Smart Campus dengan IoT: Menghadapi Era Kampus Pintar

Education
Education
Jun 09, 2023
Di Posting Pada 09 Jun 2023

Pada era serba digital sekarang ini, hampir seluruh sektor kehidupan manusia dimodernisasi dengan teknologi berbasis IoT (Internet of Things) dan tak terkecuali di sektor pendidikan. Sejak beberapa tahun belakangan ini, ditambah sejak adanya kasus Covid-19, penerapan smart campus semakin digencarkan untuk mewujudkan lingkungan pendidikan modern. 

Sesuai dengan namanya, smart campus diupayakan oleh para praktisi kampus dengan mengedepankan antara kepintaran manusia dan teknologi yang ditujukan untuk meningkatkan kualitas dan efisiensi aktivitas seluruh masyarakat kampus.

Maka dari itu, penting untuk mengetahui seberapa pentingnya peran IoT dalam smart campus untuk menghadapi era kampus pintar dewasa ini. Simak informasi lebih lengkapnya berikut ini!

Pentingnya IoT dalam Mewujudkan Smart Campus

Mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan istilah IoT di mana merupakan jaringan yang mengintegrasikan setiap perangkat menggunakan jaringan internet. Adanya integrasi ini memungkinkan setiap perangkat kampus bisa saling terkoneksi satu sama lain. 

Dengan menggunakan sistem IoT dalam bidang pendidikan, para praktisi kampus bisa memantau dan mengontrol aktivitas kampus dengan lebih maksimal. Misalnya, sistem keamanan kampus bisa ditingkatkan dengan menggunakan kamera CCTV yang terhubung dengan aplikasi. Aplikasi ini bisa digunakan di mana saja tanpa batas untuk memantau atau mendeteksi aktivitas mencurigakan di lingkungan kampus. 

Selain itu, masih banyak lagi bentuk implementasi IoT dalam mewujudkan smart campus yang dapat bantu maksimalkan layanan pendidikan oleh para praktisi kampus. Keseluruhan jaringan yang terhubung dengan IoT ini berperan besar dalam aktivitas pendidikan di dalamnya. 

Fitur dan Komponen Utama Smart Campus

Smart campus

Untuk mewujudkan konsep smart campus yang efisien, ada beberapa fitur dan komponen utama yang membentuk kesatuan sistem terpadu dalam konsep ini, yaitu: 

1. Jaringan dan konektivitas

Apa jadinya jika lingkungan pendidikan tidak memiliki jaringan dan konektivitas yang memadai? Ya, risiko tertinggal informasi dan pengetahuan dari dunia luar tentu lebih tinggi. Untuk itu, salah satu fitur dan komponen utama dalam smart campus adalah adanya jaringan dan konektivitas.

Kampus modern saat ini sudah banyak difasilitasi dengan koneksi internet yang stabil dan kuat. Bahkan, ada beberapa kampus yang sudah menggunakan koneksi 5G agar masyarakat kampus di dalamnya lebih nyaman dalam mengakses informasi. 

Koneksi internet ini terhubung dengan jaringan terpadu di dalamnya seperti kelas online, perpustakaan digital, presensi online, dan masih banyak lagi. Dengan adanya kedua hal tersebut, praktisi kampus akan lebih mudah dalam melakukan pengawasan dan pengajaran. 

2. Learning management system

Fitur dan komponen berikutnya adalah berkaitan dengan sistem pembelajaran. Tujuan utama dari penerapan smart campus adalah adanya peningkatan kualitas dan efisiensi dalam metode pembelajaran modern.

Untuk itu, learning management system diperlukan untuk memfasilitasi mahasiswa dengan sejumlah data-data pendidikan, seperti buku, jurnal, forum diskusi, dan lain sebagainya. Fitur ini akan sangat membantu praktisi kampus dalam membangun suasana belajar yang menyenangkan dan terpadu seperti blended learning

Dampak Smart Campus dengan IoT Terhadap Pembelajaran Dan Penelitian

Diterapkannya konsep smart campus ini tentu bukan tanpa tujuan. Ada pengaruh yang ingin dirasakan terhadap pembelajaran dan penelitian dengan berbasis IoT, yaitu: 

1. Meningkatkan kualitas dan efisiensi pembelajaran

Salah satu upaya praktisi kampus untuk membangun suasana belajar menyenangkan adalah dengan menggabungkan antara pengajaran langsung dan teknologi digital. Misalnya, praktisi kampus memfasilitasi ruang belajar dengan proyektor, speaker, CCTV, atau yang lainnya.

