Bagaimana Cara Layanan Colocation Data Center Membantu Bisnis Anda?

General Business
General Business
Jun 08, 2022
Di Posting Pada 08 Jun 2022

Colocation, atau biasa disingkat colo, adalah salah satu layanan data center yang menawarkan penyewaan ruang untuk server dan perangkat komputasi lain milik sebuah organisasi bisnis atau perusahaan. Layanan ini lazimnya mencakup gedung, pendingin server, daya listrik, bandwidth, petugas keamanan, serta tenaga ahli dan dikontrakkan per rak, lemari, bilik, ataupun ruangan.

Keuntungan utama colocation data center

Menurut laman TechTarget, larisnya fasilitas ini didorong oleh capex atau pengeluaran modal yang perlu dipersiapkan organisasi bisnis untuk membangun, memelihara, dan memperbarui fasilitas komputasi organisasi yang tentunya tidak kecil. Jadi, alih-alih membangun pusat data sendiri, organisasi bisnis lebih suka memanfaatkan layanan colocation data center untuk menampung server dan perangkat komputasi lain mereka.

Lantas, bagaimanakah layanan colocation data center bisa membantu bisnis Anda?

Menekan biaya operasional

Seperti yang telah disinggung di atas, capex atau pengeluaran modal adalah alasan utama organisasi bisnis menggunakan layanan colo. Sebab, colocation data center akan membebaskan organisasi bisnis Anda dari pengeluaran membeli tanah, merencanakan pembangunan dan konstruksi, memasang konektivitas serat optik, mengintegrasikan keamanan fisik dan sistem operasi kritis, sampai menyiapkan biaya pemeliharaan dan staf yang berkelanjutan untuk data center.

Lebih dari itu, memanfaatkan colo juga bisa membuat bisnis Anda mengontrol ongkos data center secara bulanan. Dalam jangka panjangnya, menggunakan colocation data center juga bisa mewujudkan skala ekonomi dan memperoleh peluang untuk bernegosiasi kesepakatan kerja sama di masa depan.

Menawarkan konektivitas yang mulus dan beragam

Melansir laman Data Center Frontier, layanan colo pada umumnya memiliki infrastruktur yang berulang (banyak dan rapat). Hal ini membuat colocation data center dapat memberikan waktu aktif atau skala downtime yang sangat minimum. Kesatuan prasarana ini mencakup beberapa suplai daya bebas gangguan (UPS), unit pendingin, generator, jaringan listrik, dan pasokan listrik.

Selain itu, layanan colo juga biasanya tersedia dengan beragam pilihan konektivitas yang tidak dimiliki oleh data center lokal. Interkoneksi lanjutan, akses ke berbagai operator, ataupun akses ke hyperscale cloud dapat konsumen pilih untuk mendukung kebutuhan perusahaan. Andai kata ada satu jalur konektivitas yang gagal atau terputus, jalur yang lain akan mengambil alih dan menutup kemungkinan jaringan terputus.

Memiliki tenaga ahli setiap hari, sepanjang tahun

Jika membangun data center membutuhkan biaya yang sangat besar, mengoperasikannya secara mandiri juga akan memakan waktu dan membutuhkan tenaga ahli profesional. Apalagi, tenaga ahli bidang TI ini tidaklah mudah ditemukan dan tidak berbiaya murah. Masalah ini tidak akan menjadi soal bila bisnis Anda memanfaatkan layanan colocation data center.

Pasalnya, layanan ini menyediakan tim ahli dan profesional yang terampil untuk menjaga dan mengontrol server dan perangkat komputasi bisnis Anda. Setiap hari sepanjang tahun, tim ini akan mengatasi masalah dan memastikan kinerja server dan perangkat komputasi bisnis Anda untuk bekerja dengan optimal. Yang terpenting, biaya tenaga ahli ini sudah termasuk dalam ongkos sewa colo.

Mengantongi inovasi yang berkelanjutan

Manfaat lain layanan colo untuk bisnis Anda adalah inovasi yang berkelanjutan dari teknologi-teknologi baru yang mungkin tidak bisa diimpelementasikan pada data center lokal. Ilmu-ilmu baru ini kelak dapat membantu bisnis Anda untuk merampingkan atau menyederhanakan proses dan operasional perusahaan, memperkuat kinerja perusahan secara keseluruhan, meningkatkan efisiensi biaya dan manajemen waktu, sampai mendorong nilai operasional perusahaan secara keseluruhan.

Demikianlah ulasan mengenai cara layanan colocation data center dapat membantu bisnis Anda. Selain beberapa poin di atas, layanan ini juga menawarkan skalabilitas serta keamanan data center yang tinggi.

Link Net menyediakan layanan colocation untuk menampung dan mengawasi server bisnis Anda di lokasi terbaik dan aman. Terintegrasi Tier 3, triple power supply, serta daya listrik stabil dan aman, layanan colo kami dapat menjadi pilihan tepat untuk kebutuhan IT bisnis Anda. Segera hubungi kami untuk mendapatkan informasi lengkapnya.

Artikel Terkait
Artikel Lainnya
Lihat Semua Artikel Lainnya  
  Tautan Berhasil di Copy