Manfaat Optimasi Data Center untuk Industri Minyak dan Gas

Energy and Resources
Energy and Resources
May 01, 2023
Di Posting Pada 01 May 2023

Data center (pusat data) adalah fasilitas fisik yang digunakan untuk menyimpan informasi dalam skala besar menggunakan internet. Dengan menggunakan fasilitas ini, informasi perusahaan, mulai dari data pelanggan, administrasi hingga data produksi dapat disimpan dan diolah secara virtual atau remote

Untuk menunjang layanan ini, biasanya fasilitas ini dilengkapi dengan fasilitas keamanan yang lengkap, seperti CCTV, pagar kawat yang mengelilingi gedung, sampai fasilitas software yang menunjang pengamanan informasi yang tersimpan. Tidak hanya itu, data center juga dikelola oleh sumber daya manusia yang ahli di bidangnya. Dengan demikian, keamanan dan aksesibilitas data tersebut semakin terjamin. 

Pengertian Optimasi Data Center

Optimasi pusat data atau data center optimization adalah serangkaian strategi yang digunakan untuk mengoptimalkan penggunaan fasilitas fisik tersebut. Dengan menyusun strategi optimasi yang tepat, diharapkan proses produksi dan operasi perusahaan menjadi lebih efisien. 

Setidaknya terdapat 4 komponen penting dalam penyusunan strategi optimasi pusat data ini, yaitu:

  1. Cloud computing: Cloud computing adalah teknologi pengolahan sumber daya awan yang ada di komputer atau sistem perusahaan menggunakan internet. Cara kerja cloud computing adalah seluruh komputasi di server dapat diakses oleh pengguna dari mana saja. Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk memilih perusahaan penyedia layanan data center yang menyediakan layanan terbaik di bidang ini juga.
  2. Cooling system: Sama seperti komputer atau laptop pribadi Anda, server yang ada di pusat data juga tidak boleh terlalu panas (overheating). Server yang terlalu panas akan membuat proses transfer informasi jadi lebih lambat, dan server jadi lebih mudah rusak. Jika Anda ingin informasi perusahaan Anda bisa diakses sesering mungkin, maka pastikan Anda memilih penyedia layanan pusat data yang menggunakan sistem pendingin (cooling system) terbaik.
  3. Kapasitas jaringan dan penyimpanan: Selain bisa diakses lebih cepat menggunakan server yang sehat dan terawat, informasi perusahaan Anda juga bisa diakses lebih cepat jika Anda memilih paket kapasitas jaringan dan penyimpanan yang mencukupi di data center. Pastikan juga kalau kapasitas jaringan tersebut dapat diperbesar sesuai dengan kebutuhan perusahaan. 
  4. Fasilitas fisik. Kualitas dan lokasi fasilitas gedung juga penting dalam memilih layanan data center yang tepat untuk Anda. Tidak jarang, lokasi fasilitas fisik yang dekat dengan sumber internet akan membuat penyimpanan dan pengolahan informasi menjadi lebih cepat. Keamanan fasilitas fisik juga penting. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda melakukan survey terlebih dahulu sebelum menggunakan jasa penyedia layanan data center tertentu. 

Semakin masifnya proses digitalisasi di Indonesia, keberadaan data center semakin dibutuhkan oleh banyak pelaku ekonomi. Tidak hanya industri hilir seperti e-commerce dan wholesale, fasilitas penyimpanan data ini juga penting bagi industri hulu, seperti industri pertambangan minyak dan gas. 

Manfaat Optimasi Data Center untuk Industri Minyak dan Gas

Mengakses data cloud melalui laptop

Berikut ini adalah beberapa manfaat optimasi data center untuk industri minyak dan gas:

1. Menyimpan dan mengolah data eksplorasi

Manfaat pertama dari penggunaan data center secara optimal adalah untuk menyimpan dan mengolah data eksplorasi. Bagi perusahaan migas, penyimpanan dan pengolahan informasi mengenai eksplorasi ini penting sebab tidak hanya berkaitan dengan inti bisnis perusahaan, tetapi juga jumlah data eksplorasi yang semakin banyak. Bahkan data dari IoT di industri migas pun harus disimpan dengan baik agar bisa dilakukan analisis efektivitas dan efisiensi.

Dengan disimpan di pusat data, perusahaan tersebut dapat mengakses informasi hasil eksplorasinya dan mengolahnya secara langsung. Dengan demikian proses pengambilan kebijakan terkait eksplorasi di perusahaan migas menjadi lebih praktis dan hemat. 

