Apa itu Leased Line? Karakteristik, Manfaat, dan Fungsinya

Telecommunication
Telecommunication
May 27, 2023
Di Posting Pada 27 May 2023

Apakah Anda pernah menghadapi permasalahan internet down saat sedang rush hour di perusahaan? Jika pernah, mungkin perusahaan Anda belum menggunakan leased line sebagai basis jaringan internet bisnis. 

Memiliki jaringan yang kuat, stabil, dan cepat adalah aset penting bagi sebuah perusahaan. Pasalnya, kecepatan jaringan ini akan memengaruhi performa, kinerja, hingga pendapatan bisnis. Tentu Anda ingin mendapatkan keuntungan setinggi mungkin, bukan?

Maka dari itu, leased line bisa jadi solusi untuk tingkatkan operasional perusahaan sehingga Anda perlu memahami karakteristik, manfaat, dan fungsinya terlebih dahulu. Simak penjelasan lebih lengkapnya di bawah ini!

Pengertian Leased Line

Apakah Anda pernah mendengar tentang leased line? Leased line adalah sebuah layanan koneksi internet yang menggunakan kabel sebagai penghubung komputer di suatu perusahaan. Layanan ini biasanya disediakan oleh provider telekomunikasi yang sudah memenuhi ketentuan penyediaan akses jaringan. 

Layanan ini juga bersifat permanen yang mana menghubungkan dua titik tempat berbeda. Biasanya, teknologi ini digunakan sebagai penghubung antara dua kantor yang berjauhan. 

Pada umumnya, leased line digunakan untuk memperlancar komunikasi antara data center dengan server lainnya dengan bandwith yang tinggi. Dikatakan ”tinggi”, sebab kecepatan layanan ini sendiri berkisar antara 2 Mbps hingga 100 Gbps. 

Hal tersebut dapat terjadi karena layanan ini tidak menggunakan kabel telepon pada umumnya, melainkan menggunakan serat fiber optik. Kabel serat ini dihubungkan tanpa dibagikan ke pengguna lain sehingga wajar jika kecepatannya bisa melebihi internet rumahan yang paling cepat sekalipun.

Karakteristik Leased Line

Untuk membedakannya dengan teknologi lain, berikut ada beberapa karakteristik leased line yang juga berikan keuntungan bagi penggunanya, yaitu:

1. Koneksi cepat dan stabil

Jalur leased line tidak dibagi dengan pengguna lain, sehingga tidak ada pertukaran data atau gangguan lalu lintas dari pihak lain yang dapat mempengaruhi kecepatan atau kualitas koneksi.

kecepatan transfer data yang tinggi. Ini memungkinkan pelanggan untuk mentransfer data dengan cepat antara dua lokasi yang terhubung oleh layanan ini. Kecepatan biasanya diukur dalam bit per detik (bps) dan dapat disesuaikan sesuai kebutuhan pelanggan.

2. Akses penuh 24 jam

Jaringan ini biasanya tersedia dalam mode operasi 24 jam, yang berarti koneksi dapat diakses dan digunakan kapan saja tanpa batasan waktu. Ini sangat penting bagi bisnis yang memerlukan konektivitas yang konstan dan tidak dapat terputus.

3. Keamanan data terjamin

Layanan jaringan ini menawarkan tingkat keamanan tinggi karena koneksi tersebut tidak dibagi dengan pengguna lain. Data yang dikirim melalui layanan ini hanya dapat diakses oleh pemilik akun. Dengan begitu, pihak ketiga yang tidak berwenang tidak akan bisa mengakses data perusahaan. 

Selain itu, beberapa provider leased line juga menyediakan fitur keamanan tambahan, seperti enkripsi data dan firewall untuk melindungi kerahasiaan informasi yang dikirim melalui jaringan.

Manfaat Leased Line

Di era sekarang ini, perusahaan semakin bergerak di dunia digital yang mengharuskan seluruh perusahaan harus memiliki internet dalam menjalankan bisnisnya. Dengan begitu, leased line ini hadir untuk bantu tingkatkan operasional bisnis Anda. Berikut adalah manfaat dari layanan ini bagi perusahaan:

1. Bandwidth Maksimum

Seperti yang telah dipaparkan di atas, jalur layanan leased line tidak dibagikan ke pengguna lain. Hal ini mengakibatkan bandwith yang diterima adalah murni 100% tanpa ada pembagian dalam waktu yang permanen.