Fasilitas tersebut ditujukan untuk memberikan pembelajaran yang berkualitas dan efisien berbasis IoT. Para pengajar bisa dengan mudah menampilkan materi melalui proyektor di layar. Selain itu, bagian administratif atau yang lainnya juga bisa memanfaatkan speaker untuk memberikan informasi penting atau bisa juga digunakan untuk keperluan belajar-mengajar. Sangat efisien, bukan? 

2. Aksesibilitas dan integrasi data

Dengan penerapan smart campus berbasis IoT, praktisi kampus bisa mengintegrasikan data seluruh masyarakat kampus dalam satu database terpusat. Data-data tersebut dapat berupa identitas pelajar dan karyawan, inventaris kampus, buku-buku pembelajaran, dan lain sebagainya. 

IoT memungkinkan seluruh masyarakat kampus bisa mengakses data yang sama dengan media penyimpanan terpadu ini. Jadi, praktisi kampus juga bisa mengontrol dan mengawasi akses keluar-masuk server untuk memastikan tidak ada pihak asing yang mencoba menerobos masuk. 

3. Optimalisasi penggunaan SDM kampus

Dibentuknya smart campus ini tentu bertujuan untuk menciptakan SDM yang berkualitas dan berintegritas. Para praktisi kampus bisa mengoptimalkan teknologi digital yang ada untuk memfasilitasi para pembelajar agar proses belajar-mengajar lebih efisien.

Dengan begitu, output yang dihasilkan pun bisa mencetak lulusan yang berkualitas dan pastinya membawa nama baik kampus. 

Implementasi IoT dalam Smart Campus di Indonesia

Di Indonesia sendiri, hampir setiap kampus yang terdaftar secara resmi berupaya untuk menciptakan lingkungan smart campus. Untuk itu, berikut adalah beberapa bentuk implementasi IoT sebagai bentuk perwujudan konsep tersebut: 

1. Layanan pendidikan digital

Salah satu bentuk implementasi IoT dalam smart campus yang paling umum bisa dilihat adalah adanya layanan pendidikan digital. Layanan ini berupa penyediaan jurnal gratis untuk masyarakat umum, perpustakaan digital, sistem pendaftaran online, bimbingan konseling online, administrasi online, dan masih banyak lagi. 

Dengan adanya layanan ini, para praktisi kampus akan dimudahkan dalam proses pendataan, pengawasan, hingga penentuan kebijakan untuk keberlangsungan aktivitas belajar-mengajar. 

2. Pengelolaan lingkungan kampus

Mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan alat-alat seperti pemantau kualitas udara, sensor lampu, dan lain sebagainya yang biasa digunakan di rumah. Ternyata, teknologi tersebut juga sangat bermanfaat untuk pengelolaan lingkungan kampus.

Salah satu upaya perwujudan smart campus adalah terciptanya lingkungan yang bersih, nyaman, aman, dan hemat energi. Penghematan energi ini difasilitasi dengan lampu yang akan mati secara otomatis ketika tidak ada orang lewat di bawahnya, AC yang sudah diatur waktunya agar mati sesuai waktu yang ditentukan, dan sebagainya.

Tentu teknologi tersebut sangat mendukung pengupayaan penghematan energi sekaligus mengurangi biaya operasional dalam kampus. Hal ini akan sangat membantu praktisi kampus dalam mengelola keuangan agar bisa digunakan untuk keperluan lain yang lebih penting. 

Konsep smart campus dengan IoT ini bisa jadi solusi tepat untuk menghadapi era kampus pintar di mana segala aktivitasnya terintegrasi dengan teknologi digital. Optimalkan layanan kampus berbasis IoT dengan menggunakan layanan seperti dari Link Net. Ciptakan lingkungan kampus yang modern untuk tingkatkan kualitas dan efisiensi aktivitas dalam kampus.

Penulis: Lusita Amelia.

Artikel Terkait
Artikel Lainnya
Lihat Semua Artikel Lainnya  
  Tautan Berhasil di Copy