Bahaya Cyber Attack dan Cara Menghindarinya!

General Business
General Business
Sep 16, 2022
Di Posting Pada 16 Sep 2022

Sistem perusahaan ataupun organisasi berpotensi diretas. Dengan terjadinya cyber attack yang ada di Indonesia memperlihatkan bahwa hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada bisnis Anda yang tentunya akan mempengaruhi keuntungan serta reputasi dan kepercayaan yang sudah Anda bangun bertahun-tahun terhadap konsumen. 

Di dalam artikel ini akan lebih membahas dan memahami apa saja dampak dari cyber attack serta bagaimana cara untuk mencegahnya, agar hal-hal tersebut tidak terjadi. Simak penjelasannya di sini.

Dampak Cyber Attack Terhadap Bisnis

1. Kebocoran informasi rahasia pelanggan dan informasi bisnis penting

Data merupakan hal paling penting dan bersifat rahasia dalam suatu organisasi. Hanya orang di dalam organisasi atau perusahaan yang mendapatkan akses terhadap data rahasia, seperti data pelanggan, informasi bisnis, catatan karyawan, dan lain-lain. Cyber attack dapat mengakibatkan orang lain dapat melihat bahkan mengakses data rahasia perusahaan Anda atau bahkan hal ini juga bisa terjadi akibat malware yang diperkenalkan melalui serangan yang dapat menghapus dan mengubah-ubah database. Hal ini akan menyebabkan perusahaan menghabiskan banyak waktu, uang, dan sumber daya lainnya dalam mengatasi masalah cyber attack ini. 

2. Cyber Attack dapat Menghilangkan Kepercayaan Pelanggan

Kepercayaan pelanggan adalah aset yang intangible dan butuh usaha besar untuk bisa berlanjut. Selain hal di atas, cyber attack ini juga dapat berakibat hilangnya kepercayaan pelanggan. Bukan hanya pelanggan, kepercayaan pemegang saham, merek, dan yang terkait dengan bisnis Anda juga dapat hilang. 
Apabila data perusahaan seperti data pelanggan berhasil diretas, maka hal ini akan menyebabkan hal kriminal seperti pencurian identitas dan lain lain. Bisa dilihat kasus-kasus seperti Yahoo yang mendapatkan kerugian akibat kebocoran data pengguna, dan masih banyak contoh lainnya. 

3. Cyber Attack Membawa Risiko Keberlanjutan Bisnis

Cyber attack akan membuat bisnis Anda menghabiskan banyak uang, termasuk perusahaan besar yang sudah punya infrastruktur dan sumber daya untuk pulih dari serangan. Tapi bagaimana dengan perusahaan medium atau kecil? Kebanyakan dari mereka akan tutup akibat cyber attack yang berhasil ini. Sehingga sebagai pelaku bisnis Anda harus bisa menjaga kelangsungan bisnis secara jangka panjang. 

Cara Mencegah Cyber Attack

Ada beberapa pencegahan yang bisa dilakukan untuk menghindari terjadinya cyber attack, diantaranya sebagai berikut: 

1. Melakukan Pelatihan Terhadap Karyawan

Cara paling umum yang dilakukan adalah dengan mendapatkan akses ke data melalui karyawan. Seperti contoh, ada seseorang yang mengirim email dan meminta data pribadi atau akses file tertentu. Oleh karena itu karyawan di dalam organisasi harus paham seperti tidak klik link yang tidak dikenal dan berhati-hati dalam mengirim informasi sensitif.
Mengevaluasi posisi keamanan secara menyeluruh untuk melindungi infrastruktur IT Anda dari serangan cyber. Penetration test, solusi bagi Anda untuk berada pada posisi teraman dan mengatasi kerentanan lebih cepat.

2. Kontrol Akses ke Sistem

Penting untuk mengontrol siapa sajakah yang punya akses ke dalam komputer ataupun data base Anda. Memasang suatu sistem keamanan adalah cara yang tepat untuk menghindari dan menghentikan kejahatan cyber ini. 

3. Gandeng Mitra yang Expertise untuk Perlindungan

Menggandeng mitra atau partner yang sudah expertise di bidang ini bisa untuk mengurangi risiko ada nya cyber attack. Dengan adanya partner kamu bisa melakukan penilaian keamanan dengan cepat untuk membantu Anda menghindari insiden yang dapat mempertaruhkan reputasi dan keandalan perusahaan melalui sistem dan engineer yang kompeten.

Memang terlihat tidak gampang untuk memulai melindungi organisasi atau bisnis Anda dari cyber attack. Banyaknya informasi juga akan membuat Anda kewalahan dalam menyaring mana info yang benar. Sehingga Anda membutuhkan solusi yang tepat dalam menjaga keamanan dengan penetration test.  Pentest Link Net sudah memiliki ISO 27001-2013 & Indeks KAMI, yang dapat dengan cepat mengevaluasi kerentanan dan membantu Anda menghindari insiden yang dapat mempertaruhkan reputasi dan keandalan perusahaan melalui sistem dan engineer yang kompeten. Baca selengkapnya dan daftar sekarang di sini!

Artikel Terkait
Artikel Lainnya
Lihat Semua Artikel Lainnya  
  Tautan Berhasil di Copy