Peran WiFi di Hotel: Bukan Sekadar Ulasan Positif Pengunjung

Hospitality
Hospitality
Mar 31, 2022
Di Posting Pada 31 Mar 2022

Di era digital seperti sekarang, WiFi di hotel merupakan salah satu poin properti yang paling banyak disorot atau diulas para tamu. Pasalnya, terhubung tanpa batas, baik itu ruang dan waktu, adalah sebuah kebutuhan di masa kini. Tak ayal, hotel-hotel—terutama yang berbintang—akan berupaya untuk menyediakan WiFi yang terbaik demi mendapatkan ulasan positif pengunjung.

Kendati begitu, banyak pelaku industri perhotelan yang belum menyadari peran WiFi secara utuh. Padahal selain ulasan positif pengunjung, WiFi di hotel juga dapat membantu operasional hotel secara keseluruhan. Beberapa di antaranya adalah:

Meningkatkan efisiensi housekeeping department

Housekeeping department atau departemen tata gerha adalah bagian yang bertanggung jawab atas kebersihan, pemeliharaan, pemeliharaan estetika kamar, hingga area publik dan sekitar properti. Menurut laman Setupmyhotel.com, kewajiban utama departemen ini ialah mempersiapkan dan membersihkan kamar tepat waktu. Tentunya, kecepatan menjadi salah satu parameter kerja bagian ini.

Dengan bantuan WiFi di hotel, poin kecepatan kerja housekeeper (pegawai departemen tata gerha) dapat terpenuhi sepenuhnya. Sebab, staf tata gerha dapat langsung dinotifikasi resepsionis ketika tamu meninggalkan kamar kemudian membersihkan kamar itu dengan segera. Pun ketika selesai merapikan kamar, housekeeper dapat langsung menotifikasi resepsionis dari perangkat elektronik terkoneksi WiFi yang ia pegang.

Mengembangkan layanan pramutamu

Concierge atau pramutamu ialah staf resepsionis hotel yang punya tugas utama mengantarkan tamu ke kamar. Normalnya, ritme kerja seorang pramutamu baru akan dimulai setelah tamu datang dan melakukan check-in di meja resepsionis. Siklus ini tentu membutuhkan waktu, yang meski tergolong sebentar, akan membuat tamu menunggu.

Hal itu tentu akan berbeda apabila properti memiliki fitur layanan pramutamu daring dan WiFi di hotel. Sebab bila tamu bisa menghubungi concierge sebelum ia tiba di hotel, ia hanya perlu melakukan check-in di meja resepsionis, sementara barang-barangnya sudah dibawakan oleh pramutamu ke kamar. Proses ini tentunya akan lebih singkat dibanding prosedur konvensional.

Lebih lanjut, WiFi yang dimiliki properti juga bisa memudahkan pramutamu untuk mengirim undangan, promo, kupon, dan penawaran menarik lain hotel kepada tamu lewat jalur daring atau online. Dengan demikian, WiFi di hotel bisa menciptakan layanan baru nan berkualitas pramutamu untuk para tamu hotel.

Menganalisis perilaku tamu

Peran lain WiFi di hotel yang luput dari para pelaku bisnis perhotelan adalah data untuk menganalisis perilaku tamu. Mengutip laman Datumize, keunggulan ini dapat pemilik properti peroleh cukup dengan memanfaatkan infrastruktur koneksi internet nirkabel yang dimiliki hotel. Contoh data yang digunakan berkaitan dengan penggunaan fasilitas hotel oleh tamu, seperti kapan dan berapa lama fasilitas tersebut dipakai.

Meski tujuan utama untuk meningkatkan kepuasan tamu, analisis tersebut dapat juga membantu properti untuk mengidentifikasi masalah-masalah operasional, meningkatkan alokasi tim dan sumber daya manusia, dan tentunya meningkatkan layanan hotel.

Demikianlah ulasan mengenai peran WiFi di hotel selain ulasan positif pengunjung. Di luar itu dan ketiga hal di atas, koneksi internet di hotel tentu saja memiliki kegunaan utama sebagai penunjang pengalaman tamu bermalam di hotel. Oleh sebab itu, sudah sepatutnya properti hotel menyediakan WiFi kualitas terbaik dengan managed services Link Net.

Bersama layanan WiFi terkelola dari kami, Anda dapat fokus untuk menjalankan dan mengembangkan bisnis perhotelan Anda tanpa mengkhawatirkan soal infrastruktur teknologi informasi.

Artikel Terkait
Artikel Lainnya
Lihat Semua Artikel Lainnya  
  Tautan Berhasil di Copy