Solusi ICT Untuk Dongkrak-Balik Industri Hospitality

Hospitality
Hospitality
Oct 04, 2021
Di Posting Pada 04 Oct 2021

Pandemi membuat industri hospitality terganggu, bahkan sempat mengalami kehancuran. Belum lagi ditambah perkembangan teknologi yang begitu cepat, membuat industri akomodasi jaman sekarang harus semakin cepat beradaptasi karena tuntutan pelanggan yang kini menjadi urgensi 24/7 demi memberi pelayanan berkesan di hati pelanggan.

Melalui transformasi digital, pemanfaatan Information and Communication Technology (ICT) atau sistem teknologi informasi dan komunikasi berfungsi sebagai sebagai salah satu strategi bisnis yang lebih efisien dan produktif.

Sebelum pandemi terjadi, ICT di industri hospitality bukanlah hal yang baru. Namun dalam pelaksanaannya, hal ini menemukan tantangannya sendiri. Khususnya bidang IT yang semakin kompleks kian hari.

Dalam upaya transformasi digital, bisnis hospitality harus memperhatikan jaringan atau sistem informasi yang dimiliki oleh bisnis. Dalam artikel berikut ini akan dibahas beragam sistem informasi pendukung kemajuan bisnis.

Kategori Sistem Informasi

Sistem informasi sendiri merupakan kombinasi antara user atau pengguna, hardware, software, jaringan komputer serta jaringan komunikasi data, dan juga database yang mengumpulkan, mengubah, sekaligus menyebarkan informasi mengenai bisnis. Beberapa kategori sistem informasi yang membantu aktivitas bisnis hospitality:

Sistem Informasi Manajemen

Sesuai dengan namanya sistem berfungsi untuk mengatur kegiatan manajerial. Seperti monitoring kinerja karyawan, memberikan penilaian karyawan, menerima laporan dari karyawan, melaksanakan fungsi pengawasan terhadap karyawan, dan masih banyak lagi. Sistem informasi manajemen bertugas mendata seluruh aktivitas atas operasional yang terjadi dalam perusahaan tersebut.


Sistem Informasi Akuntansi

Sistem Informasi Akuntansi memiliki fungsi untuk melihat kondisi keuangan suatu organisasi. Dengan adanya sistem informasi akuntansi ini akan membantu seorang akuntan untuk melakukan audit, membantu perhitungan pajak dan masih banyak lagi yang berhubungan dengan cash flow perusahaan.

Sistem Informasi Operasional

Bidang operasional cukup berpengaruh pada sektor hospitality. Dengan mengadopsi sistem informasi manajemen ini ada beberapa manfaat yang akan diperoleh seperti, pencatatan operasional, mencatat output yang cacat quality control, mencatat pemesanan barang dan memberikan data realtime kegiatan produksi yang berlangsung

Sistem Informasi Sumber Daya Manusia

Sistem informasi ini sering digunakan pada bagian HRD dan personalia dalam perusahaan untuk menyimpan data diri karyawan, gaji pokok, tunjangan, bonus, masa kerja, jabatan dan lain sebagainnya. Dengan adanya sistem informasi ini kerjaan dari bagian SDM bisa lebih mudah

Sistem Informasi Pemasaran

Sistem informasi akan membantu marketing untuk mencatat, memberikan segala informasi mengenai penjualan bahkan mengetahui respon pengunjung terhadap jasa yang telah diberikan.

Penuhi dengan Solusi Pendukung

Sistem informasi ini dapat terintegrasi satu dengan yang lain sehingga menjadi lebih dominan dan cepat. Namun lagi-lagi dalam pelaksanaannya para IT membutuhkan pemantauan dan perawatan berkala agar seluruh sistem ini berjalan dengan semestinya. Untuk mendukung pemeliharaan dan pemantauan ICT di bidang hospitality, diperlukan solusi pendukung seperti:


Solusi Managed Service

Melihat kompleksnya sistem informasi ditambah infrastruktur ICT lainnya, bisnis hospitality membutuhkan managed service untuk membantu para engineer memantau infrastruktur IT perusahaan.

Solusi ini juga membantu perusahaan menyelesaikan masalah SDM IT yang minim, karena managed service memberikan akses layanan IT secara menyeluruh dan mengurangi kompleksitas pelatihan tim.


Sebagai provider konektivitas dan solusi ICT terpercaya, Managed Service Link Net memberikan efisiensi pemeliharaan infrastruktur IT melalui tenaga profesional dan terlatih. Didukung dengan corporate customer service & Network Operation Center (NOC) 24x7 dan Perlindungan Serangan DDOS Volumetrik managed service membantu pemeliharaan serta perlindungan ganda bagi infrastruktur dan sistem informasi perusahaan.

Dedicated Internet

Sistem yang canggih tentu membutuhkan jaringan yang kuat untuk sinkronisasi data yang real time. Dedicated Internet mewujudkan kelancaran akses data 24/7 karena hanya Dedicated Internet yang berani menjamin bahwa perusahaan selalu menerima bandwidth sesuai paket yang dibayarkan.

Didukung garansi rasio 1:1 Dedicated Internet Link Net memberikan konektivitas Internet berkecepatan tinggi hingga 10 Gbps yang dapat digunakan pada jaringan MPLS.

Dengan infrastruktur IT yang didukung konektivitas serta teknologi handal, transformasi digital bisnis hospitality akan semakin terwujud demi meraih profit yang kembali memuncak tinggi. Untuk melihat solusi sektor hospitality lainnya dapat kunjungi laman berikut ini.

Artikel Terkait
Artikel Lainnya
Lihat Semua Artikel Lainnya  
  Tautan Berhasil di Copy