Selain itu, dari bandwidth maksimum ini juga menjadikan layanan tanpa hambatan sehingga pemrosesan data bisa dilakukan lebih cepat. 

2. Aman

Internet aman

Perusahaan sangatlah mengedepankan keamanan, baik dalam pengamanan data maupun internet. Hal ini terjadi karena marak terjadinya aksi pembobolan data yang dilakukan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. 

Maka dari itu, leased line tawarkan keamanan dari kemungkinan pencurian data ini sehingga bisa diminimalisasi. Hal ini disebabkan karena layanan ini hanya beroperasi pada basis server A ke server B tanpa ada pembagian ke user lain.

3. Download dan upload dengan kecepatan stabil 

Download

Manfaat terbesar dari leased line lainnya adalah kecepatan mengunduh dan mengunggah yang simetris 1:1. Hal ini disebabkan karena layanan ini memiliki bandwith yang maksimum. 

Dengan kata lain, Anda dan tim perusahaan dapat mengandalkan koneksi internet yang cepat tanpa ada kata lambat. Kemampuan mengunduh dan mengunggah data sangat stabil di mana keduanya mampu dilakukan dengan kecepatan yang sama. 

Fungsi Leased Line

Berikut adalah beberapa fungsi leased line yang bisa dirasakan oleh user, khususnya para pebisnis: 

1. Pemrosesan data lebih efektif 

Jika Anda adalah seorang pebisnis, Anda membutuhkan internet dengan kecepatan stabil tanpa harus menunggu lama buffer atau lag dalam proses kirim-mengirim data dari perusahaan satu dengan yang lainnya. 

Layanan ini juga sangat dibutuhkan jika terjadi bad traffic connection ketika internet sedang down. Adanya permasalahan internet tersebut dapat mengurangi tingkat efektivitas dan produktivitas kinerja perusahaan. Maka dari itu, dibutuhkan jaringan yang kuat dan stabil agar pemrosesan data bisa dilakukan lebih cepat dan efektif. 

2. Efisiensi komunikasi 

Bagi sebuah perusahaan, layanan ini memungkinkan perusahaan untuk menghubungkan kantor pusat dengan kantor cabang yang berada di daerah lain. 

Selain itu, layanan ini juga bisa menyatukan pusat data dengan lokasi jarak jauh sehingga pengambilan data bisa dilakukan dari mana saja. Dengan leased line, proses pengiriman data dapat dikirimkan secara langsung antar lokasi tanpa harus melewati jaringan publik. Dengan begitu, komunikasi dua arah pun akan terjalin baik dan efisien. 

Perbandingan Leased Line vs Broadband

Leased line dan broadband adalah dua jenis layanan konektivitas yang umum digunakan. Kendati demikian, ada perbandingan mendasar yang menjadikan kedua jenis layanan ini berbeda. 

Dari segi kecepatan layanan, leased line menawarkan kecepatan yang lebih konsisten dan tinggi daripada broadband. Leased line biasanya memiliki kecepatan simetris di mana kecepatan unduh dan unggah sama-sama cepat. 

Sementara itu, broadband umumnya memiliki kecepatan tidak seimbang di mana kecepatan unduh lebih tinggi daripada kecepatan unggah.

Perbandingan lainnya adalah dari segi biaya. Layanan leased line memang mematok harga lebih tinggi dibandingkan broadband. Hal ini lantaran adanya biaya bulanan yang harus dikeluarkan oleh perusahaan untuk mendapatkan akses yang andal dan cepat. 

Sebaliknya, harga layanan broadband lebih terjangkau. Namun, layanan ini bisa bervariasi tergantung dari jenis layanan yang digunakan dan tentu akan berpengaruh terhadap kualitas dan kecepatan jaringan. 

Itulah penjelasan mengenai karakteristik, manfaat, hingga fungsi dari leased line secara umum. Manfaatkan layanan leased line dengan bekerja sama bersama provider seperti Link Net untuk tingkatkan performa perusahaan. Dengan mengandalkan fiber optik end-to-end, akses data bisnis akan terhindar dari latensi tinggi serta ketersediaan akses selama 24 jam. 

Penulis: Lusita Amelia.

Artikel Terkait
Artikel Lainnya
Lihat Semua Artikel Lainnya  
  Tautan Berhasil di Copy