2. Memantau kinerja alat secara real time

Tidak hanya hasil eksplorasi, perusahaan migas juga harus menyimpan informasi yang sifatnya lebih administratif dan teknis, seperti informasi keuangan, sumber daya manusia, hingga data alat. Khusus data alat, penyimpanan informasi terkait dengan alat tambang dan pengolahan di data center dibutuhkan sebab, alat-alat pertambangan tentu mahal, membutuhkan perawatan intensif dan tidak semuanya dapat diperiksa secara langsung. 

Apabila informasi mengenai alat tersebut disimpan di data center menggunakan aplikasi khusus, maka perusahaan akan dapat melakukan remote monitoring pada aset industri migas untuk mengetahui jika ada alat yang rusak, harus segera dibersihkan, dan lain sebagainya. 

3. Data tetap aman jika terjadi bencana

Salah satu keuntungan menyimpan informasi di pusat data adalah informasi perusahaan Anda akan lebih aman jika terjadi bencana entah itu di pusat eksplorasi, maupun di kantor pusat perusahaan migas itu sendiri. Hal ini karena, biasanya data yang disimpan di server akan disimpan juga di server lain di fasilitas fisik yang lokasinya berbeda. 

Jadi, ketika fasilitas fisik, lokasi pengeboran atau kantor perusahaan tertimpa bencana, informasi perusahaan masih bisa diakses dan digunakan kembali. 

4. Efisiensi operasi

Dengan data eksplorasi dan perawatan alat yang tersimpan dengan baik, ditambah dengan data distribusi dan penjualan yang tersimpan dengan baik pula, perusahaan dapat meningkatkan efisiensi operasi. Sebab, dengan informasi-informasi yang terkandung dalam data tersebut, top management perusahaan dapat merumuskan strategi produksi dari hulu ke hilir secara lebih tepat. 

Meskipun memiliki beberapa manfaat di atas, namun penggunaan data center untuk menyimpan informasi-informasi perusahaan migas memiliki beberapa tantangan. Tantangan paling utama adalah fakta bahwa mayoritas perusahaan dalam industri ini bereksplorasi di area terpencil dan hanya kantor pusatnya saja yang ada di kota. Hal ini tentunya akan mempengaruhi kualitas jaringan, kecepatan perekaman informasi, serta perbaikan (jika diperlukan). 

Cara Melakukan Optimasi Data Center untuk Industri Minyak dan Gas

Dengan tantangan tersebut, lantas apa yang harus dilakukan untuk mengoptimalkan penggunaan data center bagi perusahaan migas? Berikut ini caranya:

1. Mengunjungi lokasi pusat data terkait

Survey perlu dilakukan untuk memastikan kualitas fasilitas fisik dan pengamanan pusat data terkait. Selain itu, kegiatan ini juga diperlukan untuk memastikan kualitas jasa pelayanan yang disediakan oleh pengelola pusat data tersebut. Kualitas jasa layanan ini penting, sebab jika ada masalah pada proses penyimpanan maupun olah informasi, Anda harus berhubungan dengan pihak perusahaan tersebut. 

2. Menggunakan pusat data yang memiliki fasilitas dedicated internet dan vsat

VSAT atau Very Small Aperture Terminal  adalah alat penerima dan pemancar sinyal satelit berukuran kecil. Teknologi VSAT terbaru memungkinkan pengiriman data dalam jumlah besar dengan lebih cepat, bahkan jika data tersebut dikirim atau harus diterima dari lokasi terpencil. 

Tidak hanya dengan VSAT, sebaiknya Anda juga memilih penyedia layanan pusat data yang juga menyediakan layanan dedicated internet. Dedicated internet adalah layanan penyediaan satu line jaringan internet yang dikhususkan untuk pelanggan tertentu. Dengan menggunakan layanan ini, informasi perusahaan Anda dapat dikirim dan diterima dengan lebih aman dan cepat, sebab tidak ada intervensi dari pengguna lain. 

Link Net menyediakan solusi data center yang komprehensif untuk perusahaan pertambangan minyak dan gas. Sebab, layanan pusat data yang disediakan oleh Link Net tidak hanya dikelola oleh tim ahli atau menggunakan teknologi cloud computing terbaik, tetapi juga dilengkapi dengan VSAT dan dedicated internet. Dengan demikian informasi perusahaan Anda dapat diterima dan dikirimkan dalam waktu yang lebih cepat, meskipun dari lokasi terpencil.

Penulis: Farichatul Chusna.

Artikel Terkait
Artikel Lainnya
Lihat Semua Artikel Lainnya  
  Tautan Berhasil di Copy