Pertimbangan Penting untuk Memilih Sistem Telepon Bisnis

Telecommunication
Telecommunication
May 13, 2022
Di Posting Pada 13 May 2022

Perangkat komunikasi telepon adalah salah satu elemen krusial yang mesti dimiliki perusahaan. Pasalnya, sistem komunikasi bisnis yang efisien dapat mempersingkat jalur komunikasi antarkaryawan juga antara perusahaan dan pelanggan. Dengan demikian, wajar bila memilih sistem telepon bisnis pun membutuhkan pertimbangan yang matang.

Jenis-Jenis Sistem Telepon Bisnis

Di era digital seperti sekarang, sistem telepon bisnis bukan hanya terbatas pada telepon kabel atau telepon tradisional saja. Sebab, perusahaan kini dapat memilih satu dari tiga opsi berikut:

  1. Telepon tradisional. Dikenal juga dengan istilah PSTN, telepon tradisional merupakan sistem telepon bisnis yang dioperasikan menggunakan kabel tembaga tradisional milik perusahaan telepon. Sistem telepon satu ini membutuhkan perangkat keras PBX (pertukaran cabang pribadi) untuk menciptakan ekstensi dan menyediakan fitur berupa transfer panggilan dan direktori panggilan.
  2. VoIP. Voice over Internet Protocol (VoIP) adalah sistem telepon bisnis yang dapat mengubah sinyal audio menjadi data digital melalui koneksi internet perusahaan. Sistem telepon satu ini dapat diaplikasikan pada perangkat VoIP khusus, komputer atau laptop, smartphone, dan perangkat seluler lainnya. Konferensi video, panggilan internasional gratis, dilengkapi AI, komunikasi terpadu, dan penjawab otomatis adalah beberapa fitur unggulan VoIP.
  3. Telepon virtual. Telepon virtual menghubungkan pemanggil nomor telepon kantor ke pekerja yang berada di area-area terpencil atau di luar kantor utama. Bisa dibilang, sistem telepon satu ini beroperasi seperti penerus panggilan dengan fitur seperti penjawab otomatis, pesan suara, penyaringan panggilan, nomor bebas pulsa, dan faks online.

Pertimbangan Memilih Sistem Telepon Bisnis

Untuk mendapatkan sistem telepon bisnis yang paling tepat, perusahaan perlu mempertimbangkan beberapa hal ini:

Kebutuhan perusahaan

Kebutuhan akan komunikasi telepon setiap perusahaan, meski dari satu industri yang sama, sangatlah bervariasi. Untuk itu, langkah pertama memilih sistem telepon bisnis perlu dimulai dari mendata apa saja kebutuhan perusahaan. Sebagai contoh, laman Business.com merekomendasikan bisnis B2C (business-to-consumer) yang memiliki frekuensi komunikasi telepon secara teratur untuk menggunakan VoIP. Sebab, sistem telepon ini dapat terintegrasi ke berbagai perangkat lunak yang digunakan oleh karyawan perusahaan.

Jumlah pengguna

Pertimbangan penting lain adalah jumlah pengguna atau pekerja yang membutuhkan komunikasi telepon. Berhubung bekerja dari jarak jauh sudah makin umum, perusahaan dengan format kerja seperti ini bisa memilih sistem telepon virtual yang tidak butuh perangkat telepon fisik di tiap lokasi pekerja berada. Namun bila masih ada pekerja di kantor yang membutuhkan telepon fisik, perusahaan perlu menghitung kembali berapa jumlah pengguna atau karyawan yang akan betul-betul mengoperasikan telepon itu.

Koneksi internet perusahaan

Sistem telepon VoIP dan virtual sama-sama memanfaatkan jaringan internet yang terpasang di kantor. Jika perusahaan Anda sedang mempertimbangkan opsi ini, keandalan koneksi internet perusahaan menjadi faktor paling penting. Sebab jika koneksi internet lemah, panggilan telepon juga berpotensi mengalami gangguan.

Opsi paket atau harga

Poin pertimbangan terakhir ialah opsi paket atau harga sistem telepon kantor. Pasalnya, beberapa penyedia layanan internet kantor ada yang telah menawarkan paket bundel internet dan sistem VoIP atau harga khusus bilamana perusahaan menggunakan dua layanan dari satu penyedia yang sama. Dengan begitu, perusahaan dapat menekan biaya komunikasi telepon kantor.

Demikianlah ulasan mengenai sistem telepon kantor serta beberapa pertimbangan penting saat akan memilihnya. Sebagai perusahaan internet dan telekomunikasi, Link Net tidak hanya memiliki layanan internet untuk kebutuhan kantor semata.

Solusi komunikasi telepon untuk kantor seperti VoIP juga dapat perusahaan Anda dapatkan dari kami. Produk komunikasi ini akan bekerja dengan lebih optimal jika dikoneksikan dengan internet dedicated terbaik dari Link Net. Untuk informasi lengkapnya, silakan hubungi kami.

Artikel Terkait
Artikel Lainnya
Lihat Semua Artikel Lainnya  
  Tautan Berhasil di Copy