Alasan Pentingnya Penggunaan Internet di Instansi Pemerintahan

Government and Public Services
Government and Public Services
Apr 25, 2022
Di Posting Pada 25 Apr 2022

Dalam memberikan layanan terbaik kepada masyarakat, transparansi dan kecepatan merupakan dua hal wajib yang harus dimiliki oleh instansi pemerintahan. Itulah sebabnya penggunaan internet sangat dibutuhkan di instansi pemerintahan karena dijadikan sebagai sarana untuk membantu memberikan layanan yang cepat dan mudah kepada masyarakat yang ingin mengurus dokumen-dokumen penting.

Internet juga menjadi sarana bagi masyarakat untuk mengawasi jalannya layanan publik dan mengetahui bagaimana layanan yang diberikan. Tak heran, jika kini semua instansi pemerintahan, baik yang berada di kota-kota besar maupun pedesaan, memanfaatkan internet untuk memudahkan pelayanan kepada masyarakat.

Tak hanya memberi kemudahan, ada beberapa alasan mengapa penggunaan internet ini penting pada instansi pemerintahan, di antaranya:

Media informasi

Penggunaan internet untuk instansi pemerintahan bisa dimanfaatkan sebagai media penyampaian informasi kepada masyarakat. Di mana, informasi tersebut nantinya dipublikasikan melalui website resmi pemerintah sehingga masyarakat pun bisa mengetahui semua info penting dari pemerintah. Selain media informasi, masyarakat juga bisa melihat data maupun struktur resmi dari pemerintahan yang dicantumkan di dalam website.

Media aspirasi

Dengan adanya internet, masyarakat bisa menyampaikan aspirasinya melalui website resmi pemerintahan. Tentu saja, penyampaian aspirasi seperti ini sama-sama menguntungkan kedua belah pihak, baik pemerintah maupun masyarakat. Di mana, masyarakat hanya perlu menyampaikan aspirasinya di website resmi pemerintah jika berencana menyampaikan keluhan maupun pertanyaan. Dan pemerintah pun tidak perlu lagi terjun ke lapangan untuk menjawab keluhan, pertanyaan, dan lain sebagainya.

Media promosi

Berkat internet, pemerintah pun semakin mudah dalam mempromosikan suatu daerah. Segala potensi yang dimiliki oleh daerah, entah itu desa, kecamatan, kabupaten, kota, maupun provinsi dapat dipromosikan langsung di website resmi pemerintahan. Promosinya sendiri bisa mencakup bidang pertambangan, kelautan, kehutanan, pertanian, bisnis, budaya, wisata, kuliner, dan lainnya.

Media kampanye

Pemanfaatan internet juga bisa dijadikan sebagai media kampanye bagi pemerintahan. Yang mana, kampanyenya sendiri bisa dalam bentuk program baru yang dicanangkan oleh pemerintah seperti program KB (Keluarga Berencana), program meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat, program pola hidup sehat, program peningkatan kesadaran hukum, dan lain sebagainya.

Selain keempat alasan di atas, penggunaan internet juga dapat membantu memudahkan koordinasi kegiatan yang dilakukan di instansi pemerintahan.

Itulah alasan mengapa penggunaan internet sangat penting pada instansi pemerintahan. Tentu saja, instansi pemerintahan sangat membutuhkan teknologi internet dan solusi ICT yang aman dan confidential sebagai infrastruktur dasar yang kuat untuk integritas pertahanan pemerintahan dan pelayanan maksimal terhadap masyarakat.

Untuk itu, Link Net hadir dengan layanannya Government and Public Services yang akan membantu memudahkan pemerintah dalam memberikan layanan terbaik kepada masyarakat. Yuk, gunakan di instansi Anda!

Artikel Terkait
Artikel Lainnya
Lihat Semua Artikel Lainnya  
  Tautan Berhasil di Copy