Keuntungan Penggunaan AI di Cloud Computing, Praktis Bagi Perusahaan di Berbagai Sektor

Telecommunication
Telecommunication
Jun 14, 2023
Di Posting Pada 14 Jun 2023

Penerapan teknologi artificial intelligence (AI) sekarang ini sudah banyak diterapkan di berbagai bidang kehidupan manusia, mulai dari pendidikan, rumah tangga, hingga bisnis sekali pun. Peran AI ini semakin penting dalam setiap sektor tersebut karena menawarkan kemudahan dan efisiensi guna meningkatkan produktivitas penggunanya.

Berbagai teknologi mulai banyak menerapkan sistem AI dan tidak terkecuali cloud computing. Media penyimpanan digital ini juga mengkolaborasikan teknologi AI dengan sistem jaringan untuk menambah infrastruktur jaringan dan sumber daya yang ada. 

Lantas, apa saja keuntungan dari penggunaan AI di cloud computing bagi perusahaan di berbagai sektor industri? Untuk mencari tahu jawabannya, mari simak informasi di bawah ini!

Hubungan Antara AI dan Cloud Computing

Dalam penerapannya, kini cloud computing sudah banyak mengintegrasikan sistemnya dengan teknologi AI. Untuk itu, ada hubungan erat antara AI dengan media penyimpanan tersebut yang saling memengaruhi satu sama lain. 

Pada dasarnya, cloud merupakan media penyimpanan digital berbasis internet yang bisa diakses oleh siapa pun dari mana saja tanpa batasan waktu. Untuk mencapai tujuan tersebut, media ini memanfaatkan AI untuk membuka akses ke database yang lebih besar. 

Layanan cloud ini disediakan oleh cloud provider di mana menawarkan teknologi AI yang bisa bantu optimalkan operasional perusahaan. Salah satu produk yang banyak memanfaatkan integrasi kedua teknologi ini adalah public cloud. Sesuai dengan namanya, layanan ini memungkinkan pengguna untuk mengelola dan mengeksplorasi data dengan lebih luas. 

Teknologi AI ini juga berperan untuk menyediakan berbagai fitur, seperti machine learning, speech recognition, dan masih banyak lagi. Dengan fitur tersebut, pengguna bisa lebih aman dalam mengakses data dan merasakan pengalaman baru dalam mengelola data di dalamnya. 

Selain itu, hubungan antara AI dengan media penyimpanan ini juga memudahkan pebisnis karena tidak harus mengelola atau menyediakan infrastruktur AI perusahaan itu sendiri. Singkatnya, perusahaan tidak perlu mengeluarkan biaya terlalu besar untuk membangun jaringan mandiri. 

Integrasi AI dan Cloud Computing dalam Bisnis

Setelah mengetahui hubungan antara AI dengan cloud computing, kini Anda perlu mengetahui integrasi kedua teknologi tersebut jika diterapkan dalam dunia bisnis. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, banyak perusahaan menggunakan kedua teknologi tersebut untuk melayani customer/klien serta mengefisiensikan kinerja perusahaan.

Chatbot yang terintegrasi dengan AI

Salah satu bentuk integrasinya adalah adanya virtual assistant atau chatbot untuk melayani customer dengan lebih cepat dan responsif. Chatbot ini merupakan program komputer yang dirancang untuk seolah-olah merepresentasikan percakapan manusia secara real-time

Dengan kata lain, program ini menggantikan peran manusia untuk menjawab pertanyaan atau perintah dari customer. Hal ini bisa sangat bermanfaat bagi pebisnis untuk menghindari human error yang berujung pada ketidakpuasan customer karena pesan mereka yang tidak dibalas. 

Informasi yang diberikan melalui chatbot ini didapatkan dari data di cloud computing. Ai dan media penyimpanan ini saling berintegrasi untuk menganalisis dan menjalankan algoritma customer mengenai pertanyaan yang sering diajukan seputar produk atau layanan bisnis. 

Keuntungan Penggunaan AI di Cloud Computing bagi Perusahaan

Penggunaan AI di cloud computing menawarkan berbagai keuntungan bagi perusahaan, antara lain: 

1. Efisiensi penyimpanan data

Tujuan utama dari penggunaan cloud adalah untuk mengefisiensi penyimpanan data. Sebagai sebuah perusahaan yang menyimpan ratusan hingga ribuan data penting bisnis dan customer, penting untuk memiliki media penyimpanan yang terpadu. 

