Fungsi Strategis Cloud Computing dalam Industri Manufaktur

Manufacture
Manufacture
Jun 03, 2022
Di Posting Pada 03 Jun 2022

Penggunaan cloud computing untuk berbagai industri sebenarnya sudah menjadi hal yang umum. Terlebih ketika dunia dihadapkan pada situasi pandemi, penggunaan teknologi ini menjadi semakin diminati para pelaku bisnis, terutama industri manufaktur.

Pemanfaatan Cloud Computing dalam Industri Manufaktur

Melansir dari situs Forbes, pada tahun 2021 87% industri manufaktur memanfaatkan cloud computing. Biasanya industri ini memanfaatkan teknologi tersebut dengan difokuskan pada teknologi informasi, yaitu fungsi:

  1. Penyimpanan dan pencadangan
  2. Sistem perencanaan sumber daya
  3. Pemulihan bencana (Cloud Disaster Recovery)

Namun, cloud computing juga memegang peran penting dalam mengoneksikan sistem dalam produksi industri manufaktur serta mendukung transformasi digital perusahaan. Tentunya peralihan menjadi cloud based memberikan keuntungan bagi perusahaan, sehingga semakin banyak yang menerapkannya. Berikut ini adalah beberapa keuntungannya:

Mampu Bertindak Cepat

Dengan memanfaatkan cloud maka perusahaan mampu untuk mengumpulkan semua data yang dibutuhkan sebagai bahan analisis. Tidak hanya yang berada di lokasi sama saja, tetapi juga dari berbagai lokasi berbeda. Hal ini akan membantu pihak perusahaan maupun karyawan untuk mengambil sebuah keputusan berdasarkan semua data tersebut. Jadi perusahaan dapat bekerja lebih optimal dan meminimalisir adanya penundaan akibat masalah pada data.

Biaya Lebih Hemat

Jika perusahaan menerapkan sistem traditional on-premise, perusahaan harus menyiapkan dana yang tidak sedikit baik untuk kebutuhan perangkat infrastruktur IT yang akan dibangun maupun sumber daya manusia yang akan mengelolanya. Namun dengan cloud, perusahaan bisa memotong banyak biaya karena perusahaan hanya membayar sesuai dengan service yang digunakan saja. Jika seandainya perusahaan membutuhkan layanan yang lebih lengkap, maka perusahaan biasa menyesuaikannya.

Lebih Fokus

Perusahaan dapat lebih fokus dalam pengembangan serta pengaplikasian inovasi produk. Sebab perusahaan tidak perlu pusing memikirkan infrastruktur IT maupun pusat data yang digunakan untuk pengelolaan data. Selain itu, pengumpulan data yang terpusat dan bisa diakses dari mana saja juga bisa menjadi dasar dalam pengembangan inovasi produk.

Mendukung Globalisasi

Setiap usaha pasti ingin terus berkembang, apalagi industri manufaktur. Ketika perusahaan Anda berkembang secara global, cloud computing dapat mendukung perkembangan ini karena sistem kerjanya yang berbasis internet.

Ramah Lingkungan

Menerapkan cloud untuk media berbagi data dan informasi dapat mengurangi penggunaan kertas. Sebab semua informasi dapat langsung dibagikan tanpa harus dicetak terlebih dahulu sehingga lebih ramah lingkungan. Tidak perlu khawatir dengan keamanan aksesnya, karena Anda dapat menentukan hak akses dari pihak yang menerima data Anda.

Untuk Anda yang belum bertransformasi ke dunia digital dan sedang merencanakannya, atau sudah melakukannya namun ingin mencari alternative cloud provider lain, Link Net bisa menjadi pilihan yang tepat. Layanan cloud dari Link Net dirancang untuk memberi akses yang mudah, skalabilitas tinggi, dan fleksibel. Biaya yang dibebankan juga terjangkau sesuai dengan layanan yang digunakan dan dapat di-adjust sesuai dengan kebutuhan serta perkembangan perusahaan. Bersama dengan Link Net, perusahaan Anda bisa bertransformasi digital dengan lancar dan mudah.

Artikel Terkait
Artikel Lainnya
Lihat Semua Artikel Lainnya  
  Tautan Berhasil di Copy