Mengenal Layanan IP Transit serta Berbagai Keunggulannya

Telecommunication
Telecommunication
Apr 28, 2022
Di Posting Pada 28 Apr 2022

Ketika seorang pengguna (user) mengakses internet, data yang ia kirim maupun terima harus melewati atau transit di satu atau lebih jaringan pihak ketiga sebelum sampai ke jaringan tujuan. Jaringan yang dimiliki oleh penyedia layanan internet (ISP) ini akan menghubungkan jaringan internal user ke user di jaringan lain yang dituju. Dengan demikian, IP Transit adalah layanan lalu lintas data pada jaringan ketiga milik penyedia layanan internet.

Tingkatan Penyedia Layanan IP Transit

Melansir laman IAES, layanan IP Transit terbagi ke dalam tiga tingkatan, yaitu:

  • Tingkat 1. Penyedia layanan IP Transit Tingkat 1 adalah ISP yang memiliki jangkauan global. Tingkat ini hanya diisi oleh enam penyedia jaringan besar yang saling bekerja sama untuk menghubungkan internet di seluruh dunia. Keenam jaringan ini memiliki latensi satu hop satu sama lain serta jaringan lebih kecil yang dikenai biaya khusus.
  • Tingkat 2. Penyedia layanan IP Transit Tingkat 2 merupakan ISP dengan jaringan besar di beberapa lokasi fisik dan pusat data. Sama seperti Tingkat 1, penyedia di tingkat ini juga saling peer (atau bekerja sama) satu sama lain untuk memperluas kemampuan mereka mengirimkan data dan menghindari biaya setinggi pada Tingkat 1.
  • Tingkat 3. Penyedia layanan IP Transit Tingkat 3 adalah ISP lokal atau regional yang memiliki jangkauan lebih kecil dan jumlah klien lebih sedikit. Penyedia di tingkat ini pada umumnya membeli IP Transit dalam jumlah kecil dari penyedia Tingkat 2.

Keunggulan Layanan IP Transit

Lantas, apa sajakah keunggulan dari IP Transit? Simak uraiannya di bawah ini:

Pertukaran informasi yang lebih cepat

Seperti yang telah dijelaskan di atas, IP Transit berperan layaknya jembatan antara jaringan pengirim data dan jaringan tujuan data. Hal ini tentunya membuat jumlah langkah (hop) yang dibutuhkan jaringan pengirim menjadi lebih pendek lantaran tidak lagi perlu melewati IP Transit Tingkat 1 terlebih dahulu. Pada akhirnya, latensi meningkat dan pertukaran informasi menjadi lebih cepat.

Akses langsung ke infrastruktur vital ISP

Keunggulan berikutnya dari layanan IP Transit adalah adanya akses langsung konsumen atau users ke infrastruktur teknologi informasi (TI) vital milik ISP. Mengutip laman Channel Drive, hal ini memungkinkan apabila konsumen tersebut menggunakan layanan infrastruktur TI milik ISP sekaligus layanan IP Transit ISP tersebut.

Artinya, konsumen berpotensi mendapatkan konektivitas internet secepat penyedia layanan internet tersebut. Pada konsumen skala organisasi atau perusahaan, keunggulan ini juga akan memungkinkan perusahaan memiliki pengalaman pengguna (user experience) yang konsisten di jenis jaringan apa pun terlepas dari lokasinya.

Konektivitas berulang

Alih-alih mentransfer lalu lintas data melalui satu koneksi fisik, layanan IP Transit akan menyediakan beberapa koneksi fisik dari jaringan milik ISP menuju jaringan tujuan. Aktivitas inilah yang disebut dengan konektivitas berulang atau redundant connectivity.

Alhasil, layanan IP Transit dari berbagai ISP tidak akan rentan mengalami gangguan jalur tunggal. Pun jika ada satu koneksi yang terputus atau memburuk, sistem peralihan yang dipasang di tempat konsumen organisasi dapat mengganti koneksi itu secara instan.

Demikianlah ulasan mengenai layanan IP Transit serta berbagai keunggulannya. Untuk tahu tingkat IP Transit mana yang paling sesuai dengan kebutuhan perusahaan, Anda dapat berkonsultasi dengan tim ahli dari penyedia layanan internet. Pasalnya, layanan ini dapat diatur sesuai kebutuhan perusahaan Anda.

Link Net selaku provider internet kantor memiliki layanan IP Transit yang dapat membantu kelancaran transfer data dan komunikasi dalam perusahaan Anda. Bersama tim ahli yang berpengalaman, kami siap memenuhi kebutuhan konektivitas perusahaan Anda.

Artikel Terkait
Artikel Lainnya
Lihat Semua Artikel Lainnya  
  Tautan Berhasil di Copy