Menilik Fitur-Fitur Unggulan Telepon Kantor Berbasis IP

Telecommunication
Telecommunication
May 12, 2022
Di Posting Pada 12 May 2022

Telepon kantor berbasis IP merupakan media komunikasi intra-perusahaan yang mentransmisikan suara dan konten multimedia melalui koneksi internet. Dikenal juga dengan nama VoIP (voice over Internet Protocol), telepon kantor ini memungkinkan pengguna melakukan panggilan suara dari komputer atau laptop, smartphones, perangkat VoIP khusus, browser yang didukung WebRTC, juga perangkat seluler lainnya.

Cara Kerja dan Fitur Unggulan VoIP

Telepon kantor berbasis IP bekerja dengan cara mengubah suara penelepon dari sinyal audio menjadi data digital kemudian mengirimkannya melalui koneksi internet perusahaan (TechTarget). Apabila penerima panggilan menggunakan saluran telepon biasa, data digital itu akan diubah kembali menjadi sinyal audio sebelum mencapai penerima panggilan.

Laman Business News Daily mengungkapkan bahwa satu daya tarik utama VoIP adalah banyaknya fitur yang ditawarkannya. Berikut adalah fitur-fitur unggulan VoIP tersebut:

Komunikasi yang terpadu

VoIP disebut sebagai solusi komunikasi yang terpadu lantaran kebolehannya untuk menggabungkan sistem telepon kantor, pesan suara, pesan instan atau chat, konferensi video dan faks, serta memungkinkan integrasi dengan surel (e-mail), aplikasi web, media sosial, dan perangkat CRM (customer relationship management).

Konferensi video

Sejak pandemi, sistem kerja jarak jauh sudah awam diaplikasikan oleh banyak perusahaan. Kondisi ini tentu membuat perkantoran membutuhkan solusi konferensi video yang andal dan mudah diakses untuk berkorespondensi masalah pekerjaan. Berhubung VoIP sudah terkoneksi langsung dengan internet kantor, perusahaan tidak lagi perlu menambah biaya untuk memenuhi kebutuhan itu.

Panggilan internasional

VoIP memungkinkan karyawan perusahaan untuk melakukan panggilan internasional tanpa biaya. Sebab, telepon kantor berbasis IP ini sudah tersambung ke internet kantor. Selain itu, rata-rata penyedia layanan VoIP memberi fitur ini secara cuma-cuma alias gratis.

Tersambung ke berbagai perangkat

Satu nomor VoIP dapat dipasang di beberapa perangkat sekaligus; mulai dari perangkat VoIP, laptop atau komputer, sampai smartphone. Ketika ada panggilan masuk, semua perangkat itu akan berdering dan penerima panggilan dapat memilih untuk menjawab dari perangkat yang mana. Selain itu, panggilan VoIP juga dapat ditransfer antarperangkat.

Dilengkapi AI

Kecerdasan buatan atau AI telah menjadi bagian dari kehidupan modern, tak terkecuali telepon kantor berbasis IP. Contoh layanan artificial intelligence (AI) yang diaplikasikan pada VoIP adalah speech-to-text dan analisis sentimen.

Penjawab otomatis

Auto attendant atau penjawab otomatis merupakan fitur penjawab panggilan otomatis yang awam dipunyai saluran telepon bisnis. Fitur ini nantinya akan meneruskan panggilan masuk ke individu yang menjadi tujuan panggilan. Dengan begitu, perusahaan tidak perlu lagi mempekerjakan petugas khusus bagian ini.

Pesan suara-ke-surel

Pesan suara-ke-surel adalah fitur yang menyalin pesan suara dan mengirimkannya sebagai file audio ke alamat surel (e-mail). Fitur ini memungkinkan penerima mengakses file audio di kotak masuk surelnya, alih-alih di kotak pesan suaranya. Dengan begitu, file audio bisa dibuka terus-menerus selama pesan itu masih ada di kotak masuk.

Di luar beberapa fitur unggulan di atas, telepon kantor berbasis IP juga menawarkan fitur pesan instan atau chat, kolaborasi (berbagi file dan lainnya), serta integrasi antar-cloud. Yang paling menarik, semua fitur unggulan di atas dibanderol dengan harga yang relatif murah jika dibandingkan dengan perangkat komunikasi telepon lainnya. Tak ayal, VoIP kini menjadi pilihan utama banyak perusahaan dari berbagai sektor industri.

Bila perusahaan Anda membutuhkan telepon kantor berbasis IP, Link Net memiliki layanan komunikasi suara berupa VoIP yang dapat dikoneksikan ke dedicated internet Link Net. Segera hubungi kami untuk mendapatkan informasi lengkapnya. 

Artikel Terkait
Artikel Lainnya
Lihat Semua Artikel Lainnya  
  Tautan Berhasil di Copy