4 Tipe Layanan Cloud Computing Berdasarkan Jaringannya

Telecommunication
Telecommunication
Mar 16, 2022
Di Posting Pada 16 Mar 2022

Cloud Computing (komputasi awan) merupakan gabungan antara teknologi komputer (komputasi) dan pengembangan berbasis internet (awan). Cloud Computing umumnya memanfaatkan jaringan internet sebagai pusat server (Wikipedia.org).

Teknologi ini memungkinkan pengguna mengoperasikan program tanpa menginstalasinya. Bahkan, pengguna juga bisa mengakses data melalui komputer dengan memanfaatkan jaringan internet.

Nah, terdapat beberapa tipe layanan Cloud Computing yang umum digunakan berdasarkan jaringannya, yakni:

Hybrid Cloud

Hybrid Cloud merupakan layanan Cloud Computing yang menggabungkan antara private cloud dan public cloud. Kedua layanan ini memiliki beberapa tipe kombinasi, namun dalam praktiknya private cloud sendiri biasanya menjadi infrastruktur utama yang kerap dimanfaatkan untuk menunjang kebutuhan bisnis yang bersifat rahasia. Sementara, public cloud sering dimanfaatkan untuk infrastruktur cadangan dan hanya dipakai saat dibutuhkan saja.

Beberapa keunggulan yang ditawarkannya yaitu:

  1. Aman
  2. Murah
  3. Fleksibilitas
  4. Kontrol
  5. Skalabilitas

 

Public Cloud

Public Cloud merupakan layanan yang memiliki jaringan infrastruktur yang tersebar di seluruh penjuru dunia sehingga bisa dimanfaatkan oleh siapa saja. Layanan ini bisa digunakan sepuasnya secara gratis, namun ada juga yang menawarkan paket kapasitas data sehingga pengguna harus membayar sejumlah uang untuk bisa menikmatinya.

Beberapa contoh layanannya, seperti Gmail, Instagram, Youtube, dan WhatsApp.

Private Cloud

Private Cloud merupakan layanan Cloud Computing yang biasanya digunakan oleh satu perusahaan atau organisasi saja secara private. Layanan ini bisa dimanfaatkan untuk interaksi bisnis, yang mana sumber daya cloud-nya dioperasikan dan diatur oleh perusahaan dan organisasi yang sama.

Kelebihan yang dimilikinya, yaitu:

  1. Aman
  2. Kemampuan kustomisasi
  3. Integritas hybrid

 

Community Cloud

Community Cloud merupakan layanan yang digunakan untuk kepentingan komunitas, organisasi, dan institusi. Layanan ini umumnya dikelola oleh internal maupun pihak ketiga untuk keperluan eksternal maupun internal.

Keunggulannya adalah sebagai berikut:

  1. Hemat biaya
  2. Aman
  3. Terbuka
  4. Fleksibilitas

Itu dia beberapa tipe layanan Cloud Computing yang bisa dimanfaatkan untuk menyimpan berbagai data di perusahaan.

Gimana, tertarik menggunakannya di perusahaan Anda? Jika ya, gunakan saja layanan Cloud Computing dari Link Net. Layanan yang dirancang secara khusus memberikan akses yang mudah dan scalable ke aplikasi, resources and services, serta dikelola sepenuhnya oleh penyedia layanan cloud.

Dengan menggunakan layanan Cloud Computing dari Link Net dapat membantu bisnis Anda menjadi fleksibel dan dapat terukur secara virtual dan bebas hambatan.

Artikel Terkait
Artikel Lainnya
Lihat Semua Artikel Lainnya  
  Tautan Berhasil di Copy