruhan. Dengan koneksi internet yang cepat dan stabil serta teknologi AI yang sesuai, maka perusahaan manufaktur Anda akan lebih siap menghadapi kompetisi yang sangat ketat saat ini.

Artikel Terkait
Artikel Lainnya
Lihat Semua Artikel Lainnya  
  Tautan Berhasil di Copy