Apa Itu Layanan Satellite Broadband

Telecommunication
Telecommunication
Jun 09, 2022
Di Posting Pada 09 Jun 2022

Kata “broadband” mengacu pada transmisi data bandwidth (pita lebar) yang dapat membawa banyak sinyal dari berbagai frekuensi dan jenis lalu lintas internet di waktu yang sama. Dalam konteks akses internet, satellite broadband merupakan layanan koneksi internet berkecepatan tinggi dan selalu aktif yang menggunakan media satelit.

Dengan demikian, konektivitas ini bekerja dengan cara mentransmisikan gelombang radio ke satelit buatan yang mengorbit Bumi melalui parabola yang ada di dekat hunian atau lokasi penggunanya. Mengutip laman Which.co.uk, layanan ini sebetulnya mirip dengan satelit televisi. Hanya saja, satellite broadband bisa juga mengirim atau mengunggah data ke satelit di atmosfer Bumi.

Kecepatan satellite broadband

Kecepatan satellite broadband tentunya bervariasi menurut tiap penyedia layanan. Akan tetapi, rata-rata konektivitas ini mampu memberikan kecepatan mengunduh hingga 20 Mbps. Jika ingin dikomparasikan dengan koneksi media serat optik, angka ini memang cukup “tertinggal”.

Namun, internet satelit punya keunggulan utama mampu menjangkau semua area di Bumi; hingga wilayah terpencil sekalipun. Tak hanya itu, koneksi internet satelit juga punya kebutuhan infrastruktur darat yang relatif sedikit dan murah bila dibandingkan dengan jenis-jenis koneksi lainnya.

Keuntungan satellite broadband untuk bisnis

Lalu, adakah keuntungan satellite broadband untuk bisnis? Tentunya ada. Berikut adalah beberapa di antaranya:

Terkoneksi setiap saat

Seperti yang telah disinggung di atas, koneksi internet satelit akan membolehkan penggunanya untuk selalu terkoneksi tanpa gangguan geografis. Hal ini sangatlah penting buat berbagai sektor industri juga lini bisnis di wilayah terpencil atau jauh dari daratan. Contohnya adalah pekerja di kawasan pengelolaan hutan atau pengeboran lepas pantai.

Dengan koneksi satellite broadband, pekerja-pekerja tersebut tetap bisa berkomunikasi dengan ‘dunia luar’ meski mereka berada di pedalaman atau tengah laut.

Konektivitas yang konsisten

Tak cukup dengan menjadi layanan yang terhubung setiap saat, satelit internet juga dapat memberikan konektivitas yang konsisten. Hal ini bisa terwujud berkat penggunaan satelit, alih-alih infrastruktur di darat yang dapat terganggu di medan atau lokasi geografis tertentu. Pada akhirnya, pengguna internet satelit bisa terus terhubung dengan koneksi yang konsisten pula.

Dapat menyokong komunikasi darurat

Musibah berupa bencana alam adalah satu contoh situasi genting yang bisa mengganggu operasional bisnis Anda. Mulai dari sarana dan prasarana kantor hingga jalur komunikasi, semuanya dapat terhenti secara mendadak.

Untungnya, perangkat komunikasi satelit tidak rentan terhadap kondisi seperti itu. Sebaliknya, konektivitas satelit – termasuk satellite broadband – acap kali menjadi opsi komunikasi darurat ketika ada bencana alam. Dengan begitu, pelaku bisnis dapat tetap terhubung dan kerugian bisnis karena bencana dapat direduksi.

Begitu banyak fitur serta manfaat satellite broadband untuk bisnis yang telah kita ketahui. Koneksi yang juga dikenal dengan nama internet VSAT ini bisa Anda dapatkan dari kami. Dengan infrastruktur HTS Payload serta 56 spot beam di darat juga lautan, Link Net siap memenuhi kebutuhan internet satelit perusahaan Anda.

Artikel Terkait
Artikel Lainnya
Lihat Semua Artikel Lainnya  
  Tautan Berhasil di Copy