Cara Hotel Mencetak Profit dengan Kreatif, Bisa Jual Iklan di IPTV

Hospitality
Hospitality
Jan 29, 2024
Di Posting Pada 29 Jan 2024

Bisnis hotel memang terlihat sangat menjanjikan dari segi profit. Namun, tentunya keuntungan pendapatan ini perlu diimbangi dengan cara pemasaran yang kreatif.

Ditambah lagi dengan berkembangnya lifestyle dan teknologi di mana hotel bukan lagi sebagai tempat penginapan. Lebih dari itu, hotel sudah merambah berbagai layanan guna menarik minat pelanggan. 

Lantas, bagaimana cara efektif untuk hotel mencetak profit dengan kreatif? Artikel berikut ini akan memberikan beberapa tips yang bisa diimplementasikan oleh perusahaan Anda. Mari simak informasi lebih lengkapnya pada penjelasan di bawah ini!

1. Pasang Iklan di IPTV

Memasang iklan masih menjadi langkah efektif dan kreatif yang bisa diterapkan oleh berbagai jenis industri. Salah satu keuntungan memasang IPTV di hotel adalah membantu tingkatkan brand awareness calon pelanggan terhadap bisnis hotel Anda. 

Terlebih lagi sekarang segala informasi bisa mudah diakses melalui berbagai perangkat dan media, seperti smartphone, televisi, gadget, dan masih banyak lagi. Seluruh perangkat yang terhubung dengan jaringan tersebut pun bisa dimanfaatkan sebagai media pemasangan iklan mulai dari harga iklan termurah hingga termahal.

Salah satu opsi pemasangan iklan terbaik yang bisa Anda gunakan adalah mengiklankan layanan hotel di IPTV (Internet Protocol Television). Sederhananya, IPTV adalah layanan televisi berbasis jaringan internet berkecepatan tinggi untuk menampilkan siaran informasi yang sudah diatur sebelumnya. 

Rekomendasi perusahaan yang menyediakan layanan IPTV adalah corporate TV dari Link Net. Jika Anda menginginkan pemasangan iklan dan layanan TV menarik dan berkelas, Link Net mendukung layanan kualitas gambar HD hingga 4K. Selain itu, layanan ini juga dilengkapi dengan jaringan internet cepat untuk bisa mengakses berbagai siaran TV berbagai genre. 

Jadi, tidak hanya membuat pelanggan nyaman, Anda juga bisa menampilkan informasi seputar layanan atau promo lainnya yang disediakan hotel. Cukup efektif, bukan?

2. Sediakan Layanan Ruang Seminar atau Konser atau Ballroom

Menyediakan hall atau ruangan besar untuk acara seminar/konser/ballroom bisa mencetak profit yang cukup fantastis bagi industri perhotelan. Layanan ruangan ini akan sangat dibutuhkan bagi individu/perusahaan/organisasi yang membutuhkan ruangan berkapasitas besar.

Tidak hanya itu saja, ruangan ini pun bisa dimanfaatkan untuk berbagai acara lainnya, seperti family gathering, pentas seni, dan masih banyak lagi. Ditambah lagi apabila Anda menawarkan promo atau potongan harga menarik bagi setiap pelanggan yang menyewanya. 

Selain itu, Anda juga dapat menambahkan penawaran lain, seperti seminar kit berupa buku tulis, pulpen, dan sebagainya. Souvenir atau merchandise hotel pun bisa Anda jual atau masukkan ke dalam paket layanan ruangan untuk menarik minat calon pelanggan. 

3. Jual Merchandise Hotel

Merchandise hotel bisa menjadi ladang pencetak profit yang cukup menjanjikan berikutnya. Menjual merchandise berupa tumblr, kaos, jam, gelas, powerbank, dan sebagainya akan menjadi daya tarik tersendiri.

Terlebih lagi apabila nama hotel Anda sudah cukup terkenal di kalangan masyarakat nasional atau bahkan internasional. Hanya dengan mengukir nama Anda di merchandise tersebut, bisa meningkatkan prestise atau gengsi bagi pembelinya. Cukup menarik, bukan?

Untuk itu, menyediakan merchandise hotel yang unik dengan kualitas baik pun bisa tingkatkan pendapatan hotel. Carilah vendor terbaik dan terpercaya sebagai partner dalam membuat merchandise. 

4. Buka Restoran atau Cafe untuk Umum

Sekarang ini, banyak hotel yang membuka restoran atau cafe untuk bisa diakses oleh pengunjung secara umum. Jadi, pengunjung ini tidak harus menginap di hotel tersebut untuk bisa merasakan makanan atau sekadar mengobrol di cafe hotel. 

Cara ini terbilang cukup kreatif karena ternyata pendapatan hotel bisa meningkat cukup signifikan, loh! Pendapatan ini bisa meningkat menjelang perayaan hari raya agama, event kantor atau organisasi, acara ulang tahun, dan masih banyak lagi. 

Dengan menyediakan makanan lezat dan konsep menarik, pengunjung tidak akan keberatan membayar dengan harga menengah hingga tinggi. Tawarkan pengalaman berkelas dengan tetap menerapkan konsep pelayanan hotel. 

Selain itu, Anda juga bisa mempertimbangkan untuk memperhatikan pemasangan internet berkecepatan tinggi dan stabil. Pasalnya, banyak pengunjung yang datang untuk work from anywhere (WFA) atau bekerja secara daring. 

Dengan tersedianya internet cepat, makanan berkualitas tinggi, dan layanan optimal, tentu pengunjung tidak segan lagi untuk datang kembali ke cafe atau restoran hotel Anda. Nah, jika Anda ingin memasang internet dengan spesifikasi tersebut, Anda bisa menggunakan layanan produk dedicated internet dari Link Net. Link Net sediakan internet dengan bandwidth besar sehingga bisa diakses oleh banyak pengguna tanpa mengurangi kecepatan internet. 

5. Personalisasi Kebutuhan Pelanggan

Terakhir, guna menarik perhatian pelanggan, Anda bisa fokus untuk mempersonalisasi kebutuhan mereka. Bagaimana caranya?

Personalisasi ini bisa dikaitkan dengan program loyalitas yang akan menguntungkan Anda dan pelanggan. Anda bisa memberikan kemudahan akses tertentu atau mengetahui promo lebih awal dari pelanggan lainnya. Hal ini bisa diterapkan bagi pelanggan yang akan melakukan pemesanan ulang atau sudah menjadi langganan. Strategi ini juga sangat applicable diterapkan untuk mempromosikan hotel baru.

Sebab, dengan adanya program ini bisa membuat pelanggan merasa spesial dan merasa lebih untung daripada yang lain. Jadi, Anda bisa memanfaatkan momen ini untuk meningkatkan profit hotel.

Setelah mengetahui cara mencetak profit hotel dengan kreatif, kini saatnya bagi Anda untuk mengimplementasikannya pada perusahaan. Sesuaikan cara-cara di atas dengan prinsip dan kebutuhan hotel Anda agar pendapatan pun bisa terus mengalami peningkatan. 

Artikel Terkait
Artikel Lainnya
Lihat Semua Artikel Lainnya  
  Tautan Berhasil di Copy