Bagaimana Komunikasi Satelit Mengubah Sektor Transportasi?

General Business
General Business
Feb 17, 2022
Di Posting Pada 17 Feb 2022

Temuan komunikasi satelit memang sudah ada sejak setengah abad lalu. Akan tetapi, perkembangan teknologi saat ini telah berhasil mendorong pemanfaatan komunikasi satelit menjadi begitu luas. Dikutip dari Britannica.com, objek satu ini umum digunakan oleh lembaga penyiaran, penyedia layanan internet, pemerintah, militer, telekomunikasi, juga sektor-sektor lainnya.

Dalam konteks telekomunikasi, komunikasi satelit bertugas untuk mentransfer data dari satu titik ke titik lain; terutama bagi perusahaan atau sektor industri yang mempunyai persebaran lokasi cukup luas. Pada umumnya, perusahaan-perusahaan ini—contohnya perusahaan transportasi atau logistik—akan memanfaatkan jaringan terminal dengan bukaan sangat kecil atau very small-aperture terminal (VSAT) sebagai alat komunikasi satelit mereka.

Lantas, seperti apakah perubahan pada sektor transportasi setelah menggunakan komunikasi satelit?

Efisiensi transportasi umum

Meningkatnya efisiensi transportasi umum adalah perubahan positif pertama dari pengaplikasian komunikasi satelit pada sektor transportasi. Contoh nyata yang sudah bisa dirasakan sekarang adalah kebolehan pengguna transportasi umum (seperti bus TransJakarta atau KRL Commuter Line) untuk melacak posisi bus dan kereta. Dengan begitu, penumpang bisa mengatur waktu yang ia butuhkan untuk sampai ke halte atau stasiun terdekat maupun mengetahui estimasi waktu yang ia perlukan hingga angkutan massal itu tiba.

Hal di atas dapat terjadi lantaran angkutan-angkutan massal itu memanfaatkan global positioning system (GPS) yang ditransfer menggunakan teknologi VSAT. GPS sendiri merupakan sistem navigasi global berbasis satelit yang menyediakan sinkronisasi lokasi, kecepatan, dan waktu.

Akurasi kendaraan pribadi dan pengemudi

Selain transportasi umum, kendaraan-kendaraan pribadi saat ini juga sebetulnya sudah lazim menggunakan data GPS melalui teknologi VSAT untuk kebutuhan berkendara. Buktinya, pengendara mobil maupun motor bisa memilih rute paling efisien dari lokasinya berada menuju lokasi tujuannya.

Beberapa aplikasi peta digital pun sudah ada yang dapat memberi informasi tentang lokasi kantor polisi atau pom bensin terdekat, cuaca di daerah-daerah tertentu, sampai titik-titik kamera e-tilang di jalan raya. Oleh sebab itu, tidak menutup kemungkinan suatu hari nanti komunikasi satelit pada kendaraan pribadi dapat memberikan informasi terkait kondisi fisik pengemudi kepada kendaraan demi perjalanan yang lebih aman dan efisien (Technology.org).

Produktivitas bidang logistik

Serupa dengan transportasi umum, sektor logistik—perkapalan dan pelabuhan maupun truk dan pergudangan—juga memanfaatkan data GPS yang ditransfer ke teknologi VSAT untuk sistematika produksi yang lebih baik serta proses pengiriman yang aman dan efisien.

Alhasil, kontainer-kontainer juga truk-truk yang mengangkut logistik dapat dipantau dari jarak jauh, dapat dipastikan keamanannya, serta dapat mengangkut bahan-bahan sensitif dengan lebih aman. Dengan begitu, pelaku usaha logistik dapat meminimalkan risiko yang mungkin timbul dalam perjalanan.

Demikianlah ulasan mengenai perubahan-perubahan positif yang kini dimiliki oleh sektor transportasi setelah penerapan komunikasi satelit yang massal. Apabila Anda sedang mencari komunikasi satelit untuk bisnis transportasi Anda, layanan VSAT dari Link Net dapat menjadi opsi terbaik Anda. Tersedia dalam berbagai pita frekuensi, komunikasi satelit Link Net menawarkan layanan andal, memadai, dan penuh dukungan tenaga pemantau maupun teknis.

Semoga informasi dalam artikel ini bermanfaat bagi Anda!

Artikel Terkait
Artikel Lainnya
Lihat Semua Artikel Lainnya  
  Tautan Berhasil di Copy