Dengan menggunakan cloud yang terintegrasi dengan AI, data-data bisnis bisa tersimpan tanpa batasan kapasitas penyimpanan internal. Selain itu, kolaborasi kedua teknologi ini juga menyediakan fitur keamanan dan manajemen data yang canggih, seperti enkripsi, firewall, dan pemantauan yang memastikan keamanan dan ketersediaan data.

2. Aksesibilitas tinggi

Sebagai sebuah perusahaan, Anda harus memastikan customer atau karyawan bisa mengakses data yang mereka butuhkan tanpa batasan waktu. Dengan begitu, tiap pihak bisa tetap mendapatkan informasi seputar produk atau layanan bisnis.

Dari aksesibilitas yang mudah ini, sistem bisa dengan mudah menganalisis dan memproses data. Ini memungkinkan perusahaan untuk mengadopsi teknologi AI tanpa harus memiliki keahlian dan sumber daya yang khusus. Setiap tim dari bidang yang berbeda dapat bekerja sama untuk mengembangkan, melatih, dan mengoptimalkan model AI dengan pengambilan data terpadu pada cloud computing. Sangat terlihat efisien, bukan?

3. Tingkatkan performa bisnis

AI dan cloud computing menyediakan infrastruktur jaringan yang kuat dan terdistribusi. Dengan menggunakan cloud untuk menjalankan algoritma AI, perusahaan dapat memanfaatkan sumber daya jaringan dengan maksimal untuk mempercepat pengambilan data dan melaksanakan perintah. 

Kemampuan pemrosesan ditawarkan oleh cloud computing ini juga dapat meningkatkan kinerja AI dalam bisnis. 

Sektor-Sektor Bisnis Yang Bisa Memanfaatkan AI

Adapun beberapa sektor bisnis yang bisa memanfaatkan penggunaan 

1. Sektor Perbankan

Sektor bisnis yang umum menggunakan teknologi AI dalam operasional perusahaannya adalah lembaga keuangan. Hal ini lantaran perbankan banyak menyimpan data nasabah dan menghimpun dana yang berjumlah besar sehingga dibutuhkan teknologi yang memiliki sistem keamanan terpadu. 

Perbankan dapat menggunakan AI untuk mendeteksi penipuan, menggunakan sistem 2FA pada aplikasi perbankan, dan masih banyak lagi. 

2. Sektor Perdagangan

Sektor perdagangan juga tidak kalah untuk menerapkan teknologi AI guna meningkatkan kinerja bisnis. Teknologi dan fitur yang biasa digunakan adalah analisis data pelanggan, chatbot, personal assistant, dan lain sebagainya.

3. Sektor Kesehatan

Jika Anda sering melihat berbagai aplikasi dan peralatan medis yang semakin modern, hal tersebut merupakan salah satu perwujudan dari penerapan AI pada sektor kesehatan. Dengan teknologi tersebut, tenaga medis dapat mendiagnosis dan menganalisis penyakit pasien dengan lebih cepat dan akurat. Jadi, tindakan medis pun bisa diambil lebih cepat untuk menghindari penyakit semakin parah. 

Kecanggihan teknologi AI dapat digunakan dalam diagnosis medis, pengelolaan data pasien, analisis gambar medis, pengembangan obat, dan pelayanan kesehatan berbasis telemedicine.

Demikianlah beberapa keuntungan penggunaan AI di cloud computing yang bisa dirasakan oleh perusahaan di berbagai sektor. Maksimalkan integrasi kedua teknologi tersebut menggunakan layanan cloud computing dari provider cloud terpercaya seperti Link Net. Layanan tersebut menawarkan media penyimpanan terpadu dengan sistem keamanan otomatis. Dengan begitu, perusahaan dapat meminimalisasi potensi kerugian akibat penyimpan data yang buruk.

Penulis: Lusita Amelia.

Artikel Terkait
Artikel Lainnya
Lihat Semua Artikel Lainnya  
  Tautan Berhasil di Copy