Cara Mengatasi Blank Spot Area untuk Operasional Bisnis

Telecommunication
Telecommunication
May 26, 2023
Di Posting Pada 26 May 2023

Pada zaman serba digital saat ini, internet berperan sangat penting untuk mendukung kelancaran aktivitas sehari-hari. Hilang atau terputusnya internet akan sangat krusial mengingat semua komunikasi dan interaksi bergantung pada jaringan tersebut. 

Fenomena tidak adanya jaringan ini dikenal dengan istilah blank spot. Blank spot ini bisa terjadi disebabkan oleh berbagai faktor dan umumnya terjadi di area tertentu yang diberi nama blank spot area. Permasalahan ini tentunya akan berdampak pada keberjalanan aktivitas tiap bidang kehidupan manusia, khususnya operasional bisnis. 

Namun, Anda tidak perlu khawatir! Bisnis Anda akan tetap berjalan walaupun ada blank spot area dengan mengetahui cara mengatasinya.

Pengertian Blank Spot Area

Jika merujuk pada pengertian harfiahnya, blank spot area merupakan wilayah kosong yang tidak tersentuh kegiatan atau kehidupan tertentu. Namun, apabila dihubungkan dalam konteks jaringan internet, blank spot area adalah wilayah yang tidak tersentuh atau tidak tersedia akses internet. 

Wilayah ini tidak mendapatkan akses internet karena disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kondisi geografis yang ekstrem, kondisi cuaca tidak stabil, tidak adanya infrastruktur jaringan internet, dan masih banyak lagi. 

Biasanya, blank spot area terjadi pada daerah terpencil atau pedesaan yang masih memiliki kontur lahan yang belum sepenuhnya dikembangkan. Misalnya, daerah tersebut masih dikelilingi hutan lebat sehingga satelit sulit untuk menjangkau router internet. 

Kondisi geografis tersebut juga menyebabkan penyedia layanan internet kesulitan untuk menanamkan kabel fiber optik sebagai salah satu perantara koneksi internet. Sulitnya membawa perlengkapan dan peralatan tersebut karena medan yang tidak rata, ditambah lagi dengan kontur wilayah yang sukar untuk menghubungkan antarjaringan. 

Adanya blank spot area ini berdampak signifikan bagi para pengguna layanan internet, mulai dari pelajar, karyawan, hingga pebisnis. Tidak adanya jaringan sinyal ini akan menghambat aktivitas masyarakat sehingga menjadi kurang optimal.

Dampak Blank Spot Area terhadap Operasional Bisnis

Tidak hanya bagi user individu saja yang akan kesulitan mengakses internet, operasional bisnis juga terdampak dari tidak adanya jaringan ini. Berikut adalah dampak dari blank spot area yang dihadapi oleh perusahaan: 

1. Keterbatasan komunikasi

Kunci utama dari keberhasilan sebuah bisnis adalah adanya komunikasi dua arah yang stabil dan teratur. Jika komunikasi ini terganggu, tentu akan berdampak terhadap operasional bisnis.

Informasi dari tiap bidang atau wilayah antar-bisnis tidak akan tersampaikan dengan maksimal karena wilayah tersebut masuk dalam blank spot area. Komunikasi berupa panggilan telepon, email, meeting online, dan lain sebagainya yang berbasis internet akan sulit dilakukan. 

Ditambah lagi jika Anda sedang berada di pertemuan penting untuk membahas perjanjian kerja sama. Koneksi yang tiba-tiba terputus akan mengurangi performa perusahaan dan kemungkinan terburuknya adalah kesepakatan kerja sama tidak akan terwujud. 

2. Akses informasi ke database terhambat

Kemajuan teknologi yang semakin mutakhir menjadikan para pebisnis mulai beralih ke sistem digital di mana segala operasional bisnis dilakukan secara online. Mulai dari manajemen keuangan, komunikasi dengan VoIP, penyimpanan data dengan cloud computing, pengembangan proyek, dan masih banyak lagi dijalankan menggunakan jaringan internet. 

