Teknologi IoT Wajib Diimplementasikan untuk Sektor Industri Ini

Telecommunication
Telecommunication
Jun 21, 2022
Di Posting Pada 21 Jun 2022

Apakah Anda menggunakan teknologi smart home pada hunian Anda? Ini adalah teknologi yang memudahkan Anda mengontrol semua perangkat pintar di rumah hanya dengan menggunakan smartphone. Semua kemudahan ini bisa Anda nikmati berkat adanya IoT (Internet of things), yang berfungsi menghubungkan berbagai perangkat hanya dengan memanfaatkan internet.

Selain memudahkan kehidupan sehari-hari, IoT juga membantu memudahkan operasional bisnis di perusahaan, instansi pemerintahan, industri, dan lain sebagainya. Khusus di bidang industri, ada beberapa industri yang cocok mengimplementasikan teknologi IoT ini, di antaranya:

Perbankan

Teknologi IoT telah menjangkau hampir seluruh aspek industri perbankan, mulai dari proses pembayaran hingga layanan kepada nasabah. Jika ingin melakukan transaksi, nasabah bisa melakukannya dengan mudah hanya melalui perangkat seperti laptop maupun handphone, tanpa perlu lagi mendatangi bank.

Beberapa kelebihan yang ditawarkan IoT untuk perbankan, di antaranya:

  1. Meningkatkan efisiensi bisnis;
  2. Meningkatkan otentikasi dan keamanan;
  3. Memfasilitasi sentimen nirkabel;
  4. Memudahkan transaksi nasabah.

Manufaktur

Meningkatnya permintaan otomatisasi, pemeliharaan prediktif, hingga pemantauan terpusat, membuat IoT menjadi teknologi yang paling menonjol pada industri manufaktur. Pasalnya, teknologi satu ini memiliki konsep yang unik lantaran dapat mengombinasikan berbagai perangkat yang mencakup data berbasis cloud, sensor tanam, dan perangkat yang saling terhubung.

Adapun kelebihan yang diberikan jika menerapkan teknologi IoT untuk industri manufaktur adalah sebagai berikut:

  1. Menghemat biaya dan waktu;
  2. Meningkatkan produktivitas;
  3. Mengontrol kualitas produk;
  4. Meningkatkan keselamatan para pekerja.

Kesehatan

Peran IoT terhadap bidang kesehatan sangat membawa pengaruh besar. Jika dilihat dari sisi medis, IoT berperan penting dalam memantau pasien dari jarak jauh hanya dengan memanfaatkan internet. Tak hanya itu, dokter juga memiliki data pasien sehingga memudahkan ketika melakukan pemeriksaan.

Bahkan, IoT juga memberikan banyak kelebihan untuk kesehatan, yakni:

  1. Memantau pasien dengan lebih mudah;
  2. Membantu mendiagnosis riwayat penyakit pasien;
  3. Mengumpulkan dan merekam data pasien;
  4. Mencegah penyakit.

Transportasi

Keberadaan IoT di bidang transportasi membantu mengontrol, mengintegrasi, dan memproses informasi pada sistem transportasi. Yang mana, penerapannya sendiri bisa pada infrastruktur, fungsi pengemudi, hingga mesin kendaraan yang semakin cerdas.

Kelebihan yang ditawarkan IoT untuk bidang transportasi adalah:

  1. Meningkatkan efektivitas dalam mengontrol lalu lintas;
  2. Memudahkan manajemen logistik dan armada;
  3. Mempermudah komunikasi antar- dan intra-kendaraan;
  4. Meningkatkan keselamatan berkendara.

Untuk mendukung kinerja IoT, koneksi internet yang kuat sangat dibutuhkan. Tidak hanya itu, koneksi internet juga harus terjamin keamanannya, terutama untuk industri yang melibatkan data confidential, seperti industri kesehatan dan industri perbankan.

Link Net menyediakan koneksi dedicated internet yang stabil untuk mendukung IoT industri Anda. Jaringan ini akan didedikasikan khusus untuk perusahaan Anda sehingga lebih terjamin keamanannya. Selain itu, kecepatan koneksinya akan tetap sama baik untuk proses unggah maupun unduh karena menerapkan symmetrical bandwidth. Dengan menggunakan dedicated internet dari Link Net, peran IoT dalam usaha Anda dapat dimaksimalkan.

Artikel Terkait
Artikel Lainnya
Lihat Semua Artikel Lainnya  
  Tautan Berhasil di Copy