Mengenal Wireless Mesh Network dan Fungsinya

Telecommunication
Telecommunication
Jun 20, 2022
Di Posting Pada 20 Jun 2022

Untuk mempermudah proses pertukaran informasi, teknologi jaringan komputer tentunya diperlukan. Namun demikian, jika dulu kita mengenal yang namanya teknologi jaringan komputer berbasis kabel atau wired network, kini tren sudah mulai beralih karena wired network dianggap tak praktis lagi untuk diterapkan. Alasannya karena sistem ini tidak efisien jika harus diterapkan pada gedung terpisah atau bahkan di area terpencil.

Sebagai penggantinya, muncul teknologi jaringan komputer yang disebut sebagai wireless network. Sesuai dengan namanya, wireless network merupakan teknologi jaringan komputer yang tidak memerlukan kabel untuk menyambungkannya. Dengan demikian, sistem ini sangat efisien untuk diterapkan di gedung atau area terpencil karena pengguna dapat bertukar informasi tanpa terpaku dengan jaringan.

Untuk memastikan wireless network dapat bekerja dengan baik, muncul salah satu layanan yang dinamakan wireless mesh network. Wireless mesh network merupakan salah satu cara untuk memperluas jaringan komputer tanpa harus terbatas dengan jarak. Sistem ini juga bisa menjamin kualitas komunikasi serta memberikan kemudahan untuk instalasi jaringan komputer yang memiliki area jangkauan luas.

Yang membedakan wireless mesh network dengan wireless network pada umumnya adalah kemampuannya untuk self healing. Jaringan mesh dirancang dengan menggunakan teknik flooding atau menggunakan teknik routing, di mana jaringan ini akan tetap bisa bekerja meskipun salah satu node rusak atau sambungan terganggu. Jaringan akan melakukan routing kembali dari satu titik ke titik lain sampai ke tujuan secara otomatis ketika terjadi kegagalan koneksi, sehingga tidak akan stuck di satu titik seperti halnya dengan jaringan wireless konvensional. Hal inilah yang kemudian dikenal sebagai self healing, karena ketika pada saat mekanisme routing terganggu atau terblokir, jaringan akan tetap reliable dan tidak menyebabkan terputusnya koneksi.

Ada beberapa keuntungan yang bisa didapat dengan menggunakan wireless mesh network ini di antaranya:

  1. Jaringan menjadi lebih reliable karena sistem routing dan self healing
  2. Instalasi mudah dan cenderung murah
  3. Sangat adaptif dengan perubahan kondisi
  4. Efisien
  5. Dapat dimanfaatkan di wilayah rural atau terpencil

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan wireless mesh network ini memang cocok untuk difungsikan pada area terpencil sehingga bisa dijadikan opsi bagi Anda yang memiliki bisnis yang tersebar di seluruh Indonesia. Dan untuk menunjang operasional bisnis, Link Net melalui layanan Remote Solutions juga memiliki smart utility untuk remote working dengan konektivitas yang andal. Layanan ini akan mempermudah dan mengatasi masalah ICT melalui keunggulan yang kompeten. Sistem dan aplikasi yang ditawarkan juga beragam, yakni Fleet Management (kemudahan tracking via RFID dan GPS), radio mesh (fleksibilitas dalam penggunaan konektivitas nirkabel), serta Man Pack (perangkat dengan ukuran ringkas mendukung mobilitas tinggi). Tersedia pula layanan Managed Service berupa Managed Wi-Fi dan Engineer Support.

Segera hubungi kami untuk informasi lebih lanjut terkait layanan Remote Solutions dari Link Net.

Artikel Terkait
Artikel Lainnya
Lihat Semua Artikel Lainnya  
  Tautan Berhasil di Copy