Apa jadinya jika jaringan tersebut terputus akibat blank spot area? Pastinya akses informasi ke data-data tersebut menjadi terhambat dan berpengaruh ke performa bisnis. 

3. Penurunan pendapatan bisnis

Dampak yang jelas terlihat dari adanya blank spot area terhadap operasional bisnis adalah penurunan pendapatan perusahaan. Pasalnya. Akses internet untuk berkomunikasi dengan pihak luar terhambat sehingga mengurangi terjadinya transaksi bisnis. 

Misalnya, perusahaan A adalah bisnis distributor di mana bergerak di bidang penyediaan barang untuk toko-toko kecil atau supermarket. Ketika internet terputus, komunikasi dengan supplier pusat akan terganggu dan tentunya mengancam keamanan ketersediaan barang di pasar. 

Selain menurunkan pendapatan perusahaan A, kekacauan yang lebih besar bisa saja terjadi karena tidak adanya stok barang cadangan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. 

Cara Mengatasi Blank Spot Area

Walaupun dampak yang diakibatkan blank spot area terhadap operasional bisnis cukup riskan, bukan berarti permasalahan ini tidak dapat diatasi. Ada beberapa cara mengatasi permasalahan tersebut yang bisa dilakukan pada suatu wilayah, yaitu: 

1. Perluas cakupan jaringan internet

Agar jaringan internet semakin merata penyebarannya, diperlukan kerja sama antara pemerintah, wilayah terkait, dan penyedia layanan internet. Perluasan cakupan jaringan ini akan memberi keuntungan untuk berbagai pihak mulai dari individu hingga instansi pemerintahan. 

Langkah ini dapat menjadi upaya yang efektif untuk mengatasi permasalahan jaringan tersebut dengan adanya fasilitas berupa transportasi untuk mencapai wilayah bersangkutan dan ketersediaan sumber daya. 

2. Optimalkan layanan VSAT 

Parabola penerima sinyal

Cara berikutnya yang bisa diterapkan adalah dengan menggunakan layanan VSAT (Very Small Aperture Terminal). Jika Anda belum pernah mendengar istilah VSAT, singkatnya layanan ini adalah teknologi satelit yang menyediakan koneksi internet di daerah terpencil atau blank spot area

Satelit pada VSAT ini akan memantulkan sinyal yang diterima dari satelit luar angkasa dan kemudian mengirimkannya kembali ke modem atau router yang terpasang. Sinyal yang diterima modem tersebut kemudian akan dianalisis dan diolah untuk kemudian dapat tersalurkan ke seluruh wilayah. 

Layanan VSAT ini biasanya disediakan oleh provider internet untuk meningkatkan konektivitas internet. Dengan layanan ini, wilayah dengan kondisi geografis rumit tidak perlu memasang kabel fiber optik yang cukup menguras biaya dan tenaga. 

3. Perkuat sinyal internet

Tidak adanya akses internet juga dapat diatasi dengan memperkuat sinyal internet di suatu wilayah. Caranya adalah dengan membangun infrastruktur kabel fiber optik atau Base Transceiver Station (BTS) di wilayah tersebut. 

Kedua infrastruktur tersebut berfungsi untuk infrastruktur memfasilitasi komunikasi antara perangkat komunikasi dan jaringan internet. Namun, pembangunan infrastruktur tersebut jarang dilakukan karena umumnya terkendala kontur wilayah, biaya pemasangan dan pemeliharaan cenderung mahal. 

Demikianlah pembahasan mengenai cara mengatasi blank spot area untuk operasional bisnis. Pertahankan performa bisnis Anda melalui cara-cara tersebut, khususnya dengan menggunakan layanan VSAT HTS dari Link Net

Artikel Terkait
Artikel Lainnya
Lihat Semua Artikel Lainnya  
  Tautan Berhasil di Copy