Efisiensi Aktivitas Bisnis dengan Internet of Things

General Business
General Business
Dec 20, 2023
Di Posting Pada 20 Dec 2023

Manfaat dari penerapan Internet of Things (IoT) dalam kehidupan sehari-hari sudah bisa dirasakan di beberapa tahun belakangan. Selain memungkinkan kerja yang efisien, konsep teknologi ini juga menciptakan kepraktisan pada berbagai sektor kehidupan.

Apa saja manfaat IoT yang bisa dinikmati dalam kehidupan bisnis? Simak informasinya berikut ini.

Mengenal Internet of Things

Internet of Things atau IoT adalah suatu konsep mengenai adanya objek yang dapat mengirim data lewat jaringan tanpa ada interaksi antara manusia dengan manusia ataupun manusia dengan perangkat komputer.

Menurut Forbes, Internet of Things (IoT) tidak hanya berdampak pada cara manusia hidup, tetapi juga terhadap cara manusia bekerja.

Konsep tersebut tentu beralasan. Pasalnya, IoT bisa memfasilitasi setiap orang dalam beraktivitas sehari-hari pada kegiatan bisnis sekalipun. Kemudahan ini bisa dinikmati untuk kegiatan bisnis yang lebih fleksibel.

Manfaat Internet of Things

Berikut adalah berbagai manfaat yang bisa diperoleh dari Internet of Things dalam kehidupan bisnis:

1. Marketing yang bersifat real-time

Manfaat IoT yang pertama berkaitan dengan pemasaran. Data yang dicatat oleh sistem adalah aktivitas selama 24/7, real-time day to day dari aktivitas marketing. Jika nanti ada kesalahan ataupun ketidaksesuaian hasil pemasaran, maka bisa langsung diperbaiki secara langsung.

Teknologi IoT juga bisa membagikan data secara real-time, terutama bila sumber daya marketing tersebar di berbagai wilayah. Informasi mengenai potensi pasar juga bisa diperoleh dengan mudah. Hal ini akan berdampak baik terhadap peningkatan efisiensi biaya marketing.

2. Meningkatkan produktivitas sumber daya

Teknologi Internet of Things dapat membantu efektivitas sumber daya menjadi lebih optimal. Manfaat IoT dalam bisnis ini ada berkat kemampuannya dalam mengidentifikasi, memonitor, melacak, serta kontrol terhadap sesuatu.

IoT akan sangat berjasa bagi pebisnis. Selain mengurangi beban kerja, teknologi ini bisa membantu pengusaha menekan biaya pengeluaran.

3. Mengurangi biaya pengeluaran

Penggunaan teknologi IoT memungkinkan perusahaan mengurangi biaya pengeluaran. Pengeluaran di sini tidak sekadar masalah biaya, namun juga efisiensi waktu.

Internet of Things memungkinkan pengusaha menekan biaya operasional demi peningkatan profit. Dalam hal ini, IoT berfungsi untuk meningkatkan proses kontrol kualitas serta memprediksi adanya kegagalan peralatan pada jalur produksi.

Dengan adanya peran IoT tersebut, maka Anda mampu mengurangi biaya energi dengan memakai solusi yang lebih cerdas.

4. Menurunkan beban kerja

Manfaat IoT berikutnya berkaitan dengan produktivitas kerja. IoT mampu menurunkan durasi waktu yang dibutuhkan untuk bekerja.

IoT berperan dalam memaksimalkan produktivitas suatu usaha atau bisnis. Caranya adalah dengan memperoleh data pengadaan bahan baku hingga berbagai tahapan produksi, mulai dari pembuatan sampai pengiriman.

Dengan adanya Internet of Things, produsen akan mengetahui minat konsumen, asal mula datangnya permintaan, hingga tingkat persaingan.

5. Memperoleh keputusan sesuai data yang ada

Manfaat lain dari teknologi IoT berikutnya adalah pemerolehan data yang lebih informatif sehingga mudah untuk dimengerti. Keunggulan ini hadir berkat kemampuan IoT dalam menganalisis secara komputasi dengan machine learning.

Contohnya, ketika dilakukan survei pada suatu kota mengenai kebiasaan, kebutuhan, dan ekspektasi warga. Untuk menyebar serta menganalisis data, digunakan aplikasi berbasis web.

Nah, cara kerja Internet of Things dalam kasus ini memanfaatkan geo tagging untuk proses identifikasi perangkat dalam suatu wilayah. Kemudian, hasil dari survei tersebut dapat tersaring berdasarkan wilayah. Data yang ditampilkan pun lebih mudah dipahami.

Manfaat IoT ini juga bisa diperoleh pelaku industri. Misalnya ketika akan memperluas pasar, mencari pasar yang potensial, dan memperhitungkan untung-rugi dari aktivitas ekspor dan impor.

6. Meningkatkan kualitas data

Teknologi ini memungkinkan perekaman data 24/7 sehingga data yang dihasilkan lebih padat dengan sampel lebih luas. Sistem komputasi IoT memungkinkan proses pengolahan data menjadi lebih efisien dengan standar eror minimal.

Jadi, akurasi dan pengolahan data akan meningkat. Begitu juga dengan kualitas data yang dihasilkan.

7. Menambah pengalaman bagi pengguna

Teknologi Internet of Things merupakan hasil dari pengembangan User Experience atau UX. Kegunaannya untuk menambah efisiensi suatu produk digital yang digunakan.

Sistem integrasi setiap perangkat dengan teknologi IoT menjamin kemudahan untuk saling bertukar informasi secara seamless. Contohnya, smartphone atau gawai yang terhubung dengan smartwatch. Keduanya akan saling berbagi informasi mengenai aktivitas pengguna.

Itulah beberapa manfaat penerapan IoT yang bisa dinikmati dalam kehidupan bisnis. Dapatkan solusi IoT sesuai kebutuhan bisnis Anda dan wujudkan #TransformasiPasti dengan berbagai produk dan layanan yang unggul dari Link Net.

Artikel Terkait
Artikel Lainnya
Lihat Semua Artikel Lainnya  
  Tautan Berhasil di Copy