Pentingnya Penggunaan Cloud dalam Dunia Pendidikan

Education
Education
Mar 15, 2022
Di Posting Pada 15 Mar 2022

Penerapan cloud dapat dijadikan sebagai salah satu solusi untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan biaya murah. Pasalnya, dengan menggunakan cloud dapat membantu memudahkan proses kegiatan belajar mengajar, terlebih selama masa PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat). 

Memanfaatkan teknologi cloud memungkinkan pendidik dan peserta didik mengakses layanan dan sumber daya yang tersedia di manapun dan kapanpun pada saat membutuhkannya, termasuk aplikasi, alat, dan layanan yang disediakan secara bebas. 

Adapun beberapa kelebihan yang ditawarkan jika memanfaatkan cloud dalam dunia pendidikan adalah sebagai berikut:

  1. Dapat membantu menjamin kualitas mutu pendidikan menjadi lebih efektif dan efisien.
  2. Mengevaluasi proses belajar mengajar, mempersiapkan laporan kinerja, hingga berbagi informasi dan pengetahuan antar peserta didik, orang tua, dan masyarakat.
  3. Peserta didik bisa mengatur sendiri materi pembelajaran sesuai dengan kurikulum, kondisi, dan syarat yang diatur oleh instansi penyelenggara pendidikan.
  4. Memudahkan orang tua mengetahui perkembangan proses belajar mengajar anaknya yang melakukan belajar daring.
  5. Mengontrol perkembangan pendidikan pada instansi pendidikan.
  6. Instansi bisa mengelola materi pembelajaran dengan mudah, mengoptimalkan fleksibilitas waktu dan tempat, hingga mengelola waktu pembelajaran sesuai dengan kebutuhan dan kondisi.
  7. Memudahkan kerjasama antara institusi dan saling berbagi antar pendidik dan memudahkan evaluasi karena setiap pekerjaan terdokumentasi dengan baik.
  8. Mudah dipahami, dipelajari, dan tidak mempersulit dalam proses belajar mengajar.

Kebutuhan dan efektifitas dalam penyelenggaraan proses belajar mengajar sangat dibutuhkan untuk meningkatkan dan mempertahankan kualitas pembelajaran. Penggunaan teknologi cloud dapat membantu meningkatkan kualitas dari pembelajaran tersebut.

Bahkan, pemanfaatan cloud juga dapat membantu memudahkan pendidik mengakses data secara cepat, mengamankan data peserta didiknya, mempermudah pertukaran data, hingga memudahkan komunikasi.

Atas alasan inilah banyak instansi pendidikan yang memanfaatkan cloud untuk memudahkan proses belajar mengajar. Apakah Anda sudah menggunakannya? Jika belum, yuk, gunakan dengan memilih layanan cloud dari Link Net

Layanan cloud Link Net dirancang khusus untuk memberikan akses yang mudah dan scalable ke aplikasi, resources and services, serta dikelola sepenuhnya oleh penyedia layanan cloud sehingga dapat membantu mempermudah kegiatan belajar mengajar.

Artikel Terkait
Artikel Lainnya
Lihat Semua Artikel Lainnya  
  Tautan Berhasil di Copy