Penerapan IoT untuk Semua Segmen Industri

General Business
General Business
Nov 27, 2023
Di Posting Pada 27 Nov 2023

Seiring perkembangan teknologi, Internet of Things (IoT) semakin membuka banyak peluang bisnis. Apalagi teknologi demikian juga sudah banyak diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari melalui koneksi smartphone atau perangkat lainnya. 

Bagaimana sesungguhnya IoT membuka peluang bisnis dan industri? Simak informasi berikut ini.

Pemanfaatan IoT dalam Bidang Industri

Tak bisa dipungkiri bila penerapan IoT membuka peluang di sektor bisnis dan industri. Dalam bidang industri, peran IoT diperlukan untuk mendapatkan keuntungan-keuntungan berikut:

1. Meningkatkan pemantauan dan pemeliharaan perangkat

Keuntungan Internet of Things (IoT) dalam sektor industri berkaitan dengan perangkat pintar dan sensor yang ada dalam teknologi ini. IoT membantu pemeliharaan perangkat dengan memantau kondisi kerjanya. Jadi, peralatan yang tiba-tiba berhenti bekerja dapat dicegah dengan bantuan IoT. Sensor khusus dalam teknologi ini juga dapat menjaga alat agar tetap berfungsi dengan baik.

Bidang industri akan diuntungkan dalam mengelola jaringan fisik. Hal ini dapat memudahkan pemantauan di berbagai lapisan infrastruktur dan jaringan yang digunakan perusahaan, karyawan, maupun pelanggan.

2. Mempermudah untuk memprediksi kebutuhan

Berkaitan dengan keuntungan sebelumnya, teknologi IoT mampu mengantisipasi masalah teknis. Keunggulan ini hadir berkat kemampuannya dalam menyusun laporan riwayat melalui data yang ada. 

Sebagai contoh, informasi seputar pemeliharaan aset bisa disandingkan dengan data yang terkumpul. Hal tersebut dapat membantu memprediksi kebutuhan pemeliharaan di masa yang akan datang.

3. Membantu kontrol operasional

Ingin memperbaiki atau meningkatkan kontrol proses operasional? Coba pertimbangkan menggunakan teknologi IoT.

IoT memungkinkan penggabungan data, kecerdasan buatan, dan juga machine learning. Dengan demikian, kontrol otomatis dapat dilakukan berkat kemampuan tersebut.

4. Menyempurnakan produk

Berbagai jenis industri dapat menggunakan teknologi IoT untuk menyempurnakan layanan dan produk mereka. Ketika terdapat gangguan yang sampai membuat pelanggan terlibat, IoT dapat menjadi solusinya. Teknologi ini seakan menutup “celah” yang terjadi pada pelanggan.

Sebagai contoh pada industri properti, jika para pelaku bisnis ingin mendapatkan keuntungan yang lebih, maka produk dari smart home system dapat menjadi solusi. Dimana smart home system dilengkapi dengan IoT untuk memberikan kenyamanan bagi para pelanggan saat membeli properti.

5. Memberikan informasi secara real-time

Selain dapat menyempurnakan layanan dan produk suatu bisnis, berkat teknologi IoT, pelaku bisnis dapat memberikan informasi dua arah secara real-time.

Anda dapat memperoleh data yang dikumpulkan oleh perangkat IoT untuk mengetahui apa yang dibutuhkan pelanggan. Dengan begitu, perencanaan dan eksekusinya juga dapat dilakukan lebih cepat.

Demikianlah informasi mengenai penerapan IoT dalam sektor bisnis dan industri. Untuk tingkatkan inovasi dan bangun pengalaman yang sesuai, Anda dapat menggunakan layanan IoT untuk meningkatkan efisiensi bisnis dengan solusi dari Link Net.

Artikel Terkait
Artikel Lainnya
Lihat Semua Artikel Lainnya  
  Tautan Berhasil di Copy