Menentukan Bandwidth Internet untuk Memaksimalkan Efektivitas Kerja

Telecommunication
Telecommunication
Feb 10, 2022
Di Posting Pada 10 Feb 2022

Bandwidth merupakan salah satu faktor penentu kinerja sebuah jaringan. Sederhananya, bandwidth bisa diibaratkan seperti pipa saluran air. Ketika ukuran pipa besar, maka volume air yang mengalir bisa lebih banyak dibandingkan dengan pipa berukuran kecil. Pada bandwidth, ketika ukurannya besar maka akan semakin banyak data yang bisa dikirimkan dalam waktu bersamaan.

Menentukan Bandwidth yang Dibutuhkan

Dari penjelasan di atas, sudah jelas bahwa bandwidth yang besar dapat mengurangi risiko lambatnya kinerja jaringan sehingga produktivitas tidak akan terganggu. Namun, bandwidth besar artinya semakin tinggi juga biaya yang harus dibayarkan oleh perusahaan. Itulah mengapa perusahaan harus mengetahui perkiraan bandwidth yang dibutuhkan agar efektivitas kerja terjaga dengan biaya IT tetap efisien.

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa dijadikan penentu kebutuhan bandwidth:

Jumlah user dan pemanfaatan

Tingginya jumlah pengguna dalam sebuah jaringan artinya akan meningkatkan kebutuhan bandwidth. Terutama dalam sebuah perusahaan ketika jaringan akan digunakan oleh para karyawan secara bersamaan di jam kerja.

Namun, untuk apa pemanfaatan jaringan juga dapat mempengaruhi penggunaan bandwidth. Misalnya dalam sebuah perusahaan terdapat 10 user yang secara aktif menggunakan koneksi internet untuk streaming, maka kebutuhan bandwidth bisa lebih tinggi dibandingkan dengan perusahaan dengan 15 user yang hanya menggunakan untuk browsing atau mengirimkan email.

Spesifikasi aplikasi

Saat ini semakin banyak perusahaan yang memanfaatkan SaaS (software as a service) karena berbagai alasan. SaaS sendiri merupakan perangkat lunak berbasis internet yang dapat diakses atau digunakan tanpa perlu mengunduh installer dan memasangnya pada perangkat keras. Kondisi ini tentu akan mempengaruhi pemakaian bandwidth perusahaan karena semua proses akan dilakukan dengan memanfaatkan koneksi internet.

Selain itu, ketika perusahaan menggunakan aplikasi atau software yang di-install tetapi membutuhkan koneksi internet untuk kerjanya, maka hal ini juga akan membutuhkan bandwidth secara rutin. Artinya, perusahaan perlu mempertimbangkan koneksi internet dengan bandwidth besar jika memanfaatkan software berbasis internet.

Provider internet seringkali memiliki data penggunaan bandwidth dari pelanggannya yang selama periode tertentu. Perusahaan dapat menganalisa efektivitas dan efisiensi bandwidth yang sedang digunakan saat ini dengan penggunaan aktualnya untuk kemudian disesuaikan. Namun hal yang harus diingat adalah, ukuran batas bandwidth nyata yang ada mungkin akan sedikit berbeda dengan batasan bandwidth yang Anda terima dalam iklan. Jadi sebaiknya pilih paket dengan ukuran bandwidth lebih tinggi dari yang dibutuhkan.

Dedicated Internet Penuhi Kebutuhan Kapasitas Internet yang Besar

Jika Anda membutuhkan internet dengan kapasitas bandwidth besar dan stabil, maka dedicated internet bisa menjadi pilihan yang tepat. Tidak hanya menawarkan bandwidth tinggi dan stabil, tetapi internet ini juga menerapkan symmetrical bandwidth dengan rasio 1:1 untuk kecepatan upload maupun download. Jadi, apapun aktivitas bisnis yang dilakukan kecepatan internet akan tetap sama.

Artikel Terkait
Artikel Lainnya
Lihat Semua Artikel Lainnya  
  Tautan Berhasil di Copy