Apakah Semua Perusahaan Membutuhkan Data Center?

General Business
General Business
May 20, 2022
Di Posting Pada 20 May 2022

Data merupakan hal yang sangat penting bagi perusahaan. Melansir dari situs Acronis.com, sebuah perusahaan yang kehilangan data dalam jumlah kecil saja (sekitar 100 data hilang atau diretas) dapat menyebabkan kerugian sekitar $18.120 hingga $35.730, tergantung pada skala perusahaan dan nilai data yang hilang. Dari informasi tersebut dapat terlihat bahwa menjaga keamanan data sangatlah penting, salah satunya dengan memanfaatkan data center.

Pentingnya Data Center Bagi Perusahaan

Secara sederhananya, data center adalah ruangan fisik yang memiliki fungsi untuk menyimpan data serta aplikasi dan terpusat pada satu lokasi. Perusahaan penyedia layanan data center ini akan bertanggung jawab dalam menyimpan, mengelola, memproses, dan menjaga serta memastikan keamanan semua data yang tersimpan di dalamnya.

Mengingat bahwa semua aktivitas dalam perusahaan pasti berhubungan dengan data, maka perusahaan pastilah membutuhkan data center untuk memusatkan semua data yang dimiliki. Dengan begitu, akan lebih mudah bagi perusahaan dalam melakukan pengelolaan data. Terutama untuk bisnis yang memproses data dalam jumlah besar setiap harinya.

Namun, apakah data center ini lebih baik dibangung sendiri atau menggunakan pihak ketiga? Berikut ini adalah berbagai keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan memanfaatkan provider data center dibanding membangun sendiri, yaitu:

Lokasi data center

Menentukan lokasi data center bukanlah sesuatu yang mudah. Terlebih jika skala perusahaan Anda cukup besar sehingga memiliki cukup banyak server dan membutuhkan lahan yang luas. Sebab, data center harus berada di lokasi yang jauh dari area rawan bencana alam. Tidak hanya itu, masih banyak lagi persyaratan lain yang harus terpenuhi untuk sebuah lokasi data center.

Jika Anda menggunakan provider data center, maka hal ini tidak perlu Anda khawatirkan. Sebab lokasinya sudah pasti berada di area yang aman dan memenuhi semua persyaratan wajib untuk sebuah data center.

Menghemat biaya

Mengelola data center bukan hal yang mudah. Dibutuhkan tim IT profesional yang harus mampu membangun infrastruktur sempurna sehingga dapat selalu berfungsi dengan baik. Tidak hanya itu, setelahnya tim IT tersebut juga harus mampu mengelola data center setiap waktu untuk memastikan kinerjanya selalu optimal sehingga tidak terjadi downtime. Hal ini tentu akan membutuhkan banyak biaya dalam penyediaan SDM dan juga perangkat untuk mendukung pembangunan infrastruktur.

Namun, dengan menggunakan provider data center maka seluruh biaya yang terkait dengan pengelolaan data akan sesuai dengan kesepakatan perusahaan dengan provider data center. Ketika suatu saat terjadi masalah, maka provider data center yang akan bertanggung jawab tanpa adanya biaya tambahan (tergantung perjanjian) sehingga lebih mudah bagi perusahaan dalam membuat perencanaan keuangan.

Keamanan terjamin

Provider data center akan menjamin keamanan data yang tersimpan di dalamnya, baik dari risiko cyber attack maupun risiko lainnya, seperti kerusakan fisik atau pencurian fisik. Provider data center juga akan melakukan pemantauan serta update secara berkala agar bisa segera mengambil langkah antisipasi ketika terdeteksi adanya potensi downtime akibat suatu hal. Tidak hanya itu, provider data center juga memberikan jaminan recovery data secara cepat jika terjadi suatu masalah sehingga perusahaan tidak akan mengalami downtime dalam jangka panjang akibat masalah pada akses data.

Provider Data Center untuk Cegah Downtime

Berbagai keuntungan menggunakan pihak ketiga atau provider data center di atas bisa didapatkan jika perusahaan menggunakan provider yang mampu bekerja secara profesional. Sebab pengelolaan data merupakan hal yang rumit dan sensitif, sehingga perusahaan harus sangat waspada saat menentukan provider data center yang akan digunakan. Pemilihan provider yang tepat tidak hanya bisa membantu mencegah terjadi downtime, tetapi juga bisa meningkatkan kredibilitas perusahaan di mana konsumen.

Untuk keamanan perusahaan, Anda bisa menggunakan data center dari Link Net. Tidak hanya menjamin keamanan, data center Link Net juga menawarkan fleksibilitas yang tinggi, serta didukung koneksi dedicated internet yang stabil sehingga dapat terhindar dari masalah downtime. Bersama dengan Link Net, Anda bisa memaksimalkan pengelolaan data dengan lancar dan aman.

Artikel Terkait
Artikel Lainnya
Lihat Semua Artikel Lainnya  
  Tautan Berhasil di Copy