Apa Itu DWDM dan Keuntungannya Bagi Perusahaan?

Telecommunication
Telecommunication
Jun 15, 2022
Di Posting Pada 15 Jun 2022

Salah satu permasalahan yang dihadapi dalam pemanfaatan teknologi internet adalah bandwidth. Sebab untuk mendapatkan koneksi yang kuat, bandwidth harus cukup besar tetapi artinya biaya yang harus dibayar juga meningkat. Untuk mengatasi masalah ini, inovasi teknologi seperti DWDM dipilih sebagai salah satu penyelesaiannya.

Pengertian Teknologi WDM dan DWDM

DWDM (Dense Wavelength Division Multiplexing) adalah salah satu dari dua tipe WDM (Wavelength Division Multiplexing). WDM sendiri merupakan teknik transmisi serat optik yang memungkinkan dua atau lebih panjang gelombang cahaya (light wavelength) merambat pada satu serat dan beberapa sinyal dapat ditransmisikan pada wavelength yang berbeda pada spektrum optik. Atau lebih sederhananya yaitu teknologi ini merupakan teknologi multiplexing optic yang dirancang untuk meningkatkan bandwidth. Melalui teknologi ini, beberapa aliran data dapat dikirim melalui satu jaringan dengan mengemas data dan kemudian didistribusikan pada berbagai panjang gelombang dalam satu serat.

DWDM sering didefinisikan sebagai frekuensi dan biasanya digunakan untuk sistem dengan lebih dari 8 wavelength per serat. DWDM mampu memotong spektrum secara halus dan menyesuaikan saluran 40-plus ke dalam rentang frekuensi C-band. DWDM bahkan mampu mentransmisikan lebih dari 40 wavelength dari jarak tetap ke dalam spektrum C-band pada serat optik.

Keuntungan Pemanfaatan DWDM untuk Perusahaan

Pemanfaatan DWDM pada perusahaan dapat memberikan beragam keuntungan terkait jaringan komunikasi dan pengiriman data. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah beberapa di antaranya:

Meningkatkan kapasitas

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, teknologi DWDM memungkinkan perusahaan untuk menikmati bandwidth jaringan lebih tinggi. Sebab, peralatan DWDM memungkinkan organisasi memanfaatkan wavelength eksklusif khusus untuk Anda gunakan dengan memisahkan wavelength. Selain itu, DWDM juga bekerja dengan membawa data melintasi gelombang yang terpisah sehingga tidak saling mengganggu satu sama lain. Dengan sistem ini dan meningkatnya bandwidth, maka secara otomatis pengiriman file juga dapat berlangsung lebih cepat.

Biaya lebih hemat

Dibandingkan dengan Anda menambahkan bandwidth atau perangkat baru untuk memenuhi kebutuhan telekomunikasi dan pengiriman data perusahaan, memanfaatkan DWDM jauh lebih mudah dan hemat. Selain itu, DWDM juga dapat berperan dalam mengoptimalkan investasi jaringan.

Andal dan fleksibel

DWDM memberikan fleksibilitas pada perusahaan untuk mengontrol jaringan serat optik khusus miliknya. Sebab, DWDM akan membagi serat optik tersebut menjadi beberapa saluran. Hal ini membuat perusahaan memiliki kebebasan yang hampir tak terbatas untuk pengelolaan jaringannya.

DWDM mampu secara efektif meningkatkan jaringan komunikasi perusahaan Anda tanpa membutuhkan banyak biaya. Jika Anda tertarik dengan teknologi ini, Link Net menyediakan layanan DWDM dengan kualitas yang terjamin; baik dari segi profesionalitas kerja, layanan yang ditawarkan, dan keamanan jaringan. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi situs Link Net untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dari tenaga ahli kami.

Artikel Terkait
Artikel Lainnya
Lihat Semua Artikel Lainnya  
  Tautan Berhasil